Belajar dari Strategi Marketing Matahari Dep.Store |Dahsyat

Belajar dari Strategi Marketing Matahari

Inilah strategi marketing Matahari Department Store

Kenal dengan Matahari Department Store? Mungkin kamu sudah tidak akan asing lagi dengan Mall yang satu ini. Konsep yang mereka usung dalam melayani konsumen juga sudah sangat familiar dengan kita. Wajar, karena mereka sudah berdiri sejak 1958. Tapi mereka menjadi Mall modern sejak tahun 1972.

Tapi sekarang pertanyaannya, apakah Anda mengerti bagaimana strategi mereka memenangkan hati konsumen ditengah banyaknya jenis Mall serupa bermunculan? Ini akan kita bahas.

Strategi matahari Mall ini akan kita bahas, tapi tidak akan berguna jika Anda hannya membacanya saja. Strategi jitu jika tidak dilakukan, maka hannya akan jadi wacana saja. Oleh karena itu, ada baiknya strategi ini juga bisa kamu contoh untuk memajukan usaha mu.

Setelah selesai Anda membaca tulisan saya ini sampai habis, saran saya coba ambil sebuah kertas & pulpen, mulailah memikirkan Sistem Penjualan Seperti apa yang bisa Anda lakukan di bisnis Anda. Dengan begitu, strategi yang berhasil dipakai orang, kemungkinan besar akan berhasil pada usaha Anda.

Oh iya, satu lagi, setelah itu, jangan lupa dipraktikkan…

Semua yang sudah Anda dengar, semua yang sudah Anda baca, semua seminar yang sudah Anda hadiri, tidak ada gunanya jika tidak dipraktikkan. Siap yah? Yuk kita mulai.

Strategi marketing 1: Pancingan untuk Calon Pelanggan Tertarget

Sebuah kunci yang mereka pegang adalah TARGET. Target Market Terbesar bagi Matahari adalah Seorang Wanita.

Wah tapi kan banyak juga produk-produk Pria? Benar sekali, Anda tidak salah. Tapi perhatikan dengan baik, bahwa target tidak sama dengan konsumen. Namanya saja sudah TARGET, itu artinya memang tertarget. Berbeda dengan konsumen.

Mayoritas yang datang ke Matahari adalah Mereka yang sudah berkeluarga dan biasanya si pengambil keputusan terbesar dalam membeli sesuatu di keluarga adalah Ibu (yang notabene Wanita).

[blockquote author=””]Memang ada laki-laki atau bapak-bapak, tapi biasanya mereka lebih sedikit membeli daripada wanita.[/blockquote]

Nah, Matahari menemukan ada 1 Hal yang dapat membuat Target Market Hot-nya “Terpancing” untuk minimal mengunjungi Dept. Store mereka. Apakah itu? YAP, kamu benar! Itulah yang disebut dengan “DISKON”.

strategi marketing matahari dep store yang ampuh

Setiap kali kita datang mengunjungi Matahari departmen Store, PASTI ada diskon. Apakah mereka tidak rugi? Kok kurang kerjaan setiap hari bisa ada diskon?

[blockquote author=”-Jos-“]Mereka tidak akan rugi, sekalipun membuat diskon hingga 90%[/blockquote]

Oleh sebab itu, Thema iklan Matahari Dept. Store di media promosi apapun hampir tidak pernah berubah, selalu tidak jauh-jauh dari DISKON dan Warna Merah.. Betul?

Strategi marketing 2: Produk “Umpan” di taruh di depan

Oke, Anggaplah Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang melihat iklan mereka, apa yang ada di benak Anda mengenai Matahari? Ya, tentu adalah Diskon tadi itu, betul apa betul?

Jadi, ketika Anda mulai “Terpancing” untuk pergi ke Matahari apa yang akan Anda cari?  Tentu saja produk yang ada Diskonnya. WALAUPUN, pada kenyataannya terkadang produk tidak diskonPUN juga dibeli.

Pihak Matahari Department Store benar-benar paham alur berpikir para pengunjungnya, itu sebabnya barang-barang diskonnya terkadang di taruh di depan gerainya dan mereka akan memberikan Angka diskonnya di sebuah Papan Kotak yang Berwarna Merah dan yang terakhir tulisan diskonnya BESAR. Sehingga ketika dari jauh-pun, Anda sudah bisa melihat Tanda Warna Merah dan Persentase Diskon yang Menggiurkan. BENER?

strategi pemasaran matahari produk paling depan

STOP, tidak sampai disitu saja, ketika Anda sudah mencoba masuk ke dalam pun, di area tempat pembeli jalan, ditengahnya sudah tersedia produk-produk diskon lainnya yang sudah rapi tersusun (walaupunbiasanya susunannya hancur kembali oleh ibu-ibu yang sedang lihat-lihat hehe)

Wah sampai disini Ibu-Ibu sudah Mabuk Kepayang, karena dari depan sampai ke belakang bertebaran Produk DISKON, DISKON & DISKON…..Diskon….DISKOOONNN…

Strategi marketing 3: Produk dengan Harga Normal/Lebih Mahal

Biasanya produk dengan harga normal atau diskon kecil diletakkan di daerah yang lebih kedalam. Artinya para calon pembeli diusahakan masuk dulu ke dalam gerai mereka agar melihat barang-barang dengan kualitas produk yang lebih OKE, dan model yang lebih BAGUS.

Ketika pelanggan sudah melihat-lihat produk Diskon tersebut ada 2 respons yang biasanya terjadi:

Pertama, Pembeli menemukan Produk yang ia sukai di area Diskon lalu mencobanya

Kedua, Setelah melihat-lihat produk yang diskon, dia merasa masih kurang “Sreg”, maka biasanya mereka berpikir “Produk-produk diskonan ini modelnya sudah tidak begitu Trendy”, dan mereka memiliki pemikiran mungkin kalau yang harganya Normal pasti modelnya Lebih Up to Date.

Akhirnya mereka mulai masuk ke dalam Matahari Dept Store (yang notabene produk dengan harga yang lebih mahal), dan melihat-lihat Produk Terbarunya yang sudah rapih tersusun di Area masing-masing Brand Mereka.

Sadar tidak sadar, sebenarnya mereka sendiri sudah ter- Upsell oleh pemikiran mereka sendiri. Betul apa benar? 🙂

[blockquote author=””]Apalagi kalau udah sampai ke dalam, berarti sudah menghabiskan waktu cukup lama sejak dari lihat-lihat barang diskon tadi, sepertinya sayang kalau akhirnya tidak jadi beli apa-apa hehehehe.. Kena deeeeehh[/blockquote]

Strategi marketing 4: Si SPG Tidak Pernah Jualan, tapi Closing Terus

Ini yang paling seru nih, karena saya sendiri sudah merasakannya dan melihat langsung ketika berbelanja di Matahari Department Store. Tentunya ketika kita milih-milih barang akan ada SPG yang bertugas mulai menghampiri kita.

Strategi Si SPG ini cukup elegan.. Cara mereka menawarkan tentu jauh berbeda dengan mbak-mbak di mangga dua, “Ayo kak.. Boleh kak… Lihat-lihat dulu kak… Ayo dong kak… Belum jualan nih dari pagi kak…” Dan cara-cara ngemis lainnya (Mereka tidak seperti itu)

SPG di Matahari Dept. Store akan membantu mencari produk yang Anda inginkan, sampai Anda menemukannya Nah, kuncinya disini. Bukan memaksa calon pembeli untuk mencoba, karena akan merasa risih bagi sebagian orang.

Setelah Anda menemukan produknya, tentunya karena di Matahari mayoritas Produk Fashion, Anda pasti ingin untuk mencobanya terlebih dahulu di fitting room.

Disini, SPG Memainkan Peranan yang Penting. Tugas mereka bagaimana supaya Anda pergi ke fitting room, tidak hanya membawa 1 Produk saja, tapi membawa 2 Produk, bahkan ketika saya berbelanja, saya disuruh bawa lebih dari 3 produk, dalam hal ini ketika itu saya ingin membeli celana panjang.

Misalnya Anda membeli sebuah kemeja, dengan size M
SPG akan menyarankan Anda untuk membawa juga kemeja dengan size L.. “Siapa tahu yang M, ga muat, kalau pakai L lebih nyaman”

Atau menyarankan Anda juga mencoba motif yang lain,

Atau menyarankan merk yang lain,

Pokoknya bagaimana caranya supaya Anda membawa minimal 2 Produk ke Fitting Room, lalu mencobanyak dan salah satunya ada yang cocok. (Strategi ini benar-benar AMPUH menurut saya)

Mengapa hal ini menjadi sangat penting?

Ini logikanya, ketika Anda hanya membawa 1 Produk.. Yang ada dalam pemikiran Anda adalah “Kalau Bagus maka saya Beli, atau kalau Tidak bagus, maka tidak beli”

Sedangkan kalau Anda membawa 2 Produk, yang ada dalam pemikiran Anda adalah “Kalai Bagus maka saya beli ini, sedangkan kalau Lebih bagus yang satu lagi, maka saya beli yang itu”. BENER apa BETOL??

KENA DEH! => pilihan kedua, tetap beli jawabannya, sedangkan pilihan pertama bisa beli bisa juga tidak. Mantab toh? (Ingat…Praktikkan untuk usaha kamu yah?)

Strategi marketing 5: Voucher Repeat Order (Beli lagi)

Ketika Anda akhirnya sampai di kasir dan ternyata total pembelian Anda lebih dari Rp 150.000,- , maka kasirnya akan menginformasikan seperti ini, “Selamat Bapak/Ibu, karena pembelanjaan Anda lebih dari Rp 150.000,- maka Anda mendapatkan Voucher senilai Rp 50.000,- khusus untuk pembelanjaan produk apapun dengan Warna Biru (Harga Normal), tapi berlakunya hanya untuk hari ini ya. Jadi Bapak/Ibu bisa melakukan pembelanjaan lagi dengan potongan Rp 50.000,- di hari ini.

strategi pemasaran matahari dapat 50

[blockquote author=””]Perhatikan! kita mendapat voucher Rp 50.000,- tapi ada unsur pemaksaan di dalamnya “HANNYA UNTUK HARI INI SAJA”[/blockquote] [textmarker color=”ff0000”]Jujur, waktu saya ditawari hal ini oleh kasirnya, saya langsung mencari dimana produk yang ada label warna birunya.[/textmarker]

Tapi mari coba kita pelajari lebih dahulu. Produk-produk yang bertanda warna biru memang adalah produk-produk yang biasanya Trendy tapi dengan harga yang Tidak Diskon atau diskon kecil / Harga Normal. Biasanya juga harganya dikisaran Rp 200.000,- ke atas.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa pihak Matahari sudah memperhitungkan matang-matang bagaimana cara mereka mendapatkan keuntungan, benar-benar SMART.

Begini penjelasannya.

Dengan Memberikan Voucher Rp 50.000,- ke Pelanggan, maka akan ada 2 Respons Pelanggan yang akan mereka lakukan:

Pertama, Pelanggan tidak menggunakan Voucher Tersebut, walaupun ini merupakan keputusan berat (Terutama buat ibu-ibu, sayang euy Rp 50.000,- lumayankan hehehe), Tapi biasanya sebelum memutuskan tidak menggunakan Voucher Tersebut mereka akan keliling terlebih dahulu mencari produk apa yang bisa dibeli (terserah itu benar-benar butuh atau tidak. Dan ini sama seperti yang saya lakukan)

Kedua, Pelanggan akhirnya menemukan Produk yang dia inginkan untuk dibeli dengan Voucher Rp 50.000,- (Kekurangannya dibayar menggunakan uang tunai kembali).

Nah karena biasanya harga produk yang bertanda biru (Harga Normal) diatas Rp 200.000,- maka setelah dikurangi Voucher Rp 50.000,- total yang harus dibayar masih di atas Rp 150.000,-

Oke, karena pembelanjaan kedua Anda diatas Rp 150.000,- maka kasir akan memberikan Anda lagi Voucher Rp 50.000,- untuk pembelanjaan produk bertanda warna biru. WAW…. Enak betul dapat Voucher terus!!
Yah, begitu terus sampai uang Anda terkuras habis, dan Anda akan tetap merasa sayang jika voucher tersebut tidak digunakan.

Sekarang mari kita fokus ke Strategi Penjualan Anda

Pertama:

Apa pancingan yang Anda berikan untuk menarik hati Target Market Anda? Harus ada dan benar-benar menarik, jangan buat “Umpan” yang seadanya, buatlah yang spesial, tapi harganya murah!

Kedua:

Apa Produk Utama Anda yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan Anda di awal? Ingat, ini produk utama, tapi diskon KERAS, produk lainnya bisa yang lebih bagus atau yang dibawah produk utama, tapi harga miring.

Ketiga:

Apa Produk yang Anda tawarkan untuk Up-Sell?

Keempat:

Apakah Anda memiliki Produk Pembanding, sehingga Anda bisa menawarkan minimal 2 Produk kepada Pelanggan, dan membuat Konversi Penjualan Anda lebih Tinggi? Sama seperti orang yang ingin mencoba pakaian tadi, memilih ini (bagus) atau itu (yang lebih bagus)

Kelima:

Apa Insentif yang Anda berikan sehingga Pelanggan rela membeli melalui Anda lagi & lagi? Misalnya Voucher belanja lagi, atau bonus atau stiker atau souvenir bahkan mungkin KERAMAHAN Anda atau apapun yang bisa membuat mereka mengingat Anda dan kembali ke toko Anda.

Semoga pembahasan dari strategi marketing Matahari Department Store ini dapat menginspirasi Anda para pembaca setia www.marketingjoss.com dan satu hal yang saya inginkan, supaya Anda dan semua orang menjadi sukses dalam usaha yang dikerjakannya.

Share artikel ini jika bermanfaat untuk Anda, dan mungkin bisa menolong dan bermanfaat bagi orang lain juga.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda