Cara Mengetik 10 Jari Yang Paling Mudah Begini Caranya

cara mengetik 10 jari dengan cepat

ilustrasi | marketingjoss.com

Halo frends, kali ini kita akan belajar sedikit yah. Memang bukan masalah bisnis, tapi menurut saya ini penting untuk bisnis kita di kemudian hari. Saat ini teknologi semakin canggih dan semakin tinggi spesifikasinya. Tapi bicara teknologi, kita tidak bisa keluar dari yang namanya Keyboard.

Keyboard adalah sebuah metoda input yang sangat efektif dan efesien. Mengapa saya katakan demikian, karena saat ini memang sudah ada metoda input yang lain. Misal, kita bisa mengedipkan mata, kemudian sesuatu terjadi, atau mungkin kita menggerakkan tangan, maka sesuatu terjadi dan yang paling baru adalah DENGAN suara, kita bisa mengetikkan sesuatu.

Tapi yang perlu teman-teman INGAT bahwa semua metoda input di atas masih belum bisa se-AKURAT kalau kita menggunakan Keyboard. Mengapa?? Karena tanda baca masih belum bisa di-aktualisasikan dengan kata-kata. Misal kita ingin menulis “Ibu pergi kepasar. Di pasar ibu membeli 1 Kg Tomat, 2Kg Cabai dan 10 Kg Beras“. Semia teks tersebut bisa kita tulis menggunakan kata, tapi tanda bacanya tidak bisa. Artinya dia akan menuliskan seperti berikut ini “Ibu pergi kepasar Di pasar ibu membeli 1 Kg Tomat 2Kg Cabai dan 10 Kg Beras“. Seluruh tanda bacanya tidak ada. Kesimpulanya, penggunaan Keyboard masih SANGAT dibutuhkan.

Baca : Teknik membuat artikel menggunakan voice di Android

Jenis Keyboard sendiri ada 2 macam. Ada yang Fisik dan ada yang virtual. Kalau yang Fisik yah seperti yang ada di komputer atau laptop kita. Termasuk juga yang ada di Blackberry. Tapi kalau yang Virtual biasanya ada di setiap perangkat layar sentuh. Lihat gambar di bawah ini :

cara mengetik 10 jari virtual vs fisik

Kedua keyboard tersebut memang berbeda, tapi fungsinya tetap sama, dan penulisan tanda baca juga ada dan lengkap. Bandingkan dan bedakan ketika kita menulis menggunakan kata-kata. Maka kita tidak bisa menuliskan tanda baca. Ini menjadi masalah tersendiri.

Nah, bicara tentang mengetik pada keyboard yang sesungguhnya, apakah itu virtual atau fisik, maka kita PERLU sekali memiliki ke-ahlian dalam mengetik. Itulah sebabnya kita akan belajar cara mengetik 10 jari yang benar dan mudah dilakukan.

Pentingnya cara mengetik 10 jari yang benar

Bagi teman-teman yang kerjanya di depan komputer, maka mengetik dengan 10 jari adalah suatu keharusan. Karena akan SANGAT membantu dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya. Yuk kita mulai yah cara mengetik 10 jari berikut ini :

#1. Bagian Tangan Kiri

— Jari Kelingking menekan huruf A, Q, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab, CapsLock
— Jari Manis menekan huruf W, S, X dan Angka 2
— Jari Tengah menekan huruf Huruf E, D, C dan Angka 3
— Jari Telunjuk menekan huruf R, F, T, V, G, B, Y dan Angka 4, 5, 6
— Ibu jari atau Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt

#2. Bagian Tangan Kanan

— Jari Telunjuk menekan huruf Y, U, H, J, B, N, M dan Angka 6, 7
— Jari Tengah menekan huruf I, K,tanda koma dan Angka 8
— Jari Manis menekan huruf L, O tanda titik dan angka 9
— Jari Kelingking menekan huruf P, tanda titik koma dan tanda slash
— Ibu jari atau Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt

Nah, untuk melihat lebih JELAS nya, silahkan lihat dan perhatikan gambar berikut ini :

cara mengetik 10 jari dengan cepat gambar

Ilustrasi | marketingjoss.com

Selanjutnya teman-teman bisa memulai dengan cara mengetikkan sambil menghafal letak tombol-tombol tersebut. Jadi hafalkan tombol mana yang kamu tekan dengan jari yang mana. Untuk di awal, mungkin Cara Mengetik 10 Jari ini akan terasa lambat. Bahkan saya sendiri sangat lambar ketika memulai mengetik 10 jari ini. Tapi lama-kelamaan kita akan biasa.

Untuk langkah awalnya, teman-teman tidak perlu mengetikkan kalimat. Ketikkan saja sembarangan dengan cara beraturan. Misal mengetikkan kata AQZSWXEDC AWSXQWSZ AQSWXZAQ dan seterusnya. Intinya, kamu HARUS mengingat dahulu letak jari mu dan tombol keyboardnya. Jika sudah ingat, maka Langkah berikutnya adalah kamu menuliskan kata demi kata TANPA melihat keyboardnya. BIARKAN saja salah, nanti lama-lama akan benar dengan sendirinya.

Jika sudah bisa, maka percepat pengetikan kamu. Ini akan membuat kamu lebih lancar. Nah untuk latihan Cara Mengetik 10 Jari ini, kamu bisa mengetikkan kata secara online di website latihan mengetik 10 jari berikut ini :

Typing online sense-lang (Ada Latihanya loooh…. gampang banget)

Keybr.com (Mirip seperti Game)

Speed Typing Online (Gampang bangeett)

Dari ketiga website pengetikan online tersebut, teman-teman akan bisa latihan dengan cara yang sangat mudah. Sehingga Cara Mengetik 10 Jari akan menjadi terasa gampang untuk anda lakukan.

Diambil dari youtube Channel Howcast

Keunggulan Cara Mengetik 10 Jari

Beberapa keunggulan Cara Mengetik 10 Jari adalah :

  1. Fokus kepada teks
  2. Mengetik lebih cepat
  3. Minim kesalahan pengetikan (Typo)
  4. Sikap duduk menjadi benar dikarenakan fokus ke layar
  5. Jarak mata ke monitor akan menjadi normal (tidak terlalu dekat)

Dan masih banyak lagi keuntungan lainya. Intinya Cara Mengetik 10 Jari ini sangat berguna bagi teman-teman. Semoga latihanya bisa lebih cepat yah Frends 🙂

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda