Cara Ampuh Pasang Situs Web ke Halaman Pertama Google

Cara Ampuh Pasang Situs Web ke Halaman Pertama Google

Cara Ampuh Pasang Situs Web ke Halaman Pertama Google

Adalah harapan bagi setiap orang untuk melihat situs webnya ada di urutan teratas setiap kali calon pelanggannya melakukan pencarian terhadap suatu produk atau layanan di mesin pencari. Seandainya ada rumus yang bisa memahami proses itu, pastilah tidak sedikit yang berminat menguasai rumus tersebut.

Melalui artikel ini Anda memang tidak akan mendapat rumus sakti tapi berupa runtutan tindakan ampuh yang dapat memberikan peluang terbaik bagi situs web Anda untuk berada di ranking atas dalam pencarian google.

Jadi sebelum Anda mempublikasi konten web, akan lebih baik periksa kembali konten tersebut agar dapat melalui 9 tindakan berikut ini :

1# Ambil Satu Kata Kunci Dan Fokus

Langkah pertama, ambil katakunci atau frase yang Anda inginkan yang bisa membuat posting Anda muncul dalam hasil pencarian mesin pencari. Cari tahu dengan frase atau katakunci apa orang akan mencari konten, produk atau layanan Anda.

Jalan termudah untuk melakukan hal tersebut adalah menggunakan Google Keyword Planner, alat gratis yang akan memperlihatkan kepada Anda perkiraan hasil untuk setiap frase atau katakunci yang Anda miliki.

Baca Juga: Trik Riset Key Word untuk Blogger Pemula

Dengan menggunakan Google Keyword Planner Anda akan mengetahui suatu frase atau katakunci tertentu mendapatkan jumlah pencarian seberapa besar, tapi walaupun Anda mengetahui statistika tersebut, itu belum lah cukup untuk memulai suatu tulisan tentang topik tersebut. Perlu analisa dan penelitian lebih lanjut.

2# Menakar Tingkat Kompetisi

Setelah mendapat kandidat katakunci atau frase tadi, Anda kemudian perlu memulai menyelidiki lebih dan melakukan penggabungan.

Coba gunakan browser Anda, dan mulailah menjelajah dalam mode “private browsing” (“incognito” pada Chrome, “Private” pada Safari, “InPrivate” pada Internet Explorer) menuju google.com. Masukkan katakunci yang Anda buat. Lakukan pencarian. Private Browsing ini dilakukan agar Google.com kali ini tidak perlu menggunakan/mengetahui riwayat pencarian Anda sebelumnya, sehingga hasil pencarian tidak terpengaruh.

Kemudian perhatikan semua hasil pencarian pada halaman pertama Google tersebut. Acuhkan setiap hasil pencarian di bagian atas yang merupakan iklan. Tentukan 10 hasil atau lebih teratas sebagaai saingan Anda. perhatikan apa kekurangan mereka. Pastikan Anda bisa lebih baik.

3# Tulis Konten Terbaik

Nah, Anda sudah mengetahui setidaknya tampilan dan bentuk saingan Anda bukan? Inilah waktunya Anda mulai membuat konten yang mengejutkan, biarkan orang mengaguminya. Mungkin inilah bagian yang terberat, tapi inilah bagian yang terpenting, walaupun tidak mustahil untuk dilakukan.

Tidak masalah jika Anda membuat posting blog, halaman toko ecommerse atau halaman penjualan. Halaman itu harus lebih baik dari yang lain, atau jika tidak, baik Google atau pengunjung tak akan memberikan perhatian.

4# Taruh Kata Kunci Pada Judul Halaman

Memang untuk satu ini Anda tak perlu banyak berpikir untuk melakukannya. Tapi merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan.

Selain itu pastikan juga bahwa judul harus cukup menarik perhatian pengunjung, yang membuat orang ingin meng-klik walaupun hanya membaca judulnya saja. Misal ada blog yang ingin membuat konten tentang cara mendapatkan uang tambahan. Dari pada hanya menggunakan judul “Membuat uang tambahan”, bandingkan dengan judul “40 cara mendapatkan uang tambahan”. Sudah cukup membuat Anda ingin membaca lebih bukan ?

5# Letakkan Kata Kunci pada Pembukaan Konten

Anda dapat menata tampilan muka semua halaman web Anda dengan menggunakan judul berukurn besar, dengan beberapa sub-judul  di sepanjang halaman.

Penataan tersebut tidak hanya akan membantu orang dalam membaca cepat artikel Anda, tapi juga membantu Anda dalam menunjukkan kepada Google, tentang apa sebenarnya konten Anda tersebut. Oleh sebab itu, pastikan Anda gunakan frase katakunci yang sama persis setidaknya satu kali untuk setiap sub header.

6# Letakkan Katakunci Pada Nama Dan Alt-Tag Gambar

Pastikan posting blog Anda menggunakan gambar, dan Anda dapat menggunaannya untuk menunjukkan pula kepada Google mengenai topik konten Anda. Ada dua cara untuk melakukannya :

  1. Nama gambar
  2. Alt Tag gambar

Ubahlah nama gambar sebelum Anda unggah berkas gambar. Jangan menggunakan kode atau angka, akan jauh lebih baik jika Anda menyertakan juga katakunci di dalamnya.

Sedangkan untuk Alt-Tag, memang dibuat setelah Anda mengunggah berkas gamber tersebut ke situs web Anda. karena Alt Tag merupakan text yang akan ditunjukkan oleh Web browser jika berkas tidak dapat di tampilkan karena suatu sebab.

7# Gunakan Kata Kunci pada URL

Dengan URL ini, Google juga bisa mengetahui isi tentang apa konten Anda. Usahakan gunakan frase atau katakunci untuk medeskripsikan URL halaman situs web Anda, dibanding kode angka atau kombinasi huruf yang tidak bermakna.

8# Sisipkan Link Internal

Untuk meratakan perhatian kepada konten konten yang ada dalam situs web Anda, ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk Anda. Saran ini penting untuk meningkatkan publikasi konten Anda.  Cukup mudah melakukannya, untuk konten jagoan Anda, beri saja tambahan link ke internal konten yang lain. Begitu juga untuk konten lama Anda, Anda perlu kembali buka halaman situs lama Anda, kemudian sisipkan saja link ke konten terbaru.

9# Mendapatkan Link Eksternal

Link eksternal merupakan link dari situs web luar. Google akan memberikan bobot yang tinggi terhadap suaatu halaman yang mendapat link dari situs luara. Google menjadi leih cenderung mempercayai suatu situs yang telah mendapat link dari luar.

9 langkah tersebut di atas mungkin bukanlah semua hal yang patut diketahui oleh Anda, tapi dengan 9 tersebut, Anda akan berada jauh dari persaingan dan setidaknya Anda akan melihat lalulintas pengunjung akan bertambah secara signifikan.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda