Bahaya Gesek Tunai Kartu Kredit ~ Bisa Membuat BANGKRUT

bahaya gesek tunai kartu kredit

ilustrasi gesek tunai kartu kredit | marketingjoss.com

Artikel kali ini saya buat untuk pengetahuan bagi sobat marketingjoss.com baik yang memiliki kartu kredit ataupun yang tidak memiliki kartu kredit. Jika kita tinjau dari fungsinya, maka kartu kredit yang sering kita sebut dengan CC ini memiliki fungsi sebagai alat atau kartu yang bisa kita pakai untuk meminjam uang dari bank.

Sejatinya jika kita ingin meminjam uang dari bank, tentulah memiliki banyak Prasyarat agar diterima dan disetujui pihak bank. Nah… Dengan adanya kartu kredit ini, kita hanya perlu sekali saja dalam pengajuan semua syarat tersebut. Setelah disetujui, maka keluarlah atau diterbitkanlah kartu kredit atas nama kita. Dengan demikian, setiap kita melakukan peminjaman, tidak perlu lagi Verifikasi ke bank. Karena kita sudah memiliki kartu kreditnya. Jadi tinggal mengambil uangnya saja dari ATM atau langsung mengadakan transaksi kepada marchant yang memiliki kerjsama kepada bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut.

Kartu Kredit Berbahaya?

Kalau kita mengerti dan memahami betul apa itu kartu kredit dan bagaimana cara memakai serta syarat-syaratnya, tentu kartu kredit SANGAT bisa membantu kita loohh Frends, Jadi teman-teman jangan langsung menilai negatif tentang kartu kredit.

Misal begini, Kita memiliki kartu kredit. Pada suatu saat kita membutuhkan sebuah Laptop dengan harga misalnya 7.5 juta, laptop tersebut kita beli untuk pekerjaan yang sangat mendesak. Memang kita memiliki uang misalnya 15 juta Cash. Sekarang petanyaanya, apakah kita ingin membeli laptop tersebut dengan cara TUNAI atau dengan cara kredit?? Kalau saya pribadi, maka akan saya gunakan kartu kredit untuk membeli laptop tersebut. MENGAPA?? Alasan nya sangat sederhana yaitu saya bisa menggunakan uang CASH saya sebagai modal, sementara saya mencicil laptop yang ingin saya beli.

laptopnya saya cicil, tapi lalptopnya bis saya bawa pulang. Sementara uang yang 15 juta milik saya tetap dalam kondisi utuh dan tidak berkurang. Ini sangat menguntungkan bukan??

Okey… saya masuk dan menjelaskan lebih dalam lagi yah…

Tadi kita membeli laptopnya dengan mengguankan kartu kredit, anggap kita cicil 12 bulan. Tentu biaya cicilan tiap bulanya sangat ringan bukan??

Nah sementara uang tabungan saya yang 15 juta tetap dan tidak berkurang. Bisa dong saya membuat usaha dari uang yang 15 juta tersebut untuk membiayai cicilan laptop saya.

Selain itu bisa juga dengan cara seperti ini, laptop yang sudah kita beli, kita buat sebagai aset yang bisa menghasilkan uang setiap bulanya. Dengan demikian, hasil dari apa yang dikerjakan laptop ini bisa membayar cicilan perbulanya. Ini sudah saya lakukan untuk beberapa produk elektronik yang saya beli, dan BERHASIL.

Yang jadi masalah dan BAHAYA adalah, ketika CC atau kartu kredit tersebut tidak digunakan untuk semestinya. Apakah itu?? YUK mari kita bahas secara detail yah.. ?

Bahaya Gesek Tunai Kartu Kredit

Beberapa bahaya gesek tunai kartu kredit adalah :

#1. Bunga tinggi

Jagan pernah merasa bahwa ketika kamu memiliki kartu kredit, kamu bisa dengan seenaknya menggunakanya. Memang benar, kamu bisa menggunakan dengan sesuka hati kamu. Tapi perlu kamu ingat, bunga untuk gesek tunai itu memang kecil, tapi jika kamu gunakan terus menerus, maka bunganya akan semakin besar. Dan kecenderunganya, kalau bunga kecil maka kita akan berboros-boros. Jika kamu mengatakan “ah…saya tidak demikian, maka kamu adalah orang yang BIJAK menggunakan kartu kredit mu” dan itu tidak berbahaya.

#2. Konsumtif

Secara garis besar, manusia memang ingin mengkonsumsi semua hal yang menurutnya baik baginya. Yang menjadi bahaya Gesek Tunai Kartu Kredit ini adalah menggunakan kartu kredit untuk kegiatan konsumtif. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, bahwa sebaiknya apa yang dibeli menggunakan kartu kredit, barang tersebut seharusnya mampu menghasilkan uang. paling tidak untuk membayar biaya cicilan kartu kredit tersebut. Itu baru benar. Tapi kalau untuk membiayai keinginan kita, maka bisa dipastikan akan terlilit hutang cicilan ke bank.

#3. Biaya Admin

Sangat sering sekali ketika kita ingin membeli sebuah barang menggunakan kartu kredit, maka ada biaya Administrasi sebesar 3% (standard). Yang membuat cilaka itu adalah, seringnya para nasabah pemegang kartu kredit merasa hal tersebut kecil biayanya. Padahal jika ada pembelanjaan 5 kali dalam sebulan, maka bisa dipastikan tagihan akan membengkak dibulan berikutnya. Intinya, jangan lakukan penggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang sifatnya kesenangan.

Masih banyak hal-hal penting yang harus kita ingat dalam hal gesek tunai kartu kredit dan penggunaan kartu kredit itu sendiri. Belum lagi jika terjadi keterlambatan. Jika terjadi keterlambatan, maka dendanya biasanya dihitung harian dan bunganya harian. Ini membuat bunga akan membengkak ketika terjadi keterlambatan.

Ingat teman-teman, jika kartu kredit kita gunakan secara bijak, maka hasilnya akan baik sekali. Salah satunya adalah ketika kita menggunakan kartu kredit dengan bijak dan lancar, maka pihak bank akan menilai bahwa kita adalah nasabah yang kooperatif, baik dan tepat waktu dalam membayar. Sehingga ketika kita mengajukan kredit yang lebih besar, musalnya kredit rumah atau kendaraan, pihak bank akan dengan mudah sekali meloloskan permintaan kita.

Nah, jadi dengan pembahasan Bahaya Gesek Tunai Kartu Kredit ini, teman-teman semakin bijak dalam menggunakan kartu kredit, bukan untuk tindakan konsumtif tapi untuk kepentingan yang lebih menghasilkan. Sehingga track Record kita sebagai nasabah peminjam dari bank mendapatkan perhatian khusus dari setiap bank.

Demikianlah ulasan seputar bahaya kartu kredit gesek tunai ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman. Tolong di share… Terima kasih

Related Posts

About The Author

One Response

Add Comment

Pesan Anda