Bagaimana Meningkatkan Penjualan tanpa Biaya Marketing tambahan

Hai teman-teman pebisnis online maupun bisnis online, kali ini kita akan belajar menyangkut tentang marketing. Sesuai dengan nama website saya www.marketingjoss.com maka kali ini saya akan mulai membahas tentang marketing, dan semoga kedepanya akan semakin banyak pelajaran-pelajaran marketing yang saya tuliskan di website saya ini. Tujuanya hanya satu, agar semua orang yang mampir ke website saya ini bisa banyak belajar tentang seputar dunia marketing, terutama di Indonesia. Alasanya masyarakat Indonesia Unik dan agak sedikit berbeda dengan di Luar negeri hehehhehe….

“Marketing adalah ujung tombak dari sebuah usaha”, ini pasti sudah sering kita dengar. Itu memang benar, analoginya seperti ini, misal anda punya Emas Murni seberat 1 Kg, kemudian emas tersebut anda simpan dan anda tidak pernah memberitahukanya kepada orang lain sekalipun anda ingin menjualnya (saya ambil contohnya emas supaya anda melotot membaca artikel saya). Apakah orang akan mengetahui dan akan membeli barang (emas) anda tersebut? anda pasti bisa langsung menjawabnya “TIDAK” yap…jawaban anda benar. Tidak mungkin orang membeli barang atau produk anda, sekalipun produk anda itu bagus dan murah jika anda tidak menceritakanya. Oleh karena itu perlu yang namanya marketing (memasarkan)

Banyak orang menganggap sepele dengan yang namanya marketing, padahal sudah banyak yang membuktikan, jika usaha tidak dipasarkan maka sulit untuk berkembang pesat dan maju lebih cepat. Lalu bagaimana dengan bisnis Online?? jawabanya sama saja. Bisnis online juga harus dipasarkan atau dimarketingkan.

Persoalanya biaya marketing itu biasanya mahal. Betul Tidak??? Itulah sebabnya tidak banyak orang yang mau memasarkan produknya dikarenakan keuntungan mereka akan tergerus oleh biaya marketing.

Lalu Bagaimana Meningkatkan Penjualan tanpa Biaya Marketing tambahan tapi penjualan kita tetap bisa meningkat?? saya akan bahas secara khusus untuk para pebisnis online…

Baca Juga : Cara Berbisnis Online

1. Gunakan Media Gratis

Untuk media gratis disini, anda bisa menggunakan Google+, Website pribadi, Optimasi Website anda, Facebook, Twitter, Path, Instagram, WA, BBM dan masih banyak lagi. Gunakan saja yang GRATIS.

2. Sharing Link Website Anda ke banyak orang

Di jaman modern yang serba Online ini, saya bisa mengatakan Anda HARUS memiliki Website agar anda dapat mengurangi biaya marketing anda. Misal…ketika anda sedang seminar kemudian setelah seminar anda tukar kartu nama anda dengan peserta yang lain, kemudian di kartu nama tersebut ada link website anda, maka mereka yang melihat kartu nama anda akan lebih mudah menghubungi anda dari website anda. Selain itu website anda akan banyak trafik dan produk anda langsung terlihat secara jelas. Berbeda ketika anda harus menjelaskanya satu persatu.

3. Email Marketing

Buatlah Email marketing untuk teman-teman anda yang memiliki email. Pastikan bahwa email adna tersebut tidak masuk kedalam folder SPAM mereka. Anda bisa menawarkan produk anda di dalam email tersebut. Belajarlah bagaimana membuat email marketing. Usahakan email anda tidak putus, artinya buatlah email yang kontinyu degan promosi-promosi yang menarik tentunya.

4. Buat Fan Page Facebook Atau Google Plus

Sama halnya Facebook dan Google+, buatlah Fanpage anda secara khusus untuk bisnis anda. Jangan menggunakan akun pribadi karena akan terlihat kurang profesional. Survey membuktikan bahwa Fanpage masih digemari para pelaku bisnis untuk menjaring pelangganya membeli barang mereka kembali. Dengan adanya Fanpage, maka anda bisa berinteraksi dengan para buyer anda.

5. Berinteraksi dan tidak langsung menjual

Kelanjutan poin nomor 4 tersebut, setelah anda membuat fanePage, maka berinteraksilah dengan para pelanggan anda. Usahakan anda tidak hanya menjual dan tidak langsung menjual. Anda bisa melihat dan mencontoh salah satu Brand terkenal ACER. Mereka membuat sebuah Page di facebook dengan nama Acer Indonesia tujuan utamanya bukan untuk menjual produk mereka. MEreka membuat page untuk berinteraksi dengan pengguna atau bahkan pengunjung facebook mereka. Dan hasilnya adalah sangat luar biasa, anda bisa lihat bahwa Likers mereka, sampai berita artikel ini saya tulis sudah mencapai 1,628,941 likes. Luar biasa bukan?? Anda bisa bayangkan kalau dari total orang tersebut 1 persenya membeli barang produk ACER, maka luar biasa jumlahnya bukan?? Jadi…lakukanlah interaksi dengan customer anda. INGAT…Jangan langsung menjual

Baca Juga : Strategi Marketing Online dari Facebook

6. Buatlah Headline yang Mudah Diingat dari Produk Anda

Buatlah headline yang mudah diingat oleh pembaca website anda atau pelanggan anda, sehingga ketika mereka ingin membeli sesuatu yang sesuai dengan produk anda, mereka bukan mengingat yang lain, tapi mengingat produk anda. Misal, anda menjual Sepatu, maka buatlah Headline yang menarik tentang sepatu dan berikan Servis terbaik untuk konsumen anda (misal “Sepatu Kuat, Tahan lama Tidak Selalu MAHAL), sehingga ketika mereka ingin membeli sepatu lagi suatu saat, mereka mengingat produk anda.

7. Word of Mouth

Jadikan produk anda Word Of Mouth. Maksudnya adalah pasarkanlah produk terbaik anda, servis terbaik anda dan layanan terbaik setelah pembelian jika ada komplain. Dengan demikian pembeli tersebut akan mengabarkan kepada keluarga, teman, tetangga bahkan kepada semua orang yang detemuinya tentang produk anda. Anda jangan sepele dengan hal ini, karena dengan demikian maka pemasaran anda tidak perlu membutuhkan Biaya marketing tambahan dan ini sangat powerfull dilarenakan disertai dengan kesaksian para pembeli.

Salah satu contoh yang sudah saya buktikan untuk poin nomor 7 adalah di website saya ini ada sebuah artikel mengenai sribulancer dimana mereka benar-benar membayar saya karena telah mengerjakan sebuah project. Dengan hasil yang sangat memuaskan ini, maka secara langsung saya menjadi mudah membicarakan kepada orang lain tentang sribulancer padahal pihak sribulancer tidak membayar saya walaupun saya membicarakan mereka.

Baca Juga : Dapat Uang dari Sribulancer

Itulah 7 cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk menjual produk anda tanpa Biaya marketing tambahan.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda