Belajar Membuat Contoh Teks Berita Lengkap (Text and Voice)

teks berita lengkap untuk pelajaran

Ilustrasi dari fyi.uwex.edu | marketingjoss.com

Yuk kita belajar! Mungkin teman-teman sering mendengar kalimat tersebut kalau teman-teman masih sekolah saat ini, atau mungkin dulu ketika anda sekolah. Belajar memang asik looh… karena kita bisa banyak mengerti dan tahu. Kalau kita banyak tahu, maka kita bisa memperoleh hasil atau hidup yang lebih baik.

Yuk kita belajar membuat teks berita. Untuk apa??? Karena di Era informasi seperti sekarang ini, berita sudah menjadi makanan wajib bagi kita. Berita bukan lagi untuk orang-orang tua dan beritanya juga sudah beraneka ragam. Baik dari berita ringan, lucu, politik, olah raga dan masih banyak lagi. Hanya saja ita yang harus bisa memilah-milah mana yang pantas, penting dan berguna buat kita.

Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Itu saya kutip dari wikipedia yang menjelaskan tentang berita.

Definisi berita ini sering kita lupakan, sehingga dalam penulisan teks berita, kita sering salah kaprah. Kita menganggap yang paling penting itu adalah Trafik. Bagaimana meningkatkan trafik baik itu pada media elektronik, koran atau majalah. Dengan begitu, tidak jarang kita membaca atau mendengar berita-berita yang kurang berkualitas. mengapa??? Karena si pemberi berita tidak tahu esensi dari berita tersebut. Mereka hanya butuh Trafik tinggi.

Baca : 4 Cara meningkatkan traffic website melalui sosial media

Oleh karena itu, PENTING buat kita untuk memahami apa itu berita, bagaimana menulis teks berita, serta bagaimana dan kapan kita menyampaikan berita tersebut. Sehingga tujuan dari penyampaian berita tersebut lebih tepat sasaran dan bermanfaat.

Apa yang terkandung dalam teks berita ??

Yuk kita mulai membahas yah, apa saja sebenarnya yang paling penting ada dalam sebuah berita.

5W +1H

Seperti waktu kita belajar di sekolah ketika masih duduk di bangku SMP, kita sudah memahami bagaimana pentingnya 5W+1H dalam sebuah penulisan berita. Lima W artinya adalah “What, Who, When, Where, Why” sementara 1H adalah “How”. Kata-kata tersebut memang dimaksudkan dalam bahasa inggris, tapi kalau dalam bahasa Indonesia disebut menjadi “apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana”. Semua unsur inilah yang harus terkandung dalam sebuah artikel biasa atau teks berita.

Berbeda dengan teks, berbeda pula ketika kita menyampaikan secara langsung. Biasanya kalau menyampaikan berita secara langsung, unsur-unsur tersebut tidak dipakai semuanya. Hal ini dikarenakan durasi atau waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan berita tersebut. Dan saat ini kita sedang membahas teks berita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membahas 5W+1H.

Sifat Berita

Berikut ada beberapa sifat berita yang bisa kita pahami dan pelajari :

  1. Aktual (baru). Hal-hal yang baru lebih memiliki nilai berita dibandingkan hal-hal yang terjadi sudah lama.
  2. Jarak (jauh/ dekat). Khalayak lebih tertarik akan kejadian yang terjadi di sekitar mereka dibandingkan dengan kejadian di tempat yang lebih jauh.
  3. Penting. Sesuatu menjadi berita saat dianggap penting, karena berpengaruh pada kehidupan langsung, contoh: UU larangan merokok.
  4. Akibat. Sesuatu menjadi berita karena memiliki dampak yang besar, contoh: penayangan film Fitna di situs YouTube.
  5. Pertentangan/ konflik.
  6. Seks. Contohnya seperti perceraian, perselingkuhan, dan lain sebagainya
  7. Ketegangan. Contohnya seperti saat-saat pelantikan presiden.
  8. Kemajuan-kemajuan. Inovasi baru atau perubahan Ini juga termasuk didalamnya berita teknologi seperti Handphone atau Gadget
  9. Emosi, segala sesuatu yang apabila dikabarkan akan membuat marah, sedih, kecewa. Contohnya: pemberitaan tentang bayi baru lahir yang ditemukan di tempat sampah.
  10. Humor.

Nah… dari semua sifat berita tersebut, tidak semuanya memerlukan teks berita. Tapi paling tidak ada kerangka berita yang akan ditayangkan untuk acuanya.

Unsur apa yang harus ada dalam teks berita

Bagian ini adalah yang terpenting. Jika bagian ini hilang, maka teks berita anda akan ngalor-ngidul alias tidak jelas mau kemana tujuanya.

#1. Aktual

Aktual itu artinya terbaru, “SEKARANG BANGETT”, Baru terjadi. Teks berita yang memiliki unsur ini, bisa dipastikan cepat mendapatkan tanggapan. Bedakan jika teks berita tersebut sudah beberapa hari yang lalu. Maka orang menganggapnya sudah basi. Apalagi di ERA seperti saat ini yang mana, informasinya SANGAT cepat berubah.

#2. Menarik

Pernahkah teman-teman melihat atau mendengar sebuah berita, tapi berita tersebut kurang direspon atau ditanggapi. Biasanya hal ini bisa JELAS sekali kita lihat di dunia online.

Mengapa bisa terjadi berita kurang menarik?? Biasanya berita kurang menarik ini adalah berita seputar isu SARA. Masyaraat saat ini sudah lebih cerdas, bahkan sangat cerdas. Dengan begitu tidak mudah untuk dipancing dengan berita isu SARA.

Lalu apa yang menarik?? Misal kita ambil contoh berita di Jakarta yaitu tentang Ahok (Basuki Tjahja Purnama) Gubernur Jakarta. Setiap ada pemberitaan tentang Gubernur Jakarta ini, pasti selalu menarik dan diminati orang banyak. Mengapa??? Karena ketegasanya, kedisiplinanya, Marahnya, Sangarnya dan tidak takut kepada apapun dan siapapun. Semua berita mengenai Jakarta dan kaitanya dengan Gubernur Jakarta ini, PASTI Sangat Menarik.

#3. Faktual

Faktual ini tidak sama dengan Aktual. faktual maksudnya adalah sesuai dengan FAKTA yang ada. Tidak di setting, ataupun dibuat-buat agar berita tersebut dikondisikan. Jika kita menyajikan berita yang Faktual (Seperti yang selalu dilakukan pemprove DKI) melalui Youtube mereka, maka orang akan dengan senang hati melihat dan menontonya. Bukan hanya menonton, bahkan men-Share berita tersebut.

Baca : Youtube pemprov DKI Jakarta

#4. Penting dan Menambah ilmu atau wawasan

Untuk bagian yang keempat ini adalah “penting dan menambah ilmu atau wawasan”. Biasanya berita yang diminati banyak orang adalah berita-berita penting. megnenai orang-orang penting, pengambil keputusan penting seperti presiden, mentri, gubernur atau wali kota.

Selain itu berita yang menambah ilmu dan wawasan juga sangat disenangi orang. Misalnya tentang Hewan, bagaimana hewan berkembang biak, bertahan hidup dan lain sebagainya. Ini menyangkut wawasan dan ilmu pengetahuan. Dan itu tentu sangat berguna.

Contoh teks berita

Selamat siang pemirsa, sekarang saya berada di Kampung Melayu dan tepat berdiri di dekat tumbangnya sebuah pohon besar yang menghalangi koridor Busway.

Pohon ini tumbang disinyalir karena kuatnya angin yang bertiup sejak pukul 13.00 siang tadi. Akibat pohon tumbang yang menghalangi jalur Busway ini jalanan disekitar kampung melayu ikut terkena imbas macet. Sampai saat ini sudah lebih dari 40 menit berlalu sejak pohon tumbang belum ada petugas yang membereskan jalur Busway yang terhalang akibat pohon tumbang ini.

Selain itu, Aparat kepolisian setempat juga baru datang sekitar 10 Menit yang lalu. Sehingga kemacetan tidak dapat dihindarkan.

Diharapkan pengendara yang melalui jalur Kampung Melayu ini agar dapat berhati-hati dalam berkendaraan.

Beberapa orang yang menjadi saksi mata mengatakan bahwa pohon besar ini sebenarnya sudah seharusnya diremajakan agar tidak terjadi hal seperti ini. Tapi tampaknya pemprov DKI masih belum melaksanakan laporan dari masyarakan disekitar kampung melayu ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan dari Kampung Melayu dengan saya Heru. Selamat siang

Itulah contoh teks berita terkini atau Akual yang bisa kita pelajari. Untuk berita lainya, teman-teman bisa mencarinya atau mempelajari langsung website-website berita yang populer, seperti kompas, detik dan lain sebagainya.

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda