Bisnis Waralaba Terbaik Tahun Ini – Daftar lengkap

bisnis waralaba terbaik

Apa itu bisnis waralaba?

Bisnis waralaba adalah sebuah bisnis yang mengandalkan hak paten dari orang lain. Kalau kita lihat dari pengertiannya saja bahwa waralaba itu adalah hak atau kebebasan. Artinya orang lain bebas menggunakan atau berhak menggunakan setelah ada kerjasama atau pembayaran sejumlah biaya kepada si pembuat produk tersebut. Tapi kita bukan mau memperdebatkan atau membicarakan tentang apa itu pengertian waralaba, tapi kita ingin mengetahui waralaba apa saja yang prospek tahun depan, dan apa hal-hal yang harus kita persiapkan sebelum memulai waralaba.

Waralaba apa yang prospek

Bicara tentang bisnis waralaba, tentu kaitanya dengan prospeknya. Bagaimana prospek sebuah bisnis diwaktu yang akan datang adalah menjadi salah satu faktor penentu agar kita bisa memilih dengan tepat bisnis waralaba yang akan kita buka.

Bagi anda yang memiliki modal atau kapital yang besar, mungkin anda tidak memiliki banyak pertimbangan untuk membuka atau memilih sebuah usaha waralaba. Tapi bagi mereka yang sangat terbatas dananya tentu menjadi pertimbangan yang sangat penting agar tidak salah dalam menempatkan modalnya. Salah menempatkan modal, berarti siap untuk kehilangan uangnya dikemudian hari.

Berikut akan saya buatkan beberapa segmen bisnis waralaba yang bisa dibilang cukup prospek sampai kapanpun :

#1. Bisnis waralaba makanan dan minuman

Bisnis waralaba yang satu ini bisa dibilang pasti tetap prospek. Saya tidak mengatakan merk waralaba tertentu tapi kamu bisa melihat pasarnya sesuai dengan lokasinya. Misal kalau di sekolahan, mungkin kamu bisa membuka bisnis waralaba minuman dan makanan kecil tapi yang tidak mahal. Alasanya sudah jelas bahwa di sekola pasti pangsa pasarnya adalah anak sekolah. Anak sekolah memang memiliki uang jajan, tapi uang jajan mereka biasanya tidak besar.

Beda di sekolah, beda pula di Mall. Jika di Mall, mungkin kamu bisa membuka waralaba yang modalnya agak besar, makananya berkelas, serta waralaba yang terkenal. Tentu hal ini juga dibarengi dengan Modal. Jadi sesuaikan dengan modal kamu juga yah.

#2. Bisnis waralaba laundry

Terlihat sepele yah?? Memang betul sekali bahwa bisnis laundry terlihat sepele. Tapi siapa sangka ternyata banyak orang yang membuka bisnis waralaba laundry bisa berhasil kaya raya? Penyebabnya mereka mampu membidik pasar yang tepat.

Beberapa tempat atau lokasi yang tepat untuk membuka laudry adalah lokasi kampus, lokasi kos-kosan atau kontrakan, serta lokasi karyawan atau para pekerja. Pada prinsipnya mereka tidak mau yang repot, sehingga mereka lebih memilih laundry untuk memcuci segala pakaian mereka daripada merepotkan diri mereka dengan mencuci sendiri pakaian mereka.

#3. Bisnis waralaba pendidikan

Tidak akan ada orang tua yang ingin anaknya bodoh, tinggal kelas dan diejek-ejek karena kebodohanya. Itu artinya orang tua akan berusaha membuat anaknya menjadi pintar. Kalau anaknya di sekolah kurang mampu menangkap pelajaran, maka mereka PASTI akan mencari tempat les. Bisa lembaga bimbingan belajar atau les privat.

Bagi kamu yang memiliki modal cukup, silahkan membuka lembaga bimbingan les. Kamu cari saja waralaba bimbingan belajar yang ternama, kemudian kamu negosiasikan bagaimana sistem pembagianya.

Saya berikan gambaran sedikit, untuk bimbingan les biasanya mereka akan memberikan syarat luas tempatnya dan lokasinya. Jadi, pilihlah tempat yang prospek. Kamu bisa mensurveinya terlebih dahulu.

#4. Bisnis travel

Ini menjadi favorit saya karena bisnis travel tidak akan pernah mati. Manusia tidak akan pernah berhenti untuk bekerja. Itu artinya manusia pada waktunya akan menemukan STRES dalam pekerjaanya. Sederhananya mereka butuh refreshing atau penyegaran kembali, dan itu biasanya dilakukan dengan traveling.

Cara membuka bisnis waralaba travel sangat mudah, kamu cukup menjadi member dari sebuah bisnis travel yang sudah terpercaya, kemudian membayar sejumlah biaya pendaftaran. Biasanya biaya pendaftaranya hanya sekitar 2 juta hingga 5 juta saja, dan menurut saya ini sangat murah.

Saya rasa keempat bisnis waralaba di atas masuk kedalam kategori usaha yang sangat prospek tahun depan. Apakah ada bisnis waralaba yang lainya?? tentu banyak sekali. Tapi saran saya kamu carilah yang benar-benar prospek dan sesuai dengan keahlian kamu.

Apa yang harus dipersiapkan

Untuk memulai bisnis waralaba pasti berbeda dengan memulai bisnis dari awal dan hanya kita yang mengerjakan. Jika waralaba dibantu oleh pewaralabanya (yang membuat usaha) maka kalau usaha sendiri, kita sendiri jugalah yang membuatnya dari awal hingga berhasil. Dan ini membutuhkan modal yang besar serta waktu yang cukup lama.

Jadi apa yang harus dipersiapkan?

Yang jelas kamu harus mempersiapkan mental, tenaga, kerja keras, serta modal, karena bisnis waralaba pasti membutuhkan modal. berapa modalnya? kamu carilah waralaba yang sesuai dengan modal kamu. Jangan terlalu memaksakan diri. Semoga usaha waralaba yang kamu kerjakan berhasil.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda