Cara Membuat Paspor Online Ternyata Sangat Mudah (Terbaru)

cara membuat paspor online

Mau keluar negeri??? Susah membuat paspor?? Biaya membuat paspor anda mahal?? Batal keluar begeri??? Gimana siiiiiih  Cara membuat paspor online ??? ada yang tauuuu??? Plis ajariiinn…. hihihih….

Santaiii ….. Sekarang sudah tidak lagi. Cara membuat paspor online bisa kita lakukan tanpa harus mengunjungi kantor imigrasi. lalu bagaimana cara mengurus paspor online ini?? Yuk kita simak dan pelajari bersama yah???

Tapi sebelum kita bahas, tentu ada beberapa hal yang penting kita perhatikan. Yuk kita perhatikan terlebih dahulu yah???

Baca dulu semua bagian dari artikel ini agar anda memahami cara kerja pengurusan paspor online yach… 😀

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya yah…supaya teman-teman juga bisa memahami bahwa artikel ini saya buat tidak di rekayasa. Beberapa bulan lalu saya ada pekerjaan yang mengharuskan saya mengurus paspor. Namanya pekerjaan sebenarnya belum fix apakah jadi berangkat atau tidak. Tapi yang namanya persiapan tentu harus dilakukan. Pekerjaan tersebut Kemungkinan besar akan mengarah keluar negeri. Jadi otomatis saya harus mulai memikirkan surat-surat saya. Termasuklah di dalamnya paspor.

Akhirnya saya membuat paspor. Nah ada saran dari teman saya untuk membuat paspor bisa langsung ke kantor imigrasinya langsung. Nanti ketemu sama teman dia yang sudah biasanya mengurusi paspor teman-teman kantornya. Dia hanya bilang sediakan dokumen asli dan foto copy antara lain KTP, KK (Kartu Keluarga), Ijasah/Surat nikah/Akte lahir.

Dan ternyata initnya saya harus membayar Rp 500ribu. Yaah…cukup mahal untuk mengurus paspor saja diwaktu itu. Tapi karena urusan pekerjaan, maka saya bayar saja.

Cara kerjanya sebenarnya kita urus sendiri juga. Hanya karena ada temanya teman saya, jadi ada beberapa kemudahan saja yang bias dibantu. Setelah selesai pengurusan surat-suratnya, tibalah saatnya untuk berfoto, tapi berfoto tersebut tidak saat itu juga. Saya harus menunggu sekitar seminggu kemudian untuk berfoto.

Inilah yang membuat urusan semakin lama. Dan akhirnya memang saya dating lagi ke kantor imigrasi tersebut, dimana kantor imigrasinya ada di bekasi dan saya tingal di Jakarta. Jadi cukup memakan banyak waktu, tenaga dan uang. Okelah, itu saya ketika HARUS mengurus paspor tidak secara online dan harus mau capek-capek mengurusnya.

Tapi kali ini saya ingin memberikan sedikit cara yang lebih sederhana, bagaimana Cara Membuat Paspor Online, dimana hal ini akan menghemat banyak waktu. Jadi baut teman-teman yang ingin bepergian keluar negeri tidak perlu cemas dalam mengurus paspor.

I.  Submit data kamu ke website resmi imigrasi

1. Persiapkan dokumen seperti kita akan mengurus paspor ke kantor imigrasi. Dokumen tersebut adalah KTP, Kartu keluarga, salah satu dari surat berikut ijasah/akte nikah/akta kelahiran. Semua file tersebut dalam bentuk foto copian. Bisa di SCAN terlebih dahulu. Buat jadi format .Jpg

2. Buka situs www.imigrasi.go.id lalu upload semua file tersebut melalui menu Layanan Publik > Layanan Online > Layanan Paspor Online (Gambar silahkan lihat di bawah ini)

cara membuat paspor online imigrasi

3. Klik bagian menu Layanan paspor Online, kemudian akan muncul jendela baru, pilihlah menu Pra Permohonan Personal. Artinya kita akan mengajukan terlebih dahulu permohonan pengajuan paspor. Setelah di Klik, maka akan muncul gambar berikut. Isikan semua data anda dengan lengkap dan semua sesuai dengan pengenal yang anda miliki.

cara membuat paspor online imigrasi data

4. Untuk jenis paspor, anda hanya ada pilihan paspor 48H. Artinya paspor perorangan 48Halaman. Jika anda ingin mengurus paspor khusus misalnya 24H, maka menuanya akan berbeda. Sementara itu untuk bagian kantor pengurusanya, silahkan kamu pilih sesuai tempat kamu berada. Misalnya Jakarta, atau Medan ataupun Batam. Lihat gambar berikut :

cara membuat paspor online imigrasi kantor imigrasi

Ingat sekali lagi, pilih sesuai tempat dimana kamu berada saat pengurusan paspor tersebut.

5. Ketika kita klik tombol Lanjut, maka akan keluat menu berikut ini, isiskan semuanya dengan lengkap sesuai dengan dokumen yang akan kita kirimkan. Lihat formulirnya di bawah ini :

cara membuat paspor online imigrasi data lengkap

Jangan ada yang salah, karena kalau ada yang salah bisa menghambat persetujuan aplikasi paspor anda. Ada beberaapa Form aplikasi yang harus anda isi dengan lengkap pada tahap ini. Jadi pastikan semuanya lengkap.

6. Setelah semuanya lengkap, maka anda akan melihat berapa biaya yang akan kamu bayarkan untuk pembuatan paspor tersebut. Ternyata Cukup murah yaitu hanya Rp 3.55ribu saja. Lihat gambar

cara membuat paspor online pembayaran

Untuk pembayaranya hanya menggunakan Bank BNI saja. Jadi buat kamu yang tidak memiliki rekening BNI, silahkan langsung ke teller Bank BNI, lalu setor tunai yah.

7. Lalu lakukan Verifikasi menggunakan Captcha. Isikan pada kolom yang tersedia

cara membuat paspor online captcha

Setelah masukkan kode diatas, selanjutnya ada konfirmasi pembayaran di tanggal berapa dan lanjutkan isis captcha dengan benar.

cara membuat paspor online konfirmasi pembayaran

8. Sampai di situ sebenarnya sudah selesai. Maka akan muncul pemberitahuan ke email kita, kapan kita bisa langsung datang ke Kanin nya untuk Foto, dan mengurus beberapa yang mungkin ada kesalahan atau kekurangan. Jadi tidak perlu capek datang ke kantor Imigrasi hanya sekedar untuk memberikan Berkas. Sangat mudah bukan??

 

Itulah Cara Membuat Paspor Online sangat mudah sekali. Sementara itu untuk kedatangan ke KANIN, tujuanya adalah untuk berfoto dan wawancara. oleh karena itu, persiapkan juga seluruh berkas anda sesuai dengan yang sudah di submit atau di Input ke Formulir tadi. Tujuanya kalau ditanyakan kembali, kamu bisa menunjukkan aslinya. Dengan demikian permohonan paspor online kamu bisa diterima dengan cepat.

Gampang kan Frends, jadi bagi teman-teman yang mau membuat paspor, tidak perlu kuatir atau takut lagi akan mengeluarkan banyak biaya dan sulit mencari waktu dalam pengurusan paspor. Sekarang Cara Membuat Paspor Online sudah sangat mudah.

Selamat berjalan-jalan Frends. Oh iya… tolong tulisan ini di share yah untuk teman-teman kita, supaya teman-teman kita juga lebih mudah dalam pengurusan paspor. Terimakasih

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda