Cara Memulai Usaha Online

Jika Anda ingin hidup mandiri namun belum mempunyai biaya untuk membeli produk franchise maka inilah saatnya untuk memulai bisnis online. Dengan berbisnis online, peluang Anda untuk menjadi jutawan terbuka lebar. Memulai bisnis online tidak membutuhkan sewa tempat dan modal yang besar. Bagaimana cara memulai usaha online? Mari kita ulas bersama:

Membangun Bisnis Online

1# Tentukan Produk atau Jasa yang akan Dijual

Memulai sebuah bisnis online memberi keuntungan yang besar untuk berhubungan dengan jutaan pelanggan, tapi bisa dipastikan akan mendapatkan persaingan yang besar pula. Apapun produk yang dijual, bisa jadi ada ratusan penjual online yang mempunyai ide bisnis yang sama.

  • Apa faktor pembeda dari produk anda dengan yang lain ? Untuk mendukung agar produk anda menonjol dari yang lain, anda harus menemukan karakter unggulan dari produk anda. Misal anda adalah pembuat perhiasan, maka pastikan setiap desain yang dibuat benar benar original atau unik.
  • Jika anda seorang pakar di suatu bidang, maka yang menjadi daya jual adalah kemampuan/keahlian anda. Misalkan saja anda adalah penjual produk kesehatan kulit, maka gelar pendidikan tinggi anda yang berhubungan dengan kesehatan kulit dapat menambah daya jual.
  • Selalu memonitor persaingan produk yang terjadi. Temukan apa yang masih belum terpenuhi oleh produk anda kemudian cari jalan/solusi agar produk anda bisa lebih diterima.

2 # Daftarkan Bisnis Anda ke Pihak Terkait

Untuk mempermudah administrasi dalam jangka panjang, ada baiknya untuk segera mendaftarkan bisnis anda ke pihak terkait/pemerintah setempat. Tentukan nama resmi bisnis, urus setiap perijinan yang diperlukan hingga bisnis anda resmi.

  • Sebelum mendaftarkan usaha anda, ada baiknya untuk memiliki rencana bisnis terlebih dahulu. Tentukan pula variabel variabel pembiayaan seperti biaya produksi, biaya pengiriman, pajak, dan biaya web hosting.
  • Berusaha mencari tahu regulasi / aturan resmi yang dibutuhkan di daerah anda. Dan pastikan bisnis anda sudah memenuhi setiap regulasi itu saat bisnis online anda sudah mulai berjalan.

3#  Daftarkan Nama Domain.

Cari nama yang singkat dan menarik perhatian sehingga lebih mudah diingat. Kemudian periksa apakah nama tersebut masih tersedia di perusahaan pendaftaran domain, setelah menemukan nama terbaik, langsung daftarkan.

4# Gunakan Layanan Web Hosting

Diluar sana memang banyak layanan hosting gratis, tapi untuk bisnis jangka panjang yang benar benar serius harus menggunakan layanan hosting berbayar karena menyediakan semua layanan layanan yang dibutuhkan. Pilihlah layanan yang memudahkan anda untuk berkembang di kemudian hari.

Beberapa layanan hosting mempunyai struktur komplit, memungkinkan anda memilih template sehingga anda dapat dengan mudah membangun suatu situs. Sedang yang lain ada pula yang memberi kebebasan luas untuk melakukan sendiri teknik programming.

Membuat Toko Online

1#  Buat Situs yang Menarik dan Efektif

Elegan atau funky, klasik atau hipster, atau apapun desainnya, toko online anda sepatutnya merepresentasikan produkk apa yang anda jual. Dengan kata lain, situs tersebut harus bisa “menjual”. Dan yang tak kalah penting, bisa mempermudah setiap pelanggan untuk menggunakannya saat akan melakukan transaksi.

2 #  Pastikan Desain Situs Anda Serasi dengan Produk yang Dijual

Contohnya, jika anda adalah seorang pengrajin perhiasan intan, dan anda mempunyai situs yang kurang lebih terlihat seperti papan compang camping, hurufnya tajam tajam, dan gambar terkesan seperti menempel pada papan, maka tidak usah kaget jika pelanggan menjadi menjauh.

3 #  Perlu Dibuat Sebuah Profil Online

Seandainya anda adalah seorah programmer javascript, atau seorang desain grafik yang bekerja sesuai komisi, atau seorang tukang yang siap 24/07, atau seorang pengetik yang menyusun karya, maka semuanya itu sangat membutuhkan sebuah situs yang mempunyai halaman khusus untuk dapat berikan evaluasi terhadap layanan yang anda berikan. Anda tak perlu mendesain situs, saat ini sudah banyak desainer profesioinal yang mampu menyelesaikan situs anda.

4 # Saat Mendesain Situs tetaplah Fokus pada Hal-hal yang Penting

Dan menyadari bahwa tujuan utamanya adalah membuat situs yang sederhana dan mudah digunakan. Pelanggan anda seharusnya hanya melakukan tidak lebih dari 2 klik saja untuk melakukan transaksi suatu produk. Bagian atas setiap halaman situs harus mempunyai tautan langsung ke keranjang belanja.

Setiap tombol harus terlihat besar dan jelas terbaca sedangkan kotak masukan harus berukuran besar sehingga setiap pelanggan dapat dengan mudah untuk memasukkan informasi.

Demikianlah ulasan mengenai bagaimana langkah-langkah memulai usaha online. Semoga bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda