Berapa Banyak Artikel Anda Dicopy Paste Orang??

artikel copy paste

Ilustrasi | marketingjoss.com

Berapa banyak diatara pembaca yang masih sering mencopy – paste tulisan orang?? “silahkan jawab jujur di dalam diri anda”. Intinya adalah bahwa mencopy milik orang lain termasuk tidak diperbolehkan apalagi dalam dunia SEO. Bisa dipastikan anda akan mendapatkan peringkat yang tidak baik di mesin pencari Google (SERP).

Nah, oleh karena itu… kita harus mulai belajar menghargai hasil karya orang lain. Terus terang saya juga dulu sering mencopy milik orang lain. Terutama Artikel. SAmpai akhirnya saya memutuskan bahwa untuk artikel saya tidak akan mencontek atau mencopy milik orang. Saya akan mempelajarinya, kemudian saya menuliskanya dengan pengetahuan yang saya buat. Karena menurut saya mencopy artikel orang lain sama dengan tidak menghargai hasil karya sendiri dan menjadikan kita tidak kreatif.  Bagaimana pula jika Artikel Anda Dicopy Paste oleh orang lain??

Sekarang dan sampai hari ini dan saya harap sampai kapanpun artikel yang dimuat di website ini www.marketingjoss.com adalah diketik oleh 10 jari saya sendiri 😀 pada akhirnya saya menikmati ketikan saya setiap hari.

Berat di awal, tapi pada akhirnya menyenangkan. Teman-teman blogger juga pasti bisa. Hanya saja untuk gambar saya masih sering mencarinya di Google, kemudian saya harus mengeditnya agar sesuai dengan yang saya mau. Jika gambar tersebut ada mengandung unsur spesial, maka saya akan memasang link untuk mengarahkanya kepada website penyedia gambar tersebut.

Tapi jika gambar tersebut tidak mengandung unsur yang memiliki hak cipta, maka saya hanya akan menuliskanya seperti pada gambar contoh di atas.

OKE…. kali ini saya mau membahas sedikit tentang bagaimana kita bisa mengetahui artikel milik kita dicopy orang?? Permasalahanya adalah SCRIPT dalam bentuk apapaun tidak mampu menghalangi orang untuk mencopy tulisan kita.

Akhirnya saya memiliki sebuah strategi khusus. Yaitu menggunakan Google analytics untuk mengetahui orang mencopy artikel saya, dan bagian mana yang mereka copy. Paling tidak, dengan demikian saya bisa melaporkanya ke DMCA atau langsung ke Google, agar yang mencopy artikel saya di banned dari mesin pencari.

So…. bagi frends yang sering copy artikel saya, kalian PASTI mudah sekali mencopinya degan cara memblok, kemudian klik kanan dan COPY. Tapi ingat, tidakan kalian yang suka mencopi di website marketingjoss.com ini terekam oleh Google analitycs yang sudah saya setting. Berikut tampilanya :

Artikel Anda Dicopy Paste

Artikel Anda Dicopy Paste

Teman-teman semua bisa lihat, ada Even Category yang saya beri nama Copy, itu artinya jumlah atau banyaknya even Copy yang dilakukan orang terhadap isi website saya. Terserah mereka mau mencopy apapun, maka akan terdeteksi. Ada sekitar 750 kali Even Copy yang terjadi pada seluruh isi artikel saya.

Lalu apakah kita bisa mengetahui, artikel bagian mana yang dicopy?? tentu saja. perhatikan gambar di bawah ini:

Artikel Anda Dicopy Paste orang

Contoh Artikel Dicopy Paste | marketingjoss.com

Dari data di atas, saya bisa mengetahui ternyata yang paling banyak di copy orang adalah bagian artikel tentang surat pengunduran diri. Hal tersebut bisa saja terjadi. Karena jika kita mencari kata kunci di Google keywordplanner, maka kata kunci “surat pengunduran diri karyawan” memiliki tingkat pencarian yang tinggi dengan persaingan yang masih sangat rendah. Tentu ini menjadi incaran para master atau orang yang belajar SEO.

Jika teman-teman juga cari di google menggunakan kata kunci “contoh surat pengunduran diri” maka artikel saya juga berada di page 1 Google. Bahkan hanya dengan 3 kata saja “surat pengunduran diri” teman-teman bisa melihat website saya berada di halaman 1 Google. Itu artinya memungkinkan untuk di buka orang, kemudian dicopy.

Nah… dengan demikian, kita tinggal melaporkanya kepada DMCA atau langsung kepada Google agar website orang yang mencopy tersebut di banned dari mesin pencari.

Ini mungkin hanya solusi sementara, tapi ada baiknya kita melakukan ini, demi kenyamanan semua pihak. Baik itu pembuat Website atau blog, termasuk juga para pemula yang sedang belajar Blog. Tujuanya hanya satu, membuat orang-orang Indonesia lebih mampu menghargai karya orang lain dan melestarikanya.

Salan sukses blogger Indonesia.

Jika artikel ini bermanfaat bagi teman-teman, mohon di share sebagai ucapan terimakasih 🙂 dan jika teman-teman ingin mengetahui cara menggunakan Google Analytics nya, silahkan komen yah ….terimakasih.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda