Bisnis Travel Bukan Hanya Jualan Tiket Pesawat

Bisnis travel bukan hanya menjual tiket pesawatJaman sudah berubah dan perubahan tersebut sangat cepat. Perubahan yang sangat cepat harus diimbangi dengan perkembangan yang cepat pula tidak terkecuali dengan sistem transportasi terutama di Indonesia. Beberapa tahun lalu kita masih ingat bahwa penduduk Indonesia ini masih banyak menggunakan alat trasnportasi Kereta Api, Bis, Termasuk juga sepeda motor. Saat in pun sebenarnya masih banyak yang menggunakan alat transportasi tersebut. Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman, dan semua orang ingin merasa cepat maka tidak bisa dihindari bahwa orang lebih memilih menggunakan transportasi Udara.

Peluang ini akhirnya diambil sebagian orang yang pintar memanfaatkan peluang. Mereka melakukan kerjasama kepada pihak maskapai penerbangan agar bisa menjadi penjual tiket pesawat mereka. Hal ini tentu disambut baik oleh pihak maskapai penerbangan. Mereka secara mudah tidak perlu melakukan promosi atau biaya marketing yang besar agar tiket pesawatnya terjual. Hanya dalam 3 tahun terakhir banyak bermunculan usaha-usaha travel online yang bisa menjual tiket dengan harga yang sangat bersaing. Mereka hanya kalah dengan pemain besar seperti traveloka, tiket.com dan beberapa pemain besar lainya.

Walau dengan demikain, kita tetap bisa melihat bahwa penjualan tiket yang paling besar bukanlah melalui traveloka atau tiket.com akan tetapi dari agen-agen lainya. Siapakah agen-agen ini??? Mereka adalah yang membuka gerai, Travel pribadi, Travel Online yang khusus menjual tiket secara online dan menggunakan media – media online seperti facebook, google ads, dan masih banyak lagi. Sedemikian besarnya peluang usaha menjual tiket pesawat ini, akhirnya banyak orang yang mengikutinya. Tapi tahukan anda bahwa tidak jarang agen penjual tiket pesawat ini yang tidak jalan? dengan kata lain mereka hanya panas dan semangat diawal saja, kemudian mereka berhenti di tengah jalan. Alasanya sangat sederhana yaitu bahwa komisi yang mereka terima kecil. TENTU SAJA….Jika komisinya besar maka persaingan akan semakin tinggi.

Walau demikian, tidak jarang kita melihat travel penjual tiket pesawat yang mampu bertahan walaupun kelihatanya seperti tidak berkembang. Lho kok bisa?? yah…mereka melakukan strategi yang sangat simple. Yang pertama mereka melakukan pemasaran dari mulut kemulut. Alasanya dalah kepercayaan dan ini sangat besar pengaruhnya. Kemudian mereka juga membuka gerai di tempat mereka tinggal. Misalnya Kontrakan, atau kosan atau mungkin rumah sendiri, tidak peduli dipinggir jalan atau didalam gang sekalipun.

Alasan selanjutnya yaitu mereka menjual semua produk yang ada dalam sistem keagenan tersebut. Seperti yagn sudah saya katakan dibeberapa artikel saya yang lain:

Baca Juga : Cara kaya dari Bisnis Travel

Pilihlah sistem keagenan yang paling lengkap produknya seperti eagletnt.com Mereka adalah mitra yang memiliki sistem keagenan paling lengkap dan sangat mudah digunakan. Selain itu mereka akan memberikan training serta pengarahan cara marketing yang paling baik untuk saat seperti sekarang ini. Salah satu trik marketingnya adalah menggunakan media sosial facebook.

Alasan lain yaitu jual produk baik barang maupun jasa yang masih berkaitan dengan bisnis travel online penjualan tiket pesawat tersebut. Karena ini menyangkut dunia online, maka jual juga jasa pembuatan website, iklan adwords atau facebook ads seperti yang saya lakukan. Anda juga bisa mengkombinasikan untuk menjual pulsa, penjemputan tamu dari bandara, Pembayaran PPOB, Voucher Hotel termasuk Tiket Kereta Api.

Alasan terakhir yang membuat bisnis travel yaitu mereka tidak hanya menjual tiket pesawat dan produk yang sudah saya jelaskan akan tetapi menjual juga produk TOUR. Produk Tour ini memiliki potensi yang sangat besar. Alasan para pebisnis Travel menjual Paket tour ini adalah mereka mendapatkan komisi yang besar dari setiap penumpang. Sebagai data yang pernah saya himpun, untuk paket tour Malaysia 3Hari 2Malam, maka bisa mengantongi komisi hingga 300rb per orang, dan itu paling sedikit. Sementara itu orang yang ingin melakukan tour biasanya bukan hanya seorang tetapi minimal 3 atau 4 orang bahkan lebih. Anda bisa hitung sendiri, berapa keuntungan yang mereka peroleh.

Inilah rahasia yang tidak pernah terungkap kepada penjual-penjual tiket pesawat. Para agen penjual tiket pesawat hanya sibuk memikirkan komisi mereka yang kecil tapi tidak melihat peluang yang lain. Mulailah beralih untuk menjual paket Tour agar keuntungan Travel anda betul-betul maksimal. Memang…..menjual atau meloloskan penjualan paket tour tidaklah mudah sebab uang yang dikeluarkan penumpang tidaklah tergolong kecil. Disutulah kita harus mampu meyakinkan calon penumpang dan tamu tour kita bahwa kita bisa dipercaya dan harga yang kita berikan adalah harga yang paling cocok untuk penumpang tersebut.

Untuk paket-paket tour yang ingin anda jual, bisa melalui agen-agen besar. bekerjasamalah kepada mereka, lalu minta keringanan. Misal sebuah travel besar memberikan paket tour Singapore 3Hari 2Malam sehatga 3.5jt maka mintalah diskon sebagai komisi anda. Anda mungkin bisa negosiasi agar harga yang mereka berikan kepada anda misalnya 3.2jt, jadi anda mendapatkan komisi 3oorb per tamu.

Jika anda tertarik memulai bisnis travel, mulailah dari sekarang sebelum persaingan semakin tak terkendali. Jika anda memulainya tentu pangsa pasar anda akan bisa anda buat mulai dari orang-orang terdekat anda. Apalagi saat ini keinginan orang untuk bepergian keluar negeri atau tour ke luar negeri sangat tinggi.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda