BIKIN HEBOH ~ Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS)

hari belanja online nasional

ilustrasi | marketingjoss.com

DUaaarrrr….. waktunya kita belanja murah selama sebulan ini. Dimulai tanggal 11-11 setiap tahunnya dan diakhiri tanggal 12-12 pada bulan berikutnya. Yaaah.. kira-kira sebulan lahh, itulah yang kita sebut saat ini dengan Hari Belanja Online Nasional atau HARBOLNAS.

Seolah ingin menunjukkan citranya dan tingkat kepercayaan serta GAYA HIDUP (Life Style) modern, sepertinya Indonesia sudah tertular dengan prinsip belanja online. Jika dulu orang banyak yang ragu dengan belanja Online, sekarang sudah tidak lagi. Tingkat kepercayaan tentang belanja online ini semakin diperkuat dengan data yang menunjukkan terjadinya peningkatan SIGNIFIKAN dari setiap transaksi tiap tahunya.

Saat ini masyarakat Indoensia sudah semakin pintar dan bijak, serta bisa memilih bagaimana mereka harus belanja. Semakin macetnya jalanan, waktu yang singkat, banyak pekerjaan dan lain-lain, membuat kita ingin mendapatkan kemudahan dalam hal berbelanja. Inilah yang dilirik para penggiat Bisnis Online Besar seperti beberapa website ternama berikut :

  1. Lazada
  2. Blibli
  3. Tokopedia
  4. Bukalapak
  5. Bhineka
  6. Rakuten
  7. Zalora
  8. Elevenia
  9. Mataharimall
  10. Qoo10

dan masih banyak lagi toko online lainya yang terpercaya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Tapi dengan adanya toko online yang terpercaya tersebut, semakin menunjukkan kepada kita bahwa kehidupan masyarakat Indoensia saat ini sudah tidak bisa dipisahkan dengan Online.

Kebali kepada topik, sebenarnya apa itu Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) dan apa sebenarnya manfaatnya serta, apa sih yang bikin HEBOH di Hari belanja Online Nasional ini (11-11)

Hari Belanja Online Nasional Dimulai!!

Setiap tahunya jika sudah mendekati tangagl 11-11, bisa kita pastikan orang-orang PASTI sudah menyiapkan diri untuk melihat toko online yang ternama dan memberikan diskon besar-besaran. Biasanya yang paling heboh memberikan promo seperti ini adalah Lazada dan Blibli. Mereka adalah dua e-commerce yang saat ini di Indonesia memiliki tempat penting di hati para “HUNTER ” batang online.

Misalnya saja Blibli.com yang setiap tanggal 10 malam tepatnya jam 00.00 akan memberikan diskon GILA-GILA-an untuk barang-barang tertentu. Memang promo ini sangat terbatas dan sangat cepat, tapi harganya memang luar biasa murah.

 

blibli ekstra pedas

blibli.com

Jadi bagi teman-teman yang ingin mendapatkan HEBOHnya Hari Belanja Online Nasional ini, bisa langsung ke website-website yang sudah saya berikan di atas. Ada banyak kejutan loooh…. harga barang-barangnya luar biasa murah dan barangnya juga bagus-bagus banget 🙂 jadi pengeeennn juga…hihihhihi….

Masalah Server

persoalan yang sering muncul pada saat Hari Belanja Online Nasional ini digelar adalah, tingkat kehandalan server yagn dimiliki setiap toko online. Saya sebagai orang yang mencari barang-barang murah pada HARBOLNAS ini juga merasa kecewa kepada lazada, karena ada saja kendala pada servernya. Lihat saja gambar di bawah ini ketika saya ingin mencari harga laptop :

hari belanja online nasional atau harbolnas 1

 

Padahal semua orang sudah tahu bahwa 11-11 adalah hari belanja online nasional, tapi seolah penggiat e-commerce ini tidak terlalu peduli dengan server mereka. Banyaknya pengunjung di waktu yang sama, mengakibatkan lemahnya koneksi dan berujung pada Erorr page yang muncul.

Ini membuat banyak kekecewaan pada setiap calon pelanggan yang sudah meluangkan waktu untuk berlama-lama menunggu barang yang akan mereka beli, tapi ternyata servernya down.

Saran buat setiap toko online, agar memperbaiki dari segi sistem dan server mereka supaya hal seperti ini tidak terjadi lagi. persoalanya adalah Seperti ini :

Dulu, sekitar tahun 2000-an awal, Di Indoensia sudah mulai ada belanja online. Tapi muncullah banyak sekali penipuan dan Carding (pencurian data kartu kredit pelanggan). Hal ini membuat kepercayaan masyarakat terhadap jual beli secara online menurun drastis, bahkan sempat tidak dapat dipercaya.

Setelah melewati tahun-tahun yang sulit, akhirnya saat ini Indonesia sudah semakin maju dan mulai percaya lagi terhadap yang namanya bisnis online dan jual beli online.

TAPI, jika kemudian hal-hal semacam teknis “server down”, Customer servis tidak jawab dan lain-lainya muncul kembali, BUKAN TIDAK MUNGKIN bahwa hari belanja online nasional ini juga akan berujung pada nasib yang sama. orang tidak menaruh rasa percaya karena merasa dibohongi.

Lihat saja ketika blibli memberikan diskon besar-besaran dan menjual produk-produk mahal, tapi dengan harga hanya 11.000 saja. Yang terjadi orang rebutan dan hampir 100% yang tidak kebagian. Inikan seperti pembodohan bagi calon konsumen. Lihat bagaimana komentar-komentar masyarakat di Facebook blibli :

harbolnas

contoh screenshoot | marketingjoss.com

Untuk lebih jelasnya silahkan langsung mengunjungi halaman Facebook blibli dna lihat bagaimana komentar-komentar mereka yang sudah menunggu lama untuk membeli, tapi akhirnya kecewa karena ternyata stoknya sedikit sekali. Tapi dari sisi Blibli, mereka berhasil mendapatkan trafik yang sangat tinggi. Artinya hanya memberikan Harapan Palsu…hihihih (PHP).

Baca : 5 Cara menjual dari intenet agar laku keras

Untuk itu, kita harus bijak menyikapi Hari Belanja Online Nasional ini. Jika teman-teman yang tidak mendapatkan harga barang semurah itu, silahkan melihat harga barang dengan diskon yang tidak kalah menarik. Teman-teman masih bisa looh mendapatkan diskon besar juga. Tapi harus rajin melihat-lihat Facebook dan twitter setiap toko online tersebut. Dengan demikain teman-teman tidak akan ketinggalan.

Okey yah Frends, begitu dulu pembahasan tentang Hari Belanja Online Nasional ini, semoga teman-teman dapat barang yang diinginkan. Dan bagi para penggerak toko online, cobalah memberikan promo dan diskon yang lebih baik lagi. Yaaaah…paling tidak dari segi diskon mungkin tidak terlalu besar, tapi barangnya ready stok, atau stoknya agak banyak.

Akhir kata, mari kita sukseskan Hari Belanja Online Nasional ini sebagai bentuk TELAH majunya cara belanja di Indonesia dan KEPERCAYAAN sudah menjadi hal yang PALING diutamakan dalam berbisnis online.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda