Cara Memasarkan Produk Secara Online dan Offline

Cara Memasarkan Produk Secara Online dan Offline

ilustrasi Memasarkan Produk Secara Online dan Offline

Pemasaran adalah mata rantai terpenting dalam sebuah #bisnis. Bisa kita katakan bahwa pemasaran adalah nyawa dari sebuah bisnis. Tanpa pemasaran, produk yang telah kita rancang dan kita buat tidak akan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Strategi pemasaran yang tepat dan jitu sangat diperlukan agar produk yang kita hasilkan tersebut diterima dan dibeli oleh masyarakat. Dan dunia pemasaran adalah salah satu yang paling dinamis dalam sebuah bisnis. Hal ini akan sangat terasa jika dikaitkan dengan keadaan sekarang.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sedikit banyak mengubah pola strategi pemasaran. Sebelum terciptanya internet, strategi pemasaran dilakukan secara manual dan terbatas. Pemasaran dengan model konvensional seperti itu, saat ini disebut dengan pemasaran offline.

Namun ketika internet sudah lazim digunakan dan dimanfaatkan, pola strategi pemasaran menjadi masif dan besar. Modal pemasaran disebut dengan pemasaran #online.

Ya, saat ini ada dua cara memasarkan produk yang banyak digunakan perusahaan yaitu pemasaran offline dan pemasaran online.

Beberapa perusahaan menggunakan salah satunya dalam rangka memasarkan produknya, sebagian lagi menggunakan keduanya.

Yang kemudian menjadi pertanyaan, dari kedua strategi tersebut manakah yang lebih baik dan efektif untuk dilakukan dalam hal agar produk kita dapat diterima dan dibeli oleh masyarakat.

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memasarkan produk secara online dan offline agar Anda dapat menentukan cara memasarkan produk seperti apa yang akan Anda ambil, berikut penjelasannya:

online

Secara Online

Memasarkan Produk Lewat Situs Sosial Media

Indonesia merupakan salah satu penggila jejaring sosial. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan produk-produk Anda melalui situs media atau jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Linkedin dan lain-lain.

Facebook saat ini menjadi raksasa jejaring sosial dengan jumlah pengguna paling banyak. Salah satu cara termudah bersosialisasi produk melalui Facebook yakni dengan membuat Fanspage. Buatlah Fanspage di Facebook, kemudian sosialisasikan produk Anda di Fanspage tersebut.

Apabila produk Anda dinilai menarik, maka penyuka Fanspage Anda akan terus bertambah, dan dari sini produk Anda akan dikenal oleh banyak orang.

Baca : Contoh Bisnis Online Untuk Siswa SMP dan SMA

Memasarkan Produk Lewat Forum

Sosialisasi produk lewat forum dapat Anda jadikan sebagai salah satu alternatif. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasarkan produk Anda di forum. Yang perlu Anda lakukan hanya menjadi anggota forum, kemudian membuat thread.

Beberapa forum terpopuler lokal diantaranya ads.id, forum detik.com, dan kaskus.co.id. Ketiga forum tersebut memungkinkan Anda untuk memasarkan produk Anda tanpa harus memikirkan biaya.

Memasarkan Produk Lewat Blog

Memasarkan produk lewat media blog merupakan salah satu cara terbaik yang dapat Anda tempuh. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya, pilihlah platform blog gratisan, seperti blogger.com atau wordpress.com. Anda bebas bersuara menggunakan kedua platform tersebut.

Untuk memasarkan produk tersebut kepada banyak orang, index peringkat blog Anda harus bagus, karena target pengunjung adalah organic visitor.

Memasarkan Produk Melalui Situs Jual Beli

Cara gratisan lainnya untuk memasarkan produk Anda secara online adalah dengan menggunakan situs jual-beli. Memasarkan produk lewat situs jual-beli merupakan strategi promosi yang sangat mudah, cepat, dan tanpa biaya.

Ada beberapa situs jual-beli yang populer di Indonesia saat ini seperti berniaga.com, olx.co.id, bukalapak dan lain-lain. Pasarkan produk Anda dengan mengikuti syarat dan ketentuan masing-masing agar keanggotaan Anda tidak bermasalah, pilih opsi iklan regular atau premium sesuai perhitungan yang Anda buat.

Memasarkan Produk dengan Membuat Toko Online

Cara ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan, namun bagi Anda yang berniat membuat toko online tidak ada salahnya juga untuk Anda coba. Anda bisa membuat toko online berskala kecil yang tidak membutuhkan banyak biaya.

offline-marketing

Secara Offline

Memasarkan Produk dengan Penentuan Pasar dan Perencanaan Produk

Hal pertama tentu saja Anda harus menentukan pasar mana yang akan kita layani, dan langkah selanjutnya adalah menentukan atau merencanakan produk apa saja disekitar Anda yang dibutuhkan oleh pasar.

Sebagai contoh jika Anda menargetkan pasar di tingkat desa, dan target Anda mayoritas adalah ibu-ibu, maka Anda bisa mencoba memasarkan produk peralatan masak atau bisa juga kosmetik.

Baca : Peluang Usaha Wisata Pantai Menguntungkan Saat Ini

Memasarkan Produk dengan Penentuan Lokasi dan Waktu

Tidak hanya lokasi yang harus diperhitungkan, tapi juga waktu Anda dalam membuka usaha tersebut juga harus diperhatikan, misal Anda menjual peralatan sekolah, maka usahakan Anda membuka toko tersebut sampai malam, karena biasanya saat-saat itulah siswa berburu perlengkapan sekolah seperti penggaris, balpoin, dan lain sebagainya.

Memasarkan Produk dengan Brosur dan Stiker

Salah satu cara memasarkan produk secara offline adalah dengan membuat brosur dan menyebarkan pada orang-orang yang potensial menjadi konsumen setia Anda. Sertakan gambar yang menarik dilengkapi kontak untuk menghubungi jika ingin memesan dalam brosur Anda. Selain itu, trik lain agar selebaran Anda tidak begitu saja dibuang adalah dengan mencantumkan isi yang bermanfaat didalamnya.

Yang kedua adalah mencetak stiker adalah hal mudah tetapi yang menjadi pekerjaan rumah berikutnya adalah menemukan tempat yang bisa terlihat oleh banyak orang.

Keuntungan dari kedua Cara Memasarkan Produk Secara Online dan Offline adalah tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk memasarkan suatu produk yang ingin dipasarkan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

 

Related Posts

About The Author

3 Comments

Add Comment

Pesan Anda