Bisnis Tanpa Modal

Memiliki usaha sendiri dengan keuntungan yang cukup tidaklah mudah. Saya pernah punya pengalaman membuat satu usaha yaitu jualan es buah. Pada kenyataanya membuat es buah adalah mudah, tapi apakah semudah itu untuk menjualnya? Jawabanya sudah bisa ditebah…menjual tidak semudah membuat. banyak aspek yang harus kita ketahui dan kita lakukan agar penjualan yang menghasilkan profit seperti yang kita inginkan. Membuat es buah paling tidak kita harus menyediakan Etalase, kursi, perlengkapan, dan lain-lain yang ditaksir kurang lebih Rp 2.000.000,-

Bagi beberapa orang, uang tersebut adalah uang yang cukup besar. Tapi untuk sebagian orang mungkin kecil. Intinya adalah…untuk membuat sebuah usaha sederhana saja kita membutuhkan uang atau modal jutaan. Sementara itu kita belum begitu tahu prospek dimana kita menjual dagangan kita tersebut.

Untuk itulah, maka ada beberapa usaha yang tidak perlu modal atau bahkan mungkin butuh modal tapi hanya beberapa ratus ribu saja anda sudah bisa mulai menjual. Nah….apakah itu??? Beberapa bisnis tanpa modal :

  1. Jasa Penulis Lepas
    Seorang penulis lepas bisa dibilang bisnis tanpa modal. Dia bisa tinggal mengambil buku dan alat tulisnya, kemudian memulai menulis. Yaah…modal buku sama alat tulis laah…hehehe. Setelah selesai menulis writerbisa mengetikkannya ke rental komputer atau mungkin mengetik di HP atau Laptop ataupun PC. Hal ini sangat mudah dilakukan. Bahkan banyak penulis yang memulai karyanya dengan hanya menulis pada Handphone mereka, dan saya yakin anda pasti memiliki salah satu perangkat HP, Laptop ataupun PC…Mengapa? karena anda sudah bisa membaca tulisan saya. hehehehe… :D. Ini juga termasuk bisnis online loooh…jadi menjualnya bisa online juga.
  2. Menjual Produk orang Lain (Reseller atau Dropshipper)
    Jika anda hobi berjualan tapi terkendal dalam hal modal, mungkin anda bisa mencoba tips berikut. Mulailah dengan menjual produk-produk orang lain. Misalnya produk Fashion, Handphone, Tas, Alat Elektronik, Furnitur, Makkomisianan, Minuman atau yang lainya. Anda bisa melakukan kerjasama dalam hal penjualan, Jika anda bisa menjual produk orang lain maka anda akan dapat komisi. Besarnya komisi yang anda dapatkan bisa dibicarakan dengan yang punya produk. Tidak perlu terlalu kaku, selama masih bisa dinegosiasikan anda bisa melakukanya.
    Buatlah trik-trik marketing tersendiri dalam menjual produk-produk tersebut. Anda bisa membuat brosur sendiri lalu adakan promosi. Dengan cara ini anda tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu besar. mungkin kisaran biayanya antara Rp 50.000,- hingga Rp 150.000,- yang perlu diperhatikan adalah Reseller dengan Dropshipper tidaklah sama. Perbedaanya sangat mendasar. Dropshipping biasanya bukan kita yang membayar, akan tetapi si pembeli yang langsung membayar barang yang ingin dibelinya. kita sebagai mediator saja. Sementara Reseller atau nama lain menjual kembali, itu artinya kita harus membeli barang dulu kemudian kita jual kembali. Ini akan saya bahas berikutnya di artikel lain mengenai Perbedaan Reseller dan Dropshipper.
  3. Menjadi Seorang Broker (Perantara)
    Anda memiliki kemampuan bernegosiasi, memiliki link yang banyak dan cakap dalam menjelaskan segala hal? Munkin pekerjaan atau usaha ini cocok buat anda. Yaaaa…menjadi brokerseorang Perantara atau yang sering kita sebut sebagai Broker. Yang dibutuhkan hanya penampilan yang menarik, kemudian anda bisa bernegosiasi dengan calon pembeli. Produk yang bisa anda jual seperti Rumah, Mobil, Motor atau mungkin anda bisa mencarikan barang yang dibutuhkan orang lain. Jadi anda hanya sebagai perantara saja. bisa menggunakan jasa online. Buatlah website anda sehingga anda memiliki bisnis online juga.
  4. Menjadi Seorang Blogger
    Hobi anda mungkin mengutak atik internet dan suka mendesain serta menulis artikel, mungkin anda cocok pada poin ke empat ini. Menjadi seorang blogger tidaklah pekerjaan nista. justru banyak internet marketer yang sukses dimulai dari hal yang sederhana yaitu NGE-Blog. Anda bisa mencari referensi-referensi dari google, maka banyak internet marketer yang berhasil di dunia internet dan kaya raya dari bloggingBlog dan membuat website. Asah terus skil anda dalam NGE-Blog dan kamu bisa menjualnya suatu saat. Karena banyak orang yang membutuhkan jasa anda, apalagi jaman seperti sekarang ini, jaman yang sudah melek Internet. Anda bisa mulai membuat Blog di Blogspot, WordPress dan masih banyak lagi. Boleh dibilang ini bisnis tanpa modal paling tidak anda hanya butuh modal ke warnet. Dari namanya saja ini menyangkut bisnis online, sangat cocok untuk anda.
  5. Jasa Les Privat
    Kalau kamu suka mengajar, kamu bisa memulainya dengan membuat brosur sederhana, lalu kamu sebarkan ditempat-tempat umum. Misalnya kamu suka mengajar Matematika, Fisika, Kimia. Maka buatlah brosur dan sebarkan di sekolah-sekloah. Kalau kamu bisa bermain piano, kamu bisa membuat brosur tentang les piano. Kamu bisa menentukan sendiri tarif kamu. Jangan menentukan tarif yang terlalu tinggi. Tapi mulailah dengan membangun TRUST atau Kepercayaan. orang tua anak tersebut terkesan dengan cara kamu mengajar dan anaknya menjadi lebih baik, tentu kamu akan bisa mulai menegosiasikan harga les berikutnya. tapi ingat…kamu harus membuktikan kualitas kamu terlebih dahulu.
  6. Menjual E-book
    Banyak orang yang berhasil di dunia online hanya dengan menjual E-book. E-book adalah buku elektronik yang dikemas sedemikian, sehingga sangat menarik dan memberikan manfaat yang besar bagi para pembacanya. Kamu bisa menuangkan ide dan kreatifitas mu ke dalam sebuah E-book, lalu kamu jual E-book tersebut dengan harga yang pantas. Untuk membuat E-book, kamu bisa mengikutinya di artikel yang berjudul “3 Langkah Cepat membuat E-book yang Luar Biasa” ini contoh bisnis online yang sedang berkembang pesat dan selalu memiliki pasar yang luas. mulai dari umur 20-an hingga 30-an.
  7. Membuat Website Toko Online
    Untuk kamu yang suka membuat website, tidak ada salahnya kamu mulai menjual jasa sebagai pembuat Website Toko online. Sekarang ini sangat banyak Usaha Kecil dan Menegah (UKM) sedang menggalakkan bisnis online. Bisnis Online sangat sederhana dan mudah dikerjakan. Cukup dengan membuat Website, kita bisa menjual produk kita. Nah…bagi kamu yang bisa membuat Website Toko Online, silahkan kamu promosikan diri kamu bahwa kamu bisa membuat Toko Online. tetapkan harga yang pantas untuk membangun sebuah Website Toko Online. Kamu bisa menjual dengan cara membuat paket-paket Toko online. Misal paket Reguler, Premium atau paket profesional.

Masih banyak lagi bisnis tanpa modal atau modal sedikit. tentunya menggunakan keahlian atau Skill kita. oleh karena itu, jangan pernah putus asa dalam berusaha. “Tidak ada keberhasilan tanpa kita kerjakan dengan sungguh-sungguh”.
Selamat memiliki Usaha…

 

Pasti Bermanfaat.
Josa

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda