Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Menghasilkan Uang dari Internet

Hallo, apa kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya. Pada hari ini saya ingin berbagi mengenai cara menghasilkan uang dari internet. Semua orang mungkin sudah pernah menggunakan layanan internet. Dengan internet kita bisa mencari informasi atau berkomunikasi dengan orang lain tanpa ada batasan jarak.

Karena kecanggihan teknologi, internet pun bisa dijadikan alat untuk menghasilkan uang. Pada umumnya orang yang menghasilkan uang lewat internet menjalankan bisnis dimana dia menjual produknya ke orang lain. Selain itu memasang iklan seperti Google adsense juga bisa membuat kita mendapatkan uang.

Topik ini memang sudah sering dibahas di berbagai media, baik itu media online ataupun dengan media offline. Namun, menurut saya tetap saja masih banyak orang yang masih mencari dan terus menggali informasi tentang cara menghasilkan uang dari internet.

Tidak perlu jauh-jauh, coba perhatikan time line teman-teman kita di Facebook atau media lain, pasti banyak yang membicarakan topik ini. Bahkan ketika kita sedang membaca sebuah artikel contoh saja artikel ini, pasti kita sedang mencari informasi tentan cara menghasilkan uang dari internet.

Ok, baiklah saya akan membahas beberapa jenis cara menghasilkan uang dari internet. Beberapa dari yang saya bahas ini berdasarkan pengalaman saya, dan beberapa lainnya berdasarkan pengalam teman-teman saya yang juga berprofesi sebagai pencari uang dari internet.

1. Melalui Program Iklan di Website/Blog

Seperti yang Anda lihat di blog ini ataupun beberapa blog yang lain yang pernah Anda kunjungi, space iklan di blog/website adalah salah satu cara efektif untuk mendapatkan uang secara online.

Kalau di luar negeri khususnya USA, kebanyakan blog atau website mereka didaftarkan dalam program Google Adsense, yaitu suatu program pengiklanan yang dimiliki oleh Google dimana publisher bisa  mendapatkan penghasilan dari klik iklan Google Adsense yang terdapat di blog/website mereka.

Program seperti ini disebut juga sebagai PPC (Pay Per Click), yaitu publisher akan dibayar apabila iklan yang mereka pasang di klik oleh visitor (pengunjung) website/blog tersebut, dimana biaya perkliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser (pengiklan).

Selain Google Adsense, ada banyak perusahaan lain yang menawarkan kesempatan kepada para publisher untuk mendapatkan penghasilan dari situs mereka.

Beberapa perusahaan online Advertising dari luar negeri yang menawarkan program yang sama adalah Bidvertiser.com, Chitika.com dan Infolink.com. Sedangkan dari dalam negeri antara lain KumpulBlogger.com, Sitti.co.id, AdsenseCamp.com, IDblognetwork.com dan lain-lain.

Selain program PPC, untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah situs bisa dengan cara menyediakan space iklan di situs tersebut. Biasanya ada cukup banyak Advertiser yang tertarik untuk memasang iklan di sebuah blog bila blog tersebut memiliki konten dengan topik yang spesifik dan visitornya banyak. Harga space iklan ini ditentukan oleh si pemilik blog atau juga berdasarkan negosiasi antara Advertiser dan pemilik blog.

Mungkin Anda sudah pernah mendengar seorang Publisher memiliki penghasilan yang fantastis, bahkan ada publisher yang bisa mendapatkan ratusan juta hingga miliaran rupiah per bulannya dari blog mereka. Pasti Anda juga tertarik bukan? Tapi tunggu dulu, semua itu butuh kerja keras dan butuh waktu yang tidak sebentar. Coba Anda lihat peluang bisnis online yang berikutnya.

Baca : Cara Memasarkan Produk Secara Online dan Offline

2. Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketer adalah orang yang menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi sekian persen (tergantung pemilik produk) dari setiap penjualan yang mereka lakukan. Jenis bisnis ini banyak sekali dilakukan oleh pelaku bisnis online, baik diluar negeri ataupun di dalam negeri.

Produk yang dijual oleh affiliate marketer ini sangat beragam, mulai dari poduk digital, hingga produk yang berbentuk fisik, atau bahkan kombinasi dari keduanya. Program affiliasi yang patut di ikuti adalah program affiliasi dari Ratakan.com, Amazon.com dan Clickbank.com.

Ratakan.com adalah marketplace produk digital karya anak bangsa. Sebagian besar produk digital yang dipasarkan di Ratakan.com adalah produk yang berhubungan dengan internet marketing yang dikemas dalam bentuk eBook, Software dan membership.

Bagi Anda yang memiliki sebuah website/blog yang membangun konten berhubungan dengan blogging, bisnis online, dan internet marketing, sangat disarankan untuk bergabung menjadi affiliate marketer di Ratakan.com. Sebagian besar produknya memang banyak dicari oleh internet marketer dan range komisi yang ditawarkan lumayan besar, yaitu sekitar 25%-75% per penjualan dari link affiliasi milik Anda.

Clickbank.com adalah tempat yang menyediakan produk-produk dalam bentuk digital, misalnya eBook, software, dan juga membership. Program affiliasi ini sangat banyak disukai oleh internet marketer diseluruh dunia karena rate komisi yang didapatkan sangat besar, bahkan ada beberapa pemilik produk bersedia memberikan komisi hingga 75% dari harga produk kepada pada publishernya.

Di Indonesia sendiri ada cukup banyak program affiliasi yang bisa Anda jalankan. Namun saya belum bisa memberikan review pada program affiliasi lokal karena belum pernah merasakan hasilnya. Salah satu program affiliasi lokal adalah program affiliasi dari Bhineka.com.

Amazon.com adalah toko online terbesar didunia, dimana kebanyakan produknya adalah berbentuk fisik. Kategori produk yang di jual di Amazon ini sangat banyak, mulai dari yang murah hingga yang sangat mahal, dari yang kecil hingga yang besar. misalkan saja buku, kamera digital, TV, AC, kursi, meja, peralatan mandi, peralatan dapur, bahkan pakaian dalam ada dijual di sini.

Amazon.com memberikan kesempatan bagi pemilik website/blog diseluruh dunia untuk mendapatkan uang dari program affiliasi yang mereka berikan. Besarnya komisi yang didapatkan oleh publisher Amazon adalah sekitar 4%-8% dari total penjualan, dan tergantung berapa banyak publisher tersebut menjual produk dari Amazon.com. Semakin banyak produk yang dijual maka akan semakin tinggi persentase komisi yang di berikan.

3. Membuka Toko Online

Toko online adalah sebuah toko virtual dimana customer bisa membeli suatu produk yang dijual di toko online tersebut langsung dari websitenya. Saat ini ada banyak pebisnis yang sudah punya toko online sendiri, baik itu menjual produk sendiri ataupun menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau dropship.

Saya sendiri pernah membuat website toko online ini dimana saya akan menjual produk yang dimiliki orang tua saya. Saya memajang produk-produk yang akan dijual secara online, bila ada pelanggan yang ingin membeli produk di toko online milik saya maka saya akan bernegosiasi untuk mencapai suatu keputusan.

Kekurangan bisnis ini adalah ketika barang yang ingin di beli oleh pelanggan tetapi ternyata tidak ada maka transaksi tidak akan terjadi. Itulah sebabnya kita harus bekerja sama dengan penyedia barang yang kompeten dan bisa dipercaya.

4. Bisnis Multi Level Marketing (MLM) Online

Bisnis MLM online adalah bisnis Multi Level Marketing yang bisa dijalankan secara online tanpa harus menganggu aktifitas sehari-hari. Jika berbicara tentang MLM psti banyak yang langsung malas mendengarkan.

Selain itu, mereka juga tidak suka dengan metode kerja konvensional di MLM ini, dimana para membernya harus sering mengikuti pertemuan-pertemuan, mempersiapkan presentasi untuk calon member baru, harus merayu, harus sering follow up dan banyak lagi.

Pastinya tidak semua orang bisa melakukan hal-hal tersebut, itulah sebabnya banyak orang yang malas mengerjakan bisnis yang satu ini.

Baca : Tips Jitu Meraih Sukses di Usia Muda

5. Penyedia Jasa Secara Online

Bisnis jasa secara online juga cukup banyak dikerjakan oleh pelaku bisnis online. Ada banyak jenis jasa yang dibutuhkan orang dan dapat dikerjakan secara online, diantaranya adalah penyedia jasa penulisan artikel, penyedia jasa promosi online, penyedia jasa SEO ( Search Engine Opimization), dan masih banyak lagi.

Jadi, jika Anda memiliki keterampilan apa saja Anda bisa menjualnya secara online. Salah satu jenis jasa yang pernah saya jual secara online adalah jasa membangun backlink untuk sebuah website, dan jasa menulis konten artikel untuk sebuah blog.

Ternyata cukup banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Penghasilan yang bisa didapatkan dari jasa menulis artikel saja bisa  jutaan rupiah per bulan tergantung banyaknya permintaan dari pelanggan.

6. Mengikuti Program PTC Traffik Revenue

Anda juga bisa melipatgandakan uang yang Anda punya dengan mengikuti program Traffik Revenue seperti Trafficmonson. Cara kerja dari program ini mudah saja, Anda membeli paket Adpack setelah itu Anda diajibkan untuk surfing situs setiap hari dan Anda akan mendapatkan Cashback atau Return Of Investment ( ROI) 110%.

Kelebihan dari program ini adalah Anda akan mendapatkan uang tambahan ($50 menjadi $55 dan juga Traffik/Pengunjung ke situs Anda.

Sebenarnya masih cukup banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet. Tapi bukan berarti kita harus melakukan semuanya untuk bisa mendapatkan hasil yang di inginkan. Sebaiknya pilih satu atau dua jenis bisnis online yang memang cocok dan mampu Anda kerjakan, lakukan dengan serius, dan Akan melihat hasilnya.

Lakukan riset untuk bisnis Anda, dan lakukan analisa untuk mengetahui perkembangan bisnis internet Anda, tetap semangat, lakukan terus menerus. Dan lihat hasilnya dalam beberapa dalam beberapa hari, minggu, bulan atau tahun.

Artikel ini sudah terlalu panjang, hanya ini yang bisa saya ulas tentang cara menghasilkan uang dari internet. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi Anda. Salam sukses, Terimakasih

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda