Cara Ampuh Browsing Privasi dengan VPN

Cara Ampuh Browsing Privasi dengan VPN

Cara Ampuh Browsing Privasi dengan VPN

Sudah sewajarnya saat ini banyak orang mulai mengerti kebutuhan menjelajah dunia maya dengan lebih aman dan tetap anonimous. Kebutuhan ini bisa terjawab dengan adanya Virtual Private Network (VPN).

Apa itu VPN ?

Ada beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan teknologi ini. VPN akan mencegah orang untuk mengintai Anda saat menggunakan internet, dan ini juga tepat digunakan saat Anda berada dalam perjalanan, dan menggunakan koneksi internet di ruang publik. Walaupun bisa juga saat Anda menggunakan internet di rumah atau kantor.

Dengan teknologi VPN, Anda akan terlihat atau terdeteksi berada di negara lain. Sehingga dimungkinkan membuka blokir yang biasanya dilakukan pihak berwenang di suatu lokasi. Di luar sana ada begitu banyak VPN tersedia, dan sebagian besarnya perlu mendaftar terlebih dahulu. Walaupun tidak sedikit pula tersedia tanpa bayar.

Dibawah ini Anda akan mendapatkan ilustrasi pemasangan dan pengaturan VPN dengan menggunakan NordVPN. Dan langkah langkah tersebut dapat diimplementasikan ke banyak layanan VPN lainnya walau dengan sedikit berbedaan.

Baca Juga: Aplikasi Kemanan Ampuh untuk Android 

Bagaimana menggunakan VPN?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membelinya dan download aplikasinya kemudian jalankan.Setelah aplikasi berjalan, pilih koneksi server yang dituju, disana Anda akan melihat daftar negara dimana server VPN berada.

Lokasi server yang Anda pilih nantinya akan menjadi lokasi virtual dari lokasi Anda di internet karena setiap koneksi yang Anda buat di dunia maya terdeteksi berasal dari lokasi tersebut, bukan lokasi nyata Anda berada. Semisal saja, Anda ingin terhubung dengan Netflix Amerika, maka Anda perlu memilih server yang berbasis di Amerika juga.

Setelah memutuskan lokasi server yang Anda pilih, Nord VPN memiliki tombol besar yang bisa menghubungkan Anda dengan server VPN tersebut.  Dan jika sudah terhubung, Anda dapat langsung menguji koneksi tersebut menggunakan halaman http://browserspy.dk/geolocation.php. untuk mengetahui dimana lokasi dari alamat IP yang Anda gunakan saat itu. Dan seharusnya merupakan lokasi yang sama dengan lokasi server VPN yang Anda pilih tadi.

VPN Gratis terbaik

Berguna dan gratis, bisa jadi merupakan pilihan terbaik bagi Anda, melalui artikel ini Anda akan sedikit banyak mengetahui pilihan VPN gratis, walaupun bisa dipastikan ada kekurangan di sana. Beri kesempatan diri Anda untuk mengetahui lebih tentang beberapa pilihan tersebut dan apakah benar cocok dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa layanan VPN gratis yang bisa jadi pilihan Anda :

1# CyberGhost

Menurut pihak CyberGhost, layanan gratis ini sebenarnya muncul berkat adanya subisidi silang pada produk premium yang lain. CyberGhost memiliki server di Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa hingga Rusia dan Ukraina.

Layanan gratis tersedia hingga 14 negara sedangkan paket berbayar tersedia hingga 24 negara. Pihak CyberGhost memastikan tidak ada batasan bandwidth untuk pengguna gratis.

Kekurangan pada VPN gratis ini salah satunya ada pada batasan waktu terhubung ke server VPN yang maksimal 3 jam saja, walaupun setelah itu Anda dapat langsung kembali login

 2# Private Tunnel

Memang beda dengan penyedia layanan VPN lainnya, Private Tunnel memiliki pendekatan yang berbeda. Layanan tak berbayar di sini menyediakan akses dengan batasan data hanya 100MB untuk pertama kali pemakaian, setelahnya akan diberi penawaaran paket berbayar untuk kapasitas data 50GB, 100GB dan 500GB tanpa batasan perangkat yang digunakan dan batasan waktu.

3# Tunnel Bear

Perbedaan pengguna gratis dan berbayar terletak pada alokasi data yang diberikan. Layanan gratis hanya memberikan 500MB per bulannya, walaupun Anda dapat meminta tambahan via Twitter hingga 1GB. Sedangkan untuk pengguna berbayar mendapat data tak terbatas.

4# Spotflux Lite

Selain memberikan aplikasi VPN Client berbasis PC, Spotflux juga tersedia sebagai Add-On untuk Google Chrome. Server VPN hanya tersedia di negara Amerika Serikat saja.

5# Hotspot Shield

Bisa dibilang merupakan salah satu merek VPN paling populer saat ini. Menurut pihak Hotspot Shield, layanan gratis ini tersedia karena pembiayaan dari iklan yang ada di dalam paket ini. Banyak pengguna gratis mengaku begitu terganggu akan iklan yang ditayangkan saat daring melalui penjelajah web. Tidak hanya itu, penggunaan server VPN juga terbatas di negara Amerika Serikat saja. Walaupun begitu, kapasitas koneksi data tidak ada batasan menjadi nilai lebih untuk memilih paket layanan gratis ini.

Disaat semua terhubung dengan internet, dan terkesan begitu terbuka, di sini VPN dapat membantu melindungi identitas daring anda dan menjaga anda aman dari “mata pemangsa” di luar sana. Selamat ber-VPN !

About The Author

Reply

Pesan Anda