Cara Cerdas Buat Email Newsletter untuk Ecommerse

Cara Cerdas Buat Email Newsletter Untuk Ecommerse

Cara Cerdas Buat Email Newsletter Untuk Ecommerse

Sebagai wirausaha eCommerse tentunya penting untuk mengoptimalkan daya dobrak marketing bisnis produk mereka. Dengan kampanye marketing sudah terbukti mampu mendorong pertumbuhan bisnis dan membantu anda mengarahkan publik potensial pelanggan ke toko elektronik anda.

Ada satu strategi pemasaran handal yang sering tidak dilakukan oleh wirausaha eCommerse untuk melakukan kampanye marketing tersebut, salah satu  bentuk kampanye yang biasa dikenal dengan sebutan email newsletter.

Jika anda membuat email newsletter anda akan dengan mudah berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan anda, dan tentu saja pelanggan potensial juga. Anda dapat memberikan mereka informasi tentang update produk terbaru anda, pemberitahuan tentang sale terbaru, atau bahkan memberikan informasi tentang pengembangan baru situs web anda. Ini merupakan teknik terbaik yang murah, jadi bagi wirausaha eCommerse yang masih berbudget ketat, cara ini bisa menjadi keuntungan yang tak terelakkan.

Posting ini diharapkan dapat memberikan anda informasi penting yang diperlukan untuk memulai memanfaatkan teknik marketing seperti email newsletter.

1# Apa Itu Email Newsletter ?

Email newsletter merupakan teknik marketing yang ampuh dan dapat digunakan untuk fungsi yang berbeda beda. Teknik ini membuka kesempatan anda untuk berkomunikasi dengan penguna secara langsung, yang nantinya akan membantu anda menjalin hubungan yang kuat dengan publik yang berinteraksi dengn bisnis eCommerse anda.

Kesuksesan email newsletter ini sebenarnya erat kaitannya dengan proses memberikan sesuatu yang cukup berharga kepada pelanggan. Jadi akan menjadi begitu penting saat anda memilih dan menyeleksi informasi yang akan dimasukkan pada email newsletter tersebut. Dan jika anda memberikan sesuatu yang relevan, tepat waktu dan penuh informasi penting maka dipastikan orang akan melihat suatu yang berharga di dalamnya dan membuka lebar kesempatan untuk menerima setiap pesan yang anda kirimkan.

2# Manfaat Email Newsletter

eCommerse merupakan medan bisnis yang begitu kompetitif dan anda perlu gunakan daya sekuatnya untuk menjadi dan selalu berada di atas saingan anda. jika saingan anda sudah memanfaatkan email newsletter dan anda tidak, maka anda sudah menyianyiakan kesempatan besar bisnis eCommerse anda untuk lebih bertumbuh kuat.

Sebagai salah satu teknik marketing yang relatif lebih murah dibanding jalur marketing yang lain, seperti menggunakan iklan PPC misalnya. Jika anda belum begitu menginginkan kampanye denan PPC dalam waktu dekat, maka email newsletter merupakan pilihan terbaik untuk langkah cerdas marketing anda.

Satu satunya yang menjadi modal untuk membuat dan menjalankan email newsletter adalah waktu. Jika anda membutuhkan gambar, anda tinggal mencarinya di situs web image stock dan untuk email newletter sendiri anda dapat menggunakan berbagai alat email newsletter gratisan di luar sana.

3# Signing Sebuah Newsletter

Sebelum mulai membuat email newsletter, anda perlu membuat daftar kontak email pelanggan atau calon pelanggan anda terlebih dahulu. Dan penting juga anda membuat email newsletter yang menarik bagi pelanggan anda sehingga mereka memahami keuntungan yang akan didapatkan jika mendaftar email newsletter anda.

Berikut ada beberapa pilihan keuntungan yang bisa mempermudah pengunjung berlangganan email newsletter anda :

  • Berikan kode diskon
  • Berikan penjelasan awal tentang email newsletter
  • Tambahkan Checkbox email newsletter saat setelah transaksi

4# Tool Terbaik Untuk Email Newsletter

Jika saat ini adalah pertama kalinya membuat email newsletter untuk bisnis ecommerse anda, maka penting hukumnya untuk benar benar memilih alat mana yang terbaik bagi anda. beruntung sekali bagi anda karena saat ini sudah begitu banyak alat email newsletter yang tersedia tanpa berbayar. Berikut beberapa alat tersebut :

  • MailChimp
  • MailRelay
  • FreshMail

5# Merancang Isi Dan Tampilan Email Newsletter

Ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan saat merancang email newsletter anda. Sebenarnya pesan dan tampilan bisa berbeda beda disesuaikan berdasarkan tipe dari email newsletter tersebut. Berikut ulasan singkat apa yang menjadi pertimbangan saat anda anda membuat beberapa tipe email newletter :

  • Sales

Email newsletter harus memberikan beberapa gambar terbaik dari produk produk yang populer dari barisan produk yang anda punya dan berikan juga sentuhan batas waktu penjualan untuk menimbulkan kesan agar transaksi dapat segera dilakukan penerima email newsletter.

  • Produk baru

Titik fokus anda tetap mengarah pada bagaimana memberikan gambar atau foto terbaik dari produk baru tersebut. Pastikan konten tetap singkat dan sederhana, dan biarkan produk baru anda yang bicara.

6# Mulailah Sekarang

Selamat ! anda sudah jauh lebih siap sekarang untuk mulai membuat email newsletter untuk bisnis eCommerse anda.

Tak perlu tergesa gesa, beri waktu untuk mencoba coba setiap tipe newsletter yang dibuat dan pahami dari sejak awal bagaimana email newsletter tersebut bisa berdampak pada eCommerse anda. Seandainya ada email newsletter yang tidak begitu berpengaruh, segera lakukan evaluasi, apa yang menjadi kendala, apakah desain tampilannya atau tipe produknya atau apapun yang lain, yang pasti harus anda ubah agar email newsletter dapat lebih efektif dan berpengaruh.

About The Author

Reply

Pesan Anda