Belajar Marketing Ternyata Sangat Mudah (Bongkar)

belajar marketing onlineKalau kita memiliki bisnis, tapi kita tidak belajar marketing bisa dipastikan untuk berhasil sangat sulit. Sudah banyak yang membuktikan, untuk menjadi besar dan berhasil dalam bisnis, pasti menggunakan teknik markeing yang tidak biasa. Bahkan ada yang mengatakan Crazy Marketing. Ini menunjukkan betapa pentingnya sebuah strategi marketing dalam sebuah bisnis.

Sebenarnya kalau kita belajar marketing, ilmunya tidak bisa dibakukan. Dia tidak seperti ilmu matematika atau fisika yagn bisa kita katakan bahwa 4+4 = 8. Ilmu marketing adalah ilmu yang dinamis, mengikuti arah jaman dan lingkunganya. Sehingga kita bisa saja belajar ilmu marketing sampai tinggi, tapi pada praktiknya…ketika kita terjun hanya sebagian dari ilmu tersebut yang akan terpakai.

Beda jaman, beda orang, beda tempat beda pula tingkah lakunya. Inilah yang membuat marketing ada sebuh ilmu sosial yang sangat dinamis.

Apakah kita tidak perlu belajar marketing ?

Jawabanya singkat saja “PERLU SEKALI”. Dasar ilmu marketing adalah sama. Yaitu bagaimana menawarkan dengan kata-kata yang baik, bersifat mempengaruhi dan mengajak agar pendengarnya melakukan aksi (dalam hal ini pembelian)

Nah… beberapa hal yang sangat perlu kita pelajari dari ilmu marketing ini adalah:

1. Kenali Tempatnya

Beda tempat tentu akan beda orangnya, sudah pasti akan beda pula budayanya. Kita tidak bisa menjual dengan teknik yang sama jika kita menjual sebuah barang di jakarta dengan di pedesaan. Alasanya banyak, bisa dianggap melecehkan. Itu salah satunya.

Jadi kita harus mengenali tempat, dimana kita melakukan penawaran

2. Bahasa

Inti dari sebuah marketing adalah bagaimana menawarkan. Nah…pilihlah bahasa yang benar-benar cocok dengan lingkungan, sesuai dengan poin noomor satu di atas. Bila perlu anda menggunakan bahasa tempat mereka berada. Misal anda promosi di jawa, maka jauh lebih tepat sasaran jika anda menggunakan bahasa jawa. Atau mungkin di Medan, maka gunakan bahasa daerah medan yaitu bahasa batak.

3. Lebih kepada Menjelaskan keuntungan

Pastikan penawaran yang anda buat bukan untuk mendapatkan keuntungan. Tetapi menjelaskan kepada pendengar tentang apa keuntungan dari produk yang anda tawarkan.

Hati-hati terjebak pada promosi besar-besaran yang seolah menjanjikan sesuatu yang luarbiasa, tetapi tanpa menjelaskan dengan tepat maksud dari produk anda. Bukan keberhasilan yang akan anda dapat, tetapi malah kerugian.

4. Product Knowledge

Anda akan menawarkan produk, tentu anda harus tahu betul tentang produk anda. Saya punya cerita lucu sekaligus menarik. Ketika saya ingin membeli sebuah handphone, saya sudah mencari terlebih dahulu tentang spesifikasi handphone tersebut. Termasuk juga keunggulan dan kekuranganya. #PentingnyaProductKnowledge

Pada saat saya akan membelinya, saya bertanya layaknya orang bodoh yang tidak tahu tentang handphone yang akan saya beli. Yang saya tahu bahwa handphone tersebut memiliki spesifikasi bisa “Touchscreen”. Lalu saya bertanya “Apa itu touchscreen??” penjualnya mengatakan “TIDAK PAK!!” (dengan mantab menjawab” lalu saya katakan itu “touchscreen Mbak”.

Dari cerita singkat di atas terlihat bahwa penguasaan pengetahuan tentang produk yang dijualnya tidak betul-betul diketahui. Ini menjadi celah dalam sebuah penawaran. Kita terkesan menawarkan sesuatu yang waw…. dan ketika laku mendapatkan keuntungan yang besar. Sebaiknya anda tidak melakukan ini, karena akan mempengaruhi penjualan anda.

5. Tetaplah melayani

Pernahkan adna pergi ke sebuah toko, lalu bertanya-tanya tentang barang yang ada di toko tersebut, kemudian anda tidak jadi membelinya, lalu yang terjadi si penjual menggerutu ?? SAYA YAKIN ANDA PERNAH MENGALAMINYA 😀

Ini adalah penyakit yang bisa merusak penjualan anda. Pasalnya biasanya pembeli akan memberikan cap atau “labeling” kepada toko yang membuatnya tidak nyaman. oleh karena itu, pastikan anda tetap melayani dengan baik setiap customer yang datang ke toko anda.

KESIMPULANYA

Dengan 5 teknik marketing yagn sederhana tersebut saja, anda bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Biasanya saya menyebutnya dengan ilmu AWAM. Ilmu yang semua orang tau, semua orang bisa belajar marketing, tapi tidak semua orang bisa melakukanya. Sederhana bukan berarti mudah, Mudah bukan berarti murahan.

Tetaplah belajar marketing, bisa juga kombinasikan dengan ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi) Dengan demikian teknik-teknik marketing frends semua akan semakin kaya.

Sukses untuk bisnis anda!

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda