Cara Belajar Efektif Inilah Yang PALING Dicari Orang Dari Dulu

cara belajar efektif paling dicari

Bicara tentang belajar, sepertinya ini identik dengan anak sekolah. Yah paling tidak dengan anak kuliahan lah. Padahal sebenarnya tidak demikian. Belajar adalah sebuah kata yang berlaku untuk siapapun dan sampai kapanpun selama dia hidup. Jika orang tersebut berhenti belajar, maka sebenarnya dia telah “membunuh” potensi yang dimilikinya secara tidak sadar. Kali ini kita mau belajar secara lengkap tentang Cara Belajar Efektif yang bisa diterapkan kepada semua orang.

Sekarang begini, kalau kita ngomong-ngomong tentang belajar, maka biasanya itu tercermin dari keberhasilanyal. Dan kecenderungan kita akan meniru orang yang BERHASIL. Darimana??? yah dari cara dia belajar. Karena dari belajar tersebut, orang yagn berhasil itu jadi bisa, dan karena dia bisa… maka dia berhasil. Lalu yang menjadi PERATANYAAN banyak orang adalah “Cara Belajar Efektif” nya seperti apa??

Pentingkah Cara Belajar Efektif ?

Bicara tentang Cara Belajar Efektif, maka kita harus tahu dulu, apa itu belajar efektif. Belajar yang efektif harus kita ketahui dari definisinya terlebih dahulu.

Efektif adalah : melakukan sesuatu dengan benar dan cara yang tepat. Dari pengertian itu kita bisa mengetahui dengan jelas, bahwa cara belajar yang efektif adalah cara belajar yang benar dan caranya tepat.

NAAAAHHH….. 🙂 pertanyaan BESAR nya itu begini Frends,

Cara yang benar dan tepat itu seperti apa??

Inilah yang harus kita bahas. Mengapa??? Karena sampai saat ini saya mencari dari Internet, baik Ensiklopedia, Google, Wikipedia dan lain-lain, biasanya dituliskan banyak poin-poin tentang bagaimana Cara Belajar Efektif agar bisa pintar. Malahan ada yang membuat cara belajar yang paling efektif membuat pintar dengan cepat. KKadang hal ini menggelitik di hati saya… Alasanya sederhana kok… Saya sudah mengalami yang namanya Tidak bisa, lalu belajar dan akhirnya bisa. Ternyata TIDAK ADA YANG CEPAT!!! Sangat disayangkan kalau ada yang mengatakan cara belajar efektif membuat cepat pintar. Itu tidak benar.

Lalu yang benar bagaimana bang???

Sebenarnya tidak ada cara yang paling benar dalam belajar. Dan itu bisa ditunjukkan dari keunikan setiap orang. Manusia di muka bumi ini tidak ada yang sama, dan semuanya unik. Artinya cara belajarnya juga bisa dipastikan Unik. Kalau ada yang mengatakan “Cara Belajar Efektif itu seperti ini, atau seperti itu, atau begini dan begitu”, saya bisa memastikan, itu hanya berlaku kepada orang tersebut. Belum tentu berlaku kepada orang lain, dan kebanyakan memang tidak berlaku.

Yang paling penting dalam cara belajar adalah bagaimana kita memahami sesuatu tersebut dengan maksimal. Kalau misalnya teman-teman memiliki 3 cara dalam memahami sesuatu, maka orang lain mungkin hanya 2 cara saja, atau mungkin 10 cara. Beberapa contoh Cara Belajar Efektif yang dianggap mampu diterapkan kepada banyak orang :

1. Membuat catatan atau rangkuman

2. Menandai bagian penting (Gunakan warna berbeda)

3. Pemetaan pikiran (buat peta konsep)

4. Kuis (latihan berbasis waktu)

5. Latihan (melatih biasa)

6. Menggambarkan (biasanya dilakukan untuk mengingat dasar teori)

7. Sparring partner (beradu kepintaran/mengasah)

8. Praktik (untuk pelajaran yang butuh praktik seperti Fisika dan Kimia)

9. Tentukan waktu belajar dan disiplin

10. Sambil mendengarkan alunan musik ringan

11. Sambil ada makanan/cemilan (Gua bangeeetttt)

12. Baca dengan teliti (tidak perlu terburu-buru)

Dan masih banyak lagi, yang intinya tidak ada yang bisa membuat cara belajar efektif dan bisa diterapkan secara sempurna. Ingat…. manusia itu unik dan dinamis.

Saran yang paling penting buat teman-teman adalah JANGAN coba sekali-sekali menghafal. Karena menghafal akan membuat otak mu seperti kepenuhan. Hal itu mirip seperti kamu minum air yang banyak. Bukan kenyang tapi malah Kembung. Jadi kamu harus mampu MEMAHAMI dengan baik, apa yang kamu pelajari. Dengan pemahaman yang tepat, maka setiap ada masalah ataupun soal-soal akan bisa kamu selesaikan dengan benar.

Ada hal yang sangat menarik dan ini bisa kamu terapkan pada semua orang. Hanya menggunakan satu kata saja yaitu “Suka”. Sama seperti kamu bermain Facebook, ketika kamu sudah melihat dan membaca sesuatu yang kamu sukai, maka kamu akan dengan mudah mengklik tombol JEMPOL yang ada di kolom komentar Facebook. Artinya penting sekali kamu menyukai apa yang sedang kamu pelajari. Sukses untuk cara belajar yang baik dan efektif yah, semoga teman-teman semakin pintar.

Cara belajar efektif adalah cara belajar yang dapat kita sesuaikan dengan kondisi ternyaman kita, sehingga memudahkan kita dalam belajar dan memahami apa yang kita pelajari. Apakah motodanya seperti ini atau seperti itu??? Itu hanya sebuah metoda. Yang paling esensi dari sebuah pembelajaran yang efektif adalah memahami yang kita pelajari.

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda