Cara Mendapatkan Uang dari Youtube yang Paling Mudah – Seri 1

cara mendapatkan uang dari youtube bagian header seri1

Ilustrasi

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube sepertinya jadi trending topik di Google dalam beberapa bulan ini. Tentu saja karena banyak orang yangbisa mendapatkan uang dari Youtube. Sebut saja yang paling terkenal salah satunya Pewdiepie yang subscribernya sampai 14juta lebih danterus bertambah.

Beberapa waktu lalu saya sudah menulis cara mendapatkan uang dari Youtube, kemudian ada juga videonya bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube. Tapi pada video tersebut saya tidak rinci membuat cara-caranya. Oleh karena itu nanti akan saya buatkan caranya melalui artikel Cara Mendapatkan Uang dari Youtube yang Paling Mudah – secara berseri.

Jadi ada baiknya kamu mengikuti semua seri pembelajaran ini agar kamu bisa mengerti dan memahami bagaimana sih sebenarnya camemulai mendapatkan uang dari Youtube.

Ada banyak sekali panduan yang dibuat orang dan para blogger tentang cara mendapatkan uang dari Youtube. Tapi saya bisa menjamin, tidak ada artikel yang selengkap ini.

Pasalnya saya membuat panduan ini benar-benar lengkap dan terstruktur. Itu sebabnya saya membuatnya secara berseri. Harapan saya, kamu semua bisa subscribe dan mengikutinya dengan cermat yah, kalau kamu berhasil di Youtube, itu akan membuat hidup mu berubah dan menjadi lebih baik. Yuk kita mulai yah 🙂

Apa sih Youtube?

Saya ambil dari pengertian yang saya buat di video saya, maka Youtube adalah sebuah website yang isinya hannya video. Dimana video di Youtube ini ternyata bisa di masukkan (Upload) oleh siapapun, termasuk kamu.

Untuk melihatnya, kamu bisa membuka website resmi Youtube di www.youtube.com setelah itu kamu dapat mengetikkan apapun dan mencari video apapun di Youtube ini. Silahkan lihat gambarnya di bawah:

youtube dashboard lengkap

Ilustrasi

Setelah kamu melihat dashboard atau tampilan utama Youtube, mungkin kamu akan bertanya di dalam hati, “lah, itukan memang video, lalu dapat uangnya dari mana?”

Itu memang Youtube, lalu? So What Gitu loh??

Sebentar dulu, apakah kamu tidak mengetahui bahwa ternyata kita bisa mendapatkan uang dari Youtube?

Yaah… memang lebih banyak orang yang tidak mendpatkan siih, mereka hannya menggunakan Youtube, atau juga ada yang hannya mendapatkan sedikit uang saja. Nah dari sini saya dapat memberikan beberapa kriteria Youtuber yaitu:

1# Youtuber Sejati

2# Youtuber Asal jadi

3# Youtuber Moody

4# Youtuber hannya sebagai viewer (konsumer)

5# Youtuber Gagal

Youtuber sejati adalah seorang Youtuber yang passionnya memang mengunggah video-video Youtube. Dia biasanya membuat apa yang dia anggap baik, dia suka dan disukai orang lain juga. Salah satunya yah Piediepie itu. Kamu bisa mencarinya dari Youtube. Apakah hannya dia Yutuber sejati? TIDAK! ada banyak Youtuber sejati lainnya termasuk kamu jika kamu memang mau secara tekun megikutinya.

Youtuber asal jadi adalah youtuber yang membuat video asal jadi dan asal dapat uangl. Youtuber seperti ini biasanya mematikan kreatifitasnya sendiri dan merugikan orang lain. Dia hannya fokus pada pencarian uang, tanpa memikirkan orang lain. Ini termasuk Youtuber parasit. Contohnya adalah mereka yang mengambil video orang lain, kemudian mengeditnya sesuka hatinya, lalu meng-Upload kembali video tersebut. Biasanya ini banyak dilakukan pada video lucu, binatang, bola dan sulap.

Yotuber moody adalah seorang Youtuber yang biasanya mendapatkan uang sedikit. Dia hannya akan membuat video ketika mood nya datang. bagaimana mungkin orang seperti ini akan berhasil. Kalau mau sukses, kita harus fokus dan bekerja keras. Pantang menyerah!

Yang terakhir adalah Youtuber hannya sebagai viewer. Ini sih, biasanya saya katakan bukan Youtuber tapi lebih kepada konusmen saja atau penonton yang sering disebut Viewers.

Kalau Youtuber gagal, jangan kita bahas. Namanya saja sudah gagal, untuk apa dibahas. Kita maunya orang yang berhasil bukan? Tujuannya agar kita bisa meniru dan mencontoh keberhasilannya. Mengapa mereka bisa gagal? Simak berikut video penyebab kegagalan mereka:

Bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube

Terkadang saya berfikir bagaimana yach cara memberikan pengertian yang paling mudah untuk para pembaca, karena sebenarnya caranya memang benar-benar mudah, tapi kebanyakan orang sering tidak mengerti. Hal ini dibuktikan dengan beberapa komentar dari video saya seperti berikut:

youtube komentar 1
youtube komentar 2
youtube komentar 3Untuk lebih jelasnya tentang pertanyaan-pertanyaan seperti ini, silahkan kamu masuk ke Channel Youtube saya dengan nama Jos Siant. Kmu bisa belajar juga dari komentar-komentar orang di sana, karena komentarnya banyak sekali sampai hampir 500 komentar.

“Intinya saya kesulitan ingin menjelaskannya”

Tapi walau demikian, saya akan tetap berusaha menjelaskan secara sederhana agar kamu bisa memahaminya. Berikut penjelasannya.

youtube desain revenue

Ilustrasi

Kamu perhatikan baik-baik gambar di atas. Ada bagian yang MERAH, itu adalah Website Youtube. Kemudian untuk Advertisers itu adalah pengiklan. Creator adalah Anda dan saya dan semua orang yang membuat Video di Youtube sedang kan Viewers adalah penonton (Penonton ini bisa siapa saja TERMASUK Youtubers itu juga).

Mari kita bahas:

Advertisers adalah pengiklan. Misal begini, ada sebuah perusahaan misalnya Toyota. Mereka ingin mengiklankan produk terbarunya di Youtube. Pihak Toyota ini bukan membayar kamu, tapi dia membayar Youtube untuk menampilkan iklannya di Youtube. Si pihak Youtube menampilkan iklan tersebut di video kamu, dan jika ada orang yang meng-KLIK iklan tersebut, maka kamu akan dapat uang.

Kesimpulannya kita sebagai Youtuber mendapatkan uang atau bayaran bukan dari si pengiklan tapi dari Youtube (pembagiannya diatur oleh pihak Youtube), Lihat gambar iklan di bawah ini.

iklan youtube

Ilustrasi

Gambar tersebut adalah contoh video saya yang ada iklannya. Iklan tersebut muncul dikarenakan “SUDAH” disetujui pihak Youtube untuk menampilkan iklan para Advertisers.

Okey sampai di sini paham yah? lalu apa yang kita butuhkan?

Apa yang harus kita lakukan

Untuk disetujui Youtube menjadi Youtuber bayaran tidaklah mudah. Beberapa hal yang HARUS kita lakukan yaitu:

1# Membuat Video

2# Mendaftarkan Adsense

3# Promosi

4# Optimasi

Keempat hal tersebut sering sekali diabaikan orang. Apalagi untuk poin yang ke empat. Padahal poin ke empat ini sangat penting. Yuk kita bahas!

1# Membuat video

Siapa bilang membuat video itu sulit? Dengan adanya smartphone Android yang terkenal dengan salah satu fitur unggulannya yaitu kamera, maka semua orang saat ini sudah sangat mudah membuat video. Hannya saja kita perlu mencari tahu, video apa yang disukai oleh banyak orang.

Membuat video yang sembarangan, tidak bermanfaat, hannya sekedar selfie-selfie, dan tidak ada gunanya tidak akan dilihat orang. Sementara kita butuh lebih banyak pengunjung dan penonton untuk melihat video kita. Oleh karena itu beberapa jenis video yang paling banyak dilihat orang adalah:

  1. Video lucu
  2. Video bermanfaat
  3. Video informasi
  4. Video pelajaran
  5. Video tutorial
  6. Video aktual
  7. Video amatir (kejadian heboh dan mengagumkan)
  8. Video bernyanyi (klip atau modifikasi)
  9. Video Skill luar biasa
  10. Video unik

Ada beberapa tipe video lagi yang paling banyak dilihat orang, tapi dari ke sepuluh kategori di atas, kamu dapat memilih salah satunya.

Setelah kamu membuat video, maka langkah selanjutnya adalah mengUpload (Unggah) video tersebut ke website Youtube. Caranya adalah kamu login terlebih dahulu ke Youtube. INGAT: Login ke Youtube menggunakan akun Gmail (Karena Youtube adalah milik Google). Jika kamu tidak mengerti cara buat email, silahkan kamu membuat email terlebih dahulu.

Baca: Cara membuat email

Jika kamu sudah memiliki Gmail, maka langsung buka www.youtube.com lali login menggunakan Gmail dan Password kamu.

one account all off google

Ilustrasi

Jika kamu sudah Login, selanjutnya kamu dapat langsung meng-Upload video dengan mengklik tombol “UPLOAD

one account all off google upload

Ilustrasi

Sebelum di daftarkan ke Google Adsense (Monetize), ada baiknya kamu memasukkan (Upload) video sebanyak-banyaknya yang kamu bisa. Paling tidak 10 Video agar terlihat bahwa kamu memang serius ingin menjadi Youtuber. Fokus terlebih dahulu membuat video dan meng-Uploadnya di Youtube.

Berikutnya adalah mendaftarkan di Google Adsensenya. Tapi untuk materi ini akan saya bahasi di seri berikutnya agar tidak membosankan. Oke yah , kalau kamu merasa ada yang kurang paham, sebaiknya kamu bertanya karena sekali kamu tidak paham, maka video yang kamu buat akan sia-sia alias percuma. Jadi ada baiknya kamu tanyakan hal-hal apa yang belum kamu mengerti.

Baca: Cara Mendapatkan Uang dari Youtube yang Paling Mudah – Seri 2

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda