Cara Mendapatkan Uang dari Youtube – Versi Lengkap

cara mendapatkan uang dari youtube 1

Cara mendapatkan uang dari youtube | marketingjoss.com

 

Salah satu artikel yang paling banyak dicari orang saat ini adalah bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube. Hal ini disebabkan mudahnya mendapatkan uang dari Youtube. Dikatakan mudah karena setiap orang bisa melakukanya darimanapun. Yaa…dari manapun kita mau. Kamu hanya butuh sebuah laptop atau bahkan sebuah Smartphone saja dengan konesi internet, maka kamu sudah bisa mengUpload video yang kamu buat. Lalu video apa yang bisa kita Upload ke website Youtube? dan bagaimana cara-cara mendapatkan pengunjung serta penonton yang banyak, mari kita bahas yah. Dan saya harapkan kamu mengikuti artikel ini sampai selesai.

Mengapa harus Youtube?

Kamu harus mengetahui bahwa saat ini jaman sudah berubah total. Berubah terutama dalam hal informasi. Saat ini orang sangat membutuhkan informasi yang sangat cepat dan akurat. Kamu bisa membayangkan apakah media yang bisa menyampaikan informasi tersebut dengan cepat dan akurat. Itu hanya bisa dilakukan melalui Video. Dan kabar gembiranya, di Indonesia ini Website Youtube yang berbasis Video diijinkan dan bebas digunakan.

Mengapa harus Youtube? Tentu dengan Youtube kamu bisa mendapatkan informasi yang lengkap, jelas serta minim rekayasa. Mengapa saya katakan demikian? Karena sampai hari ini sudah banyak kejadian bahkan kasus-kasus yang terungkap dengan adanya Youtube looh.. Mulai dari kasus penyuapan, kelakuan tidak senonoh, pembegalan, kejahatan di sekolah bahkan rapat-rapat pemerintahan yang diunggah ke Youtube, sehingga masyarakat mampu menjadi pelopor penegakan hukum secara terbuka. Dengan demikian Youtube menjadi sarana yang paling efektif untuk mengajukan ataupun menunjukkan keluhan-keluhan agar segera ditanggapi.

Itulah sebabnya Youtube menjadi mesin pencari informasi kedua setelah Google. Selain karena keakuratanya dan kecanggihanya, kita juga bisa lengsung melihat secara “hidup” setiap kejadian-kejadian.

Dapat uang dari Youtube? Kenapa Tidak!

Apakah bisa mendapat uang dari Youtube? Tentu bisa! Lalu bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Youtube? Inilah yang akan kita bahas secara rinci. Saya akan menjelaskanya secara rinci menggunakan tulisan, tapi saya juga akan melampirkan Video-video agar kamu bisa langsung memahaminya dengan sempurna.

Mekanisme mendapatkan uang dari Youtube

Secara sederhana, kita akan dibayar ketika kita mengUpload Video (mengunggah). Setelah itu, jika ada orang yang melihat video kita dan mengklik iklan di video kita, maka kita akan dibayar. Saya buatkan skema sederhananya seperti berikut :

cara mendapatkan uang dari youtube 2

4 langkah mendapatkan uang dari Youtube

Secara garis besar, cara mendapatkan uang dari Youtube hanya ada melalui 4 cara di atas. Mari kita bahas satu persatu cara mendapatkan uang dari Youtube ini :

Pertama : Buat Video (1)

Kita sudah mengetahui bahwa Youtube adalah situs penyedia layanan Video. otomatis kita harus membuat video agar bisa ikut berkontribusi di dalamnya. Dengan kita berkontribusi video, maka video kita tersebut bisa dipasangi iklan oleh Youtube.

Kedua : Mendaftar Adsense (2)

Adsense adalah sebuah program periklanan yang dimana, jika ada iklan yang tampil di video kita (Youtube), dan orang yang menonton video tersebut mengklik iklan yang tampil, maka kita akan dibayar oleh Youtube. Seberapa besar kita dibayar? Ini tidak bisa dipastikan. Tapi jika video kita benar-benar bagus, bermanfaat serta banyak dilihat orang, tentu bayaranya akan tinggi.

Gambaranya seperti ini, jika sebuah acara di televisi ditonton banyak pemirsa dari seluruh Indoensia, maka setiap iklan yang tayang pada acara tersebut akan membayar pihak televisi dengan harga yang tinggi. Misal acara pertandingan bola Liga Inggris antara Mancester United Vs Mancerster City. Ketika orang memasang iklan pada saat pertandingan tersebut, maka orang tersebut akan membayar dengan harga mahal.

Sama halnya dengan video di Youtube, jika video kamu banyak dilihat orang, kemudian kualitasnya juga bagus, maka biasanya akan mendapatkan bayaran yang tinggi pula.

Bagaimana cara mendaftar Adsense? Sebenarnya cukup mudah saja dan hanya ada beberapa langkah.

#1. Mendaftar email di Google (Biasanya langsung terkoneksi dengan Youtube)

#2. Upload Video ke Youtube (Versi Video)

#3. Monetization/Meng-uangkan (Versi Video)

#4. Tunggu persetujuan (Approve) dari pihak Youtube

** Nah, cara mendaftar Adsense hanya ada 4 cara di atas. Jika pendaftaran kamu di tolak, maka perhatikan TERMS atau peraturan Youtube.

Beberapa pelanggaran yang sering dilakukan para Youtuber adalah 

1. Mengambil Video orang lain

2. Konten atau isi video mengandung kekerasan, pornografi dan tindakan melawan hukum lainya

3. Aktifitas Spam, atau Hacker dan masih banyak lagi, kamu bisa membacanya langsung di policy Youtube

** Jika pendaftaran Adsense kamu diterima (Approved), maka nanti di video kamu akan muncul iklan. Dan itu tandanya kamu sesuai dengan kebijakan Youtube dan bisa menerima uang dari Youtube.

Jika kamu sudah melakukan kedua langkah di atas, sebenarnya kamu sudah bisa dipastikan AKAN MENDAPATKAN UANG DARI YOUTUBE. Hanya saja langkah ketiga ini sangat penting. Mengapa? Karena dengan langkah ketiga ini, kamu akan mendapatkan uang lebih banyak dari yang kamu bayangkan. Lho kok bisa?

Ketiga : Mencari pengunjung (3)

Langkah ketiga ini benar-benar sangat penting untuk meningkatkan pendapatan kamu di Youtube. Gambaran sederhananya begini, Kalau kita melihat sebuah Program Acara Televisi Baru, biasanya mereka akan meng-Iklankan program tersebut sebelum ditayangkan. Tujuannya sangat jelas, agar penonton (pemirsa) tahu terlebih dahulu bahwa ada program/acara baru.

Sama halnya dengan Youtube, kamu bisa mempromosikan Channel atau saluran video kamu dengan tujuan mendapatkan pemirsa atau Viewers. Dengan demikian BESAR kemungkinan iklan yang tampil pada video kamu akan di klik orang-orang.

Bagaimana cara mempromosikanya? Tidak usah kuatir, promosi tidak harus bayar kok. Kamu bisa menggunakan sosial media dan mengajak teman-teman mu untuk menshare video yang kamu buat. Dengan demikian orang akan lebih mudah mengetahui video mu. Jika video yang kamu buat benar-benar bermanfaat bagi banyak orang, BIASANYA orang akan dengan senang hati menshare video tersebut. Sama seperti Video saya di bawah ini tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube. kamu bisa melihatnya :

Saran saya gunakanlah Facebook, Google+ dan Twitter sebagai tempat sharing video mu. Apakah bisa menggunkana yang lain seperti Tumblr, Instagram, Path dan yang lainnya? Bisa saja, silahkan kamu sharing saja. Apakah menyalahi aturan Youtube? Jawabanya tidak menyalahi aturan Youtube.

Okey, sebelum saya lanjutkan… saya beri kesimpulan dulu tentang Cara mendapatkan uang dari Yotube :

  1. Buat Video
  2. Daftar Adsense
  3. Cari pengunjung (untuk meningkatkan pendapatan)

Jadi, dengan tiga langkah tersebut kamu PASTI sudah bisa mendapatkan uang dari Youtube yach. Bagi kamu yang masih pemula dan tidak tahu mau membuat video tentang apa, berikut saya berikan topik video yang paling banyak dicari orang dari Youtube :

  • Video “How To” atau “Bagaimana Cara”
  • Lucu atau Humor
  • Lagu, Musik dan Video Clip
  • Review atau pembahasan
  • Ilmu pengetahuan
  • Informasi

Baca: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube yang Paling Mudah – Seri 1

Baca: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube yang Paling Mudah – Seri 2

Baca: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube yang Paling Mudah – Seri 3

Dari sekian banyak kategori, maka beberapa kategori yang paling sering di cari adalah yang saya tuliskan di atas. Jadi untuk kamu yang masih pemula dan bingung mau buat video apa, kamu bisa melihat dan memilih salah sati dari tema yang saya berikan di atas. Saya sendiri lebih suka dan lebih banyak membuat video tutorial. Semua tergantung kemampuan dan Passion masing-masing.

Untuk pelajaran selanjutnya, saya akan membahas menggunakan video bagaimana cara memulai membuat akun Youtube, membuat Video beserta teknik-tekniknya, lalu mengupload video, monetize dan menyebarkanya melalui berbagai jenis media. Oleh karena itu, kamu bisa langsung berlangganan (Subscribe) ke Channel saya yah. Sampai ketemu di Channel jossiant.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda