Cara Memulai Bisnis Properti TANPA Modal

Akhir-akhir ini, bisnis properti sangat berkembang pesat. Alasan utamanya sangat sederhana…orang semakin banyak, dan umur juga semakin bertambah. Artinya…orang-orang yang lahir tahun 80-an dan 90-an sudah semakin dewasa, dimana mereka membutuhkan tempat tinggal sendiri, dimana…angka kelahiran ditahun-tahun tersebut sangatlah tinggi. Artinya…semakin banyak orang yang mencari tempat tinggal sendiri. Ini memicu permintaan yang tinggi. Akibat tingginya permintaan, maka harga properti tersebut meningkat tajam.

Hal inilah yang membuat harga properti dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, manado dan masih banyak lagi meningkat begitu tajam. Dengan meningkatnya harga proprti tersebut, maka orang-orang semakin banyak berbisnis properti. Bisnis properti berbeda dengan bisnis lainnya. Tingkat resikonya lumayan tinggi, tapi ekuntungan yang didapatkan juga sangat menggiurkan.

Bisnis properti tanpa modal sangat bisa dilakukan, terutama bagi pemula yang ingin terjun berbisnis properti. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan terkait bagaimana cara memulai bisnis properti tanpa modal sama sekali. Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut :

  1. Jika anda memiliki tanah atau mungkin bangunan bisa rumah atau ruko atau gedung apapun, anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan bisnis. Misalnya Ruko tersebut anda Rentalkan atau Sewakan. Banyak pelaku bisnis properti melakukan hal ini.
  2. Mulailah anda menjadi makelar, atau sekarang sering disebut Broker atau Agen Properti. Pertama anda pelajari seluk beluk tentang Properti, mulai dari surat-surat, legalitas, Sertifikat termasuk seberapa jauh kepemilikan orang yang terakhir memiliki. Apakah tanahnya bersengketa atau tidak. Mengapa anda perlu melakukannya, padahal anda hannya seorang broker/makelar? yaaa…anda harus melakukannya. Karena setiap pembeli properti biasanya menanyakan hal-hal tersebut. Jadi anda HARUS mampu menjawabnya dengan sebaik mungkin, agar anda terlihat SANGAT profesional dalam properti.
  3. Buatlah website anda sendiri tentang properti. Memang banyak yang menawarkan jasa pengiklanan baik yang gratis ataupun yang berbayar. Akan tetapi saya sarangkan anda menggunakan website pribadi juga. Tujuannya adalah anda semakin dikenal orang banyak dan website anda bisa anda update untuk properti baru yang ingin anda jual nantinya. Sementara kalau anda menggunakan jasa iklan, maka biasanya akan terbentur masalah dana iklan. Oleh karena itu…saya sarankan untuk memiliki website pribadi. Jika anda kurang mengerti cara pembuatan website, maka ada baiknya anda menyewa orang yang bisa.

Itulah tips sederhana yang bisa anda lakukan utnuk Bisnis Properti TANPA Modal atau dengan mengeluarkan modal sedikit saja. Silahkan cari referensi anda sebanyak mungkin dan belajarlah dari Ahlinya.

Pasti Bermanfaat, Salam Sukses

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda