Budidaya Sebagai Usaha Sampingan

Untuk anda yang bekerja sebagai PNS atau karyawan, mungkin anda memiliki waktu yang sangat terbatas untuk bekerja lagi ditempat lain. Sangat sulit bagi anda untuk menambah penghasilan dikarenakan waktu kerja yang cukup banyak terpakai dalam satu hari. Biasanya bekerja di kantor atau sebagai PNS pasti mulai dari pagi hingga siang menjelang sore atau bahkan sampai sore. Jika anda ingin mencari pekerjaan tambahan, mungkin baru bisa anda lakukan setelah jam 16 atau 17 sore. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa peluang usaha sampingan yang bisa anda pertimbangkan untuk menambah pemasukan anda.

1. BUDIDAYA BUNGA

bisnis bungaBeberapa bunga yang dapat anda budidayakan dan bernilai tinggi adalah bunga Kamboja, Bunga Mawar, bunga kenanga, bunga sedap malam dan masih banyak bunga yang lain yang bernilai tinggi bisa anda kembangkan. Tidak butuh waktu lama dan perawatan yang sulit untuk melakukanya. Anda bisa memulainya sekarang. Bagi anda yang punya hobi menanam bunga, mungkin ini saat yang tepat mewujudkan hobi anda sambil mencari uang tambahan setelah pulang kerja pada sore hari. Waktu yang anda butuhkan hanya sekitar satu hingga dua jam saja untuk merawat bunga-bunga kesayangan, setelah besar dan banyak, jual bunga-bunga tersebut tanpa harus menjual inangnya juga, supaya anda bisa mengembang biakkanya kembali

 2. BUDIDAYA JAMUR

bisnis jamurBagi sebagian orang, mungkin jamu terlihat tidak menarik. Tapi siapa sangka banyak orang di Indoensia ini kaya dari bisnis jamur. Permintaan masyarakat terhadap jamur semakin lama semakin meningkat. Oleh karena itu anda bisa mencobanya disela-sela pekerjaan anda. Perawatanya yang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama tentu menjadi pertimbangan utnuk anda yang super sibuk tapi ingin memiliki usaha budidaya ini. Jamur sayur ini sudah menjadi santapan khas masyarakat Indonesia. Selain untuk sayur jamur ini juga bisa digunakan untuk dibuat menjadi keripik jamur dan produk lainya yang bernilai tinggi sehingga harganya jauh lebih mahal.

3. BUDIDAYA TERNAK BEBEK

bisnis bebekUntuk anda yang suka bebek, dan hobi dengan bebek ada baiknya anda memulai membudidayakan bebek. Sampai saat ini permintaan terhadap daging bebek sangat tinggi. Selain permintaanya yang tinggi ternyata dikarenakan pasokanya juga tidak terlalu banyak. Oleh karena itu peluang usaha budidaya bebek ini sangat berpeluang besar untuk anda. Mungkin perawatanya agak rumit daripada pembudidayaan tanaman, akan tetapi anda masih bisa mengerjakanya setelah anda pulang kerja. Anda cukup hanya memperhatikanya ketika di pagi hari kemudian sorenya anda pantau lagi. Usaha sampingan ini cocok buat penggemar kuliner sejati terutama bebek.

4. BUDIDAYA IKAN LELE

bisnis leleWahh….kalau yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi saudara. Tentu saja….karena kita sering melihatnya di kedai-kedai pinggir jalan. Membudidayakan lele tidak terlalu sulit. Anda bisa melihatnya pada artikel “Cara membudidayakan Lele”. Silahkan dipelajari dengan seksama dan langsung diperaktikkan. Pasti anda akan berhasi. Waktu yang dibutuhkan untuk usaha budidaya lele ini sangat singkat, dan peraperawatanya tidak sulit. Sudah banyak orang yang sukses dari bisnis ikan lele ini, bagaimana tidak…permintaanya sangat tinggi terutama dikota-kota besar seperti jakarta, surabaya, medan dan banyak kota lainya. Semoga anda berhasil

5. BUDIDAYA KROTO

semut krotoBeberapa dari anda mungkin tidak tahu apa itu kroto. Kroto adalah sejenis semut rangrang yang hidupnya berkoloni dan memiliki sifat galak, atau suka menyerang. Tujuanya adalah untuk ditaruh/diletakkan pada pohon-pohon yang butuh penjagaan. Dengan adanya semut Kroto ini, tanaman yang kita rawat akan terjaga. Misal anda punya pohon rambutan, agar rambutan anda tidak dicuri orang, anda bisa meletakkan semut-semut rangrang ini di pohon rambutan tersebut. Peluang usaha sampingan budidaya semut KROTO ini sangat mudah dilakukan. Anda tinggal cari di google, kemudian anda terapkan. Lumayan untuk pemasukan tambahan setelah pulang kerja.

Itulah beberapa jenis usaha sampingan yang bisa anda lakukan untuk menambah penghasilan setelah anda pulang kerja di sore hari.

Pasti Bermanfaat, Salam Dahsyat dan sukses

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda