Cara Memperkuat Branding Online Shop

Cara Memperkuat Branding Online Shop

Cara Memperkuat Branding Online Shop

Setiap pebisnis online tentunya ingin tampil beda dari yang lain, demikian pula pemilik online shop. Hal tersebut memang tidak mudah karena terdapat ribuan atau bahkan puluhan ribu online shop di jagad maya saat ini. Agar dapat selalu diingat dan manarik target konsumen Anda pesan dan kesan produk Anda haruslah menarik dan memiliki branding yang kuat.

Bisnis online telah membukan kesempatan tanpa batas baik bagi pengusaha kecil maupun menengah untuk saling berkompetisi dengan sehat. Persoalannya, bagaimana cara membentuk  brand yang kuat hingga mampu mengalahkan atau setidaknya menyamai brand-brand besar?

 Cara Memperkuat Branding Online Shop

Dengan adanya sistem manajemen konten yang inovatif, para pebisnis kecilpun dapat memainkan strategi penguatan brand. Online shop pun memiliki peluang besar untuk dapat membentuk brand yang kuat. Bagaimana Caranya? Berikut ini ulasannya:

1# Tonjolkan Benefit, Bukan Produk

Langkah pertama untuk mengubah online shop menjadi brand yang kuat adalah dengan berhenti memikirkan produk apa yang ditawarkan namun berpikirlah tentang kebutuhan konsumen yang menjadi target pasar Anda. Misalnya, jika Anda menjual kosmetik, lakukanlah riset awal dengan memahami jenis orang yang membelinya.

Cari tahu apa masalah utama mereka dan apa yang paling mereka perhatikan. Anda bisa menyajikan konten tentang menghadapi alergi kosmetik atau tren make up terbaru. Produk sesungguhnya hanya berkontribusi 10% dari nilai yang dibutuhkan konsumen. Fakta ini tidak selalu diperhitungkan oleh pebisnis.

Misalnya, Albert Heijn  pemilik banyak swalayan di Belanda selalu menyajikan banyak resep-resep masakan berdasar bahan makanan yang dijualnya. Melalui web site toko onlinenya, ia menulis banyak konten yang menarik dengan informasi yang bermanfaat bagi para pengunjung web tersebut. Pengunjung merasa diuntungkan karena bisa memperoleh informasi-informasi mengenai beragam resep masakan. Albert Heijn juga meraup keuntungan yang besar dengan banyaknya pelanggan yang membeli produknya.

2# Sesuaikan Gaya Komunikasi

Apakah Anda sudah mengenal siapa pelanggan Anda dan apa kebutuhan mereka? Perlu juga untuk menetapkan gaya komunikasi baik di blog, media sosial maupun web online shop Anda. Cara berkomunikasi, gaya bahasa, pemilihan kata dan istilah sebaiknya sesuai dengan kelompok yang menjadi target. Online shop yang menjual fashion kelas atas tentunya akan memiliki gaya komunikasi yang berbeda dengan kelas menengah. Begitu pula dengan gaya bahasa konsumen pria dewasa akan berbeda dengan konsumen gadis remaja. Buatlah gaya Anda sesuai dengan target konsumen Anda, lakukan hal tersebut saat menulis blog, menyapa pelanggan di Twitter atau bercakap-cakap di live chat.

3# Interaksi Intens

Keterlibatan dan partisipasi pelanggan adalah kunci utama dalam upaya memperkuat brand online shop Anda. Sebaiknya berikan ruang yang luas untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan-pelannggan Anda. Kejujuran dan layanan fast respon dapat meningkatkan daya tarik pelanggan. Aplikasi seperti live chat dapat membantu Anda melakukan hal tersebut.

4# Kaitkan Brand dengan Hal yang Disukai Konsumen

Brand-brand besar banyak yang telah melakukan cara ini. Dengan mengenali selera, tren terkini yang tengah disukai konsumen, pebisnis dapat menarik perhatian mereka. Contohnya adalah bagaimana Harley Davidson sukses dengan menggunakan strategi tersebut. Tidak hanya sekedar menjual motor, Harley Davidson juga menjual beragam perlengkapan para pecinta petualangan. Hal ini disesuaikan dengan segmen mereka yaitu kalangan pria yang suka bepergian.

5# Ciptakan Ekosistem Di Sekitar Brand

Perluas pesan-pesan yang akan disampaikan di luar web online shop. Gunakan media sosial dan berinteraksilah di sana dengan lebih leuasa. Media sosial memudahkan Anda untuk berhubungan dengan pemain di industry serupa denganmu. Biarkan mereka saling berinteraksi, membicarakan bisnismu, memberi rekomendasi atau ide-ide.

Baca Juga: 10 Strategi Marketing Online

Nah, demikianlah ulasan mengenai cara memperkuat branding online shop. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda