Cara mencari Kata Kunci Populer di Google Adwords

Sudah tau apa itu google adwords? Jika belum tahu….yuk mari sama-sama belajar yaah..Google adwords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Nah…itulah kira-kira definisi yang saya ambil dari wikipedia. Tapi sederhanya saya buat seperti ini deh…Google adwords adalah tempat untuk kita bisa membidik pasar atau apa yang dicari orang. Semoga tidak membingungkan yah….Yuk, kita langsung ajah deh…daripada bingun-bingun :

Pertama buka browser anda dan ketikkan https://adwords.google.com akan muncul seperti pada gambar berikut. Oh iyah… Syaratnya adalah, anda harus punya email Gmail terlebih dahulu. Untuk cara membuat email anda bisa melihat “Cara Membuat Email Bisnis”

Baca: Cara membuat email bisnis

google adwords

Tampilan utama google adwords

Berikutnya anda klik menu TOOLS > KEYWORD PLANNER. Jangan sampai salah yah…pokoknya tetap fokus kepada pelajaranya nih…heheeh….soalnya kalau gak fokus nanti mencari kata kunci nya bisa buyar alias “pingin ini pingin itu” hahahaha…..soale pengalaman pribadi bos…. ­čśÇ

Keyword Planner

Keyword Planner

Selanjutnya akan muncul seperti ini, dan klik “Search for new keyword and ad group ideas”.

Jika kurang jelas, silahkan kamu perbesar gambarnya. Pastikan kamu tidak memilih menu yang salah. Jika kamu memilih menu yang salah, hasilnya juga akan salah.

mencari kata kunci

Search new ideas

Kalau di klik akan muncul gambar berikut ini, mohon bersabar bagi yang sudah tau…karena saya ingin menjelaskan secara terperinci yah…hehehe….supaya yang masih pemula-pemula bisa ikutan juga mencari kata kunci yang bagus untuk website atau blognya….okey Sob…(Ini ada tutorial dalam bentuk video)

berikutnya akan muncul kolom untuk mengetikkan kata yang ingin kita cari, lihat gambar dengan cermat yah…supaya tidak salah.

mencari kata kunci

Mencari kata kunci

Untuk kolom pencarian kata, cukup ketikkan satu kata saja (walaupun sebenarnya bisa banyak, tapi saya rekomendasikan satu kata saya, kemudian pilih targeting nya, Lokasi indonesia dan bahasa indonesia. Kecuali jika anda memang ingin menarget pangsa pasar luar negeri. Misal anda ingin berjualan produk-produk luar negeri, anda bisa pilih negera yang anda tuju misalnya Amerika, atau Australia dan lain-lain. Anda bisa mengikuti seperti yang ada pada gambar, kemudian klik tombol biru “GET IDEAS”.

Trend google

Trend google

Dari gambar di atas, terlihat ketika kita mencari kata kunci “hp murah”, muncul pada Tab Keyword Ideas dengan jumlah average monthly sebesar 12,100 dengan tingkat kompetisi “Medium” artinya kata kunci hp murah┬ámemiliki peluang besar untuk bisa kita pakai dengan target page 1 atau halaman pertama di google. selain itu kita juga bisa mengambil turunan dari kata hp murah tersebut misal seperti di bawah ini

Turunan kata kunci

Turunan kata kunci

ada muncul kata, Jual hp murah, hp murah berkualitas, hp second murah dan masih banyak lagi dengan kata kunci turunan hp murah. Tapi perhatikan baik-baik, ada kata hp samsung murah usahakan tidak memasukkan kata yang seperti ini, dikarenakan ini memiliki merk tersendiri. Sehingga pencariannya kecenderungan akan pada merk tertentu saja.

Setelah anda mengetahui kata kunci dan turunan kata kunci tersebut, anda tinggal masukkan kata-kata tersebut kedalam website anda. Teknik ini dinamakan teknik SEO yang paling sederhana. Ingat…sekalipun anda sudah menemukan kata kunci yang unik dan kreatif, itu tidak menjadi alasan anda dengan mudah berada di halaman pertama google. oleh karena itu…tetaplah update website anda, dan tetap berpromosi melalui sosial media atau yang lainya.

Pasti bermanfaat.

Related Posts

About The Author

One Response

Add Comment

Pesan Anda