Cara Membuat Bisnis Plan Yang TERPERCAYA Untuk Investor

cara membuat bisnis plan terbaik

Hai Frends, ketemu lagi dengan saya Jos dari www.marketingjoss.com dimana kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara membuat bisnis plan agar teman-teman yang mulai membuat usaha bisa membuat usahanya dengan baik melalui pembuatan rencana bisnis atau yang sering kita sebut Business Plan.

Business Plan memang sangat diperlukan untuk memulai sebuah usaha. Tujuanya sederhana saja yaitu agar terlihat secara nyata Blue Print dari usah yang ingin kita buat. Blue Print maksudnya gambaran secara menyeluruh daru usaha itu sendiri. Nah, apakah itu penting? Tentu saja sangat penting.

Membuat Business Plan juga termasuk di dalamnya ada tujuan dan membuat proposal bisnis. Proposal bisnis erat juga kaitanya dengan investor. Maksudnya yaitu dengan membuat sebuah proposal usaha bisnis, maka jika usaha tersebut memiliki peluang dan prospek bagus, maka investor akan dengan mudah tertarik dan meng-Investasikan uangnya untuk usaha tersebut.

Bagaimana cara membuat bisnis plan ?

Kalau kita lihat ada banyak sekali poin penting dalam membuat sebuah bisnis plan. Oleh karena itu saya akan menjelaskanya sebagai berikut:

  1. Identifikasi apa yang dibutuhkan orang
  2. Siapkan contoh produk
  3. Cari posisi strategis (Tempat)
  4. Tentukan modal awal
  5. Buat proposal

Secara garis besar saya membuatnya menjadi 5 bagian. Dimana bagian ini memiliki banyak penjelasan, tapi saya akan menjelaskanya secara singat dan rinci.

1. Identifikasi apa yang dibutuhkan orang

Kita tidak memungkiri bahwa bisnis yang berhasil pasti erat kaitanya dengan produk yang terjual dengan jumlah banyak. oleh karena itu SANGAT PENTING bagi kita mengetahui apa yang dibutuhkan orang. Jika kita hanya berkutat dengan apa yang kita mau, maka yang terjadi kita tidak bisa bersaing dengan orang lain.

Pastikan bahwa produk yang akan kamu hasilkan bukanlah produk IDEALISME, artinya peroduk yang kamu hasilkan adalah produk maunya kamu. Tapi carilah produk yang DISUKAI orang.

Bagaimana caranya?? kamu bisa melakukan survey baik secara online maupun offline, atau bisa juga langsung turun ke lapangan dan melakukan observasi.

2. Siapkan Contoh produk

Supaya produk kamu mudah dikenali orang, ada baiknya teman-teman langsung membuat sebuah contoh produk. Dengan demikian, maka produk mu akan mudah dikenali orang.

Contoh produk biasanya bisa berbentuk lebih kecil atau sederhana tapi kualitasnya adalah TETAP kualitas yang kita mau. Jadi kualitas tidak berkurang.

3. Cari Posisi Strategis

Setelah kamu mendapatkan apa yang diinginkan orang dan juga menyiapkan contoh produknya, biasanya kamu sudah bisa memahami bagaimana prospeknya ke depan. Setelah itulah kamu bisa menyiapkan posisi atau letak tempat usaha kamu.

Pastikan bahwa posisi yang kamu cari benar-benar strategis dan banyak dilewati orang atau dikunjungi orang. Perhatikan juga produk apa yang kamu jual tersebut. Artinya sesuaikan tempat dengan produk.

Maksudnya seperti ini, Tidak mungkin kamu menjual bahan bangunan di tempat penjualan alat elektronik sekalipun tempatnya strategis. Benar Tidak??? hehehehe….. 😀

Oleh karena itu, BIJAKLAH dalam melihat dan memilih tempat usaha. Ini salah satu yang poin penting dalam cara membuat bisnis plan yang baik

4. Tentukan Modal Awal

Ini juga bagian terpenting dari cara membuat bisnis plan. Mengapa begitu penting? Yah tentu saja, kita memang bisa membuat bisnis tanpa modal, tapi jika kita memiliki modal, akan lebih mudah kita melakukan eksekusi terhadap rencana-rencana kita bukan??

Poin ke empat ini erat kaitanya dengan poin ke 5, dimana modal bisa jadi tidak dari kita 100%. Boleh juga dari investor yang melihat bisnis plan kita. Bisa saja orang atau investor yang melihat proposal yang kamu buat langsung tertarik dengan usaha yang kamu rancang. Dengan demikian kamu tidak perlu mengeluarkan modal 100% terhadap usaha yang kamu buat tersebut

5. Buat proposal

Nah bagian ke lima inilah yang saya katakan terkait dengan poin ke empat. Tapi selain itu, sebenarnya banyak hal yang terkandung di dalam proposal ini. Beberapa bagian pentingnya adalah mulai dari Visi dan misi, kemudian juga analisa, termasuk bagian keuangan, strategi pemasaran, bagaimana struktur perusahaanya dan masih banyak lagi.

Baca : Contoh proposal usaha yang sangat lengkap

Contoh proposal usaha travel terbaik

Kesimpulan

cara membuat bisnis plan di atas bisa kamu lakukan agar usaha kamu dapat berjalan dengan baik. Salah satu kunci utamanya adalah bagian nomor satu yaitu Identifikasi apa yang dibutuhkan orang dan poin ke lima yaitu membuat proposal usaha. Dengan demikian, besar kemungkinan usha kamu akan berhasil

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda