Cara Belajar internet marketing

belajar bisnis online lengkap sekali

Yang namanya menjual secara online, itu agak berbeda dengan berjualan seperti offline atau konvensional. Berjualan online membutuhkan skill dalam menentukan produk yang banyak dicari orang melalui internet. Berbeda dengan berjualan secara konvensional. Bahkan ditempat penjualan ikanpun anda dapat melihat ada yagn menjual pakaian. Pasar online berbeda. Kita bisa melakukan survey terlebih dahulu, kemudian kita mempersiapkan produknya.

Menjual produk informasi termasuk kategori “ngeri-ngeri sedap“. Maksudnya begini…ketika kita membuat sebuah produk informasi, kita harus mengetahui dengan sangat jelas dan akurat informasi apa yang kita buat. Akan tetapi bukan hanya itu. Informasi yang kita buat tersebut harus kita cek, apakah relevan dengan yagn dibutuhkan orang saat ini. Inilah yang membutuh kan jasa internet marketing.

Misalnya begini, sekarang sedang trend membuat bisnis online, lalu kita membuat informasi dan akan menjualnya dengan judul “Bagaimana cara membuat bisnis online yang mudah dan murah“. Tentunya kita harus membuat informasi yang relevan dengan hal tersebut. Jika yang kita buat adalah tentang programing komputer, maka kita salah kaprah. Mungkin ada orang yang mencari dan memang membutuhkan informasi tersebut, akan tetapi karena trend nya sedang bisnis online, maka produk informasi yang kita buat akan laku tapi tidak maksimal.

Misalnya kita punya target dengan profit besar, ternyata setengahnya saja tidak tercapai atau bahkan bisa merugi. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menentukan produk apa yang hendak dijual.main

Anda bisa mencari informasinya terlebih dahulu dari mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan lain-lain. Jangan terlalu gegabah dalam mengejar sesuatu. Yang paling penting adalah konsistensi dan disiplin. Untuk itu ada bebearpa langkah yang patut diperhatikan dalam istilah internet marketing :

  1. Tentukan Ide anda
    Untuk mendapatkan ide bisnis anda bisa mencarinya di internet, bisa menggunakan kata kuci internet marketing, bisnis internet, cara cari uang dari internet, atau mungkin bisnis tanpa modal. Ada banyak kata kunci yang bisa kita cari dari internet.
  2. Lakukan Research
    Untuk melakukan research, anda perlu mengetahui siapa calon pelanggan anda, siapa saingan anda, dan berapa banyak orang yang mencarinya. Gunakan tools yang ada seperti google adwords. Nanti akan saya bahas di artikel yang berjudulCara mencari kata kunci yang populer“.
  3. Kompulkan Materi anda
    Mengumpulkan materi bisa dari internet, ataupun wawancara dengan praktisi-praktisi yang bergerak dibidangnya. Misal anda ingin membuat buku tentang ingternet marketing, maka carilah pakar-pakar internet marketing, lalu wawancarai. Sertakan juga foto-foto untuk mendukung produk informasi tersebut.
  4. Buat Website
    Jaman sekarang ini, suatu usaha harus ada websitenya supaya terlihat lebih bonafit, lebih terpercaya. mengapa bisa demikian, karena kehidupan masyarakat kita saat ini sudah tidak bisa dipisahkan dengan teknologi HP atau komputer. Buatlah website anda agar mudah dicari orang yang membutuhkanya.
  5. Promosikan website anda
    Untuk mempromosikan website anda, pakailah iklan-iklan gratis, atau sosial media seperti facebook, twitter dan yang lainya termasuk google plus.

Jadi secara singkat bisa saya gambarkan skemanya adalah sebagai berikut:

Tentukan ide => Lakukan research => Kumpulkan Materi => Buat Website => Promosikan Website
dari bagan diatas, maka akan mudah bagi kita melakukan internet marketing (menjual melalui internet) apapun produk yang kita punya.

Pasti Bermanfaat, Salam Dahsyat dan Sukses

Note
Himbauan : Jika artikel ini memang berguna untuk teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih 🙂

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda