Cara menulis Artikel SEO Friendly agar Mudah Terindeks Google

artikel SEO friendly

Sambungan sebelumnya tentang artikel seo friendly:

2# Tulis Artikel

Menulis Artikel SEO Friendly sebenarnya sangat mudah. Tapi sampai hari inipun masih juga banyak yang bertanya kepada saya, bagaimana cara menulis artikel yang baik, dan bagaiman cara mendapatkan ide dalam menulis artikel.

Apakah yang sering terselubung?

Kebanyakan orang tidak memberitahukan bahwa kita bisa mencari hal-hal unik, menarik, HOT bahkan yang lagi trend saat ini.

Kebanyakan orang tidak menjelaskan bagaimana cara mencari kata kunci atau “Keyword” yang benar. padahal caranya sangat mudah. Cukup dengan membuka Google Keyword Planner (https://adwords.google.com). Caranya kamu dapat membuka melalui link Google Adwords. ikuti langkah berikut ini:

Cara Menghasilkan Uang dari Blog google keywordplanner

Pada menu Tools > Keyword Planner, isilah kata kunci (keyword) yang ingin kamu cari
, serta target bahasa dan target negaranya. Dalam hal ini kamu pilih Indonesia. Lalu klik tombol GET IDEA.

artikel seo friendly

NB: Ikuti saja bagian yang ditandai panah warna MERAH. Nanti akan muncul data mengenai kata kunci yang kita inginkan. Lihat gambar berikut dan perhatikan penjelasan saya:

artikel seo friendly

Berikut ini penjelasan singkat tapi padat:

Kata kunci yang kita cari adalah “Cara membuat blog”. Perhatikan bagian Avg.Search Monthly, terlihat nilainya 74.000, itu artinya dalam sebulan, pencarian dengan kata kunci “cara membuat blog” sangat tinggi.

Selanjutnya perhatikan tingkat kompetisinya, dituliskan “LOW“, itu artinya persaingan halaman untuk kata kunci ini masih rendah. Apakah benar rendah dan mudah kita menangkan? BELUM TENTU. Mari kita lihat selanjutnya.

Bukalah browser baru, saya sarankan menggunakan incognito, atau versi PRIVAT dari sebuah browser. Jika kamu tidak mengerti, silahkan ikuti cara berikut:

artikel seo friendly dengan mode incognito

Penjelasannya: buka di menu browser kamu, lalu pilih New Incognito Window. jika sudah terbuka, kamu ketik “google.com” atau boleh juga versi indonsia “google.co,id”, ketika sudah terbuka kamu ketikkan pada kolom search kalimat berikut allintitle:”cara membuat blog” Perhaikan penulisannya yah? Jika kurang paham, lihat gambar berikut ini:

artikel seo friendly dengan mode incognito

Inilah yang sering sekali tidak diberitahukan orang ketika mencari kata kunci. Saya buka rahasianya yah?

Kebanyakan orang yang paham SEO tidak mungkin menjelaskan hal ini dengan detail, karena kalau mereka buka penjelasannya, itu artinya Anda jadi pesaing mereka. Tentu saja, jika Anda memiliki artikel SEO Friendly, itu artinya Anda menjadi saingannya.

[blockquote author=”-Jos”]Persaingan biasanya ditutupi agar Anda menembak kata kunci yang benar-benar sudah banyak pesaingnya.[/blockquote]

Penjelasan: Ketika kita mencari berapa sih jumlah pencarian setiap bulan, ternyata sangat tinggi yaitu mencapai 74.000, tapi dengan tingkat persaingan LOW. Kok bisa? Tentu bisa, itu adalah indek yang dibuat Google. Tapi yang tersembunyi adalah, ketika kita mengetikkan kata tersebut di mesin pencari bahkan dengan sangat spesifik “Cara membuat blog” dengan cara memasukkan kode “allintitle:” TERNYATA persaingannya sekitar 84.100 halaman.

Anda bayangkan, jika kamu adalah pemula dan baru memulai menulis blog, kemudian mengincar kata kunci ini dengan alasan “persaingannya LOW”, maka Anda terjebak. Tulisan Anda bisa dipastikan tidak akan muncul sampai kapanpun di halaman pertama Google.

Solusi: Carilah kata kunci yang pencariannya tidak terlalu tinggi, tapi persaingannya rendah, dan ketika kita menggunakan kode allintitle:”kata kunci”, terlihat persaingannya kurang dari 5000. Misalnya lihat di bawah ini:

artikel seo friendly cara membuat blog keyword menanam padi

Sedangkan ketika cari di Google Keyword Planner jumlahnya cukup tinggi tapi persaingannya LOW, lihat gambar berikut:

cara membuat artikel seo friendly menanam padi

Inilah kunci yang tidak pernah diberitahukan oleh orang-orang yang brgerak di SEO, karena jika diketahui, maka mereka akan menjadi saingannya.

Kesimpulannya: Carilah kata kunci yang pencariannya tinggi, tapi persaingannya rendah, baik itu dari Google Keyword Planner maupun dari msin pencari Google. Gunakan kode “Allintitle:” Kode tersebut maksudnya adalah mencari artikel yang judulnya mengandung kata yang kita cari.

Contoh kita mencari “Cara membuat blog”, itu artinya ada 84.000-an artikel yang judulnya menggunakan kata kunci tersebut. Anda bisa bayangkan betapa banyaknya saingan Anda.

Saran: Buatlah blog yang sesuai dengan Passion Anda, mudah dan Anda pahami dengan baik, dengan begitu artikel yang kamu buat pasti berkualitas. Jangan masuk pada kata kunci yang tingkat persaingannya sangat tinggi, karena artikel Anda akan menjadi percuma dan tidak dapat dicari orang.

Konsistensi dalam menulis artikel juga sangat dibutuhkan. Saya menyarankan Anda untuk menulis setiap hari paloing tidak satu atau dua artikel (lebih banyak lebih bagus), tujuannya supaya blog yang kamu bangun terlihat update setiap hari. Jangan posting banyak posting dalam satu hari, setelah itu absen beberapa hari. Ada baiknya kamu menggunakan fitur penjadwalan pada blog, sehingga kamu tidak terlalu sulit untuk menulis setiap hari. Buat saja beberapa artikel sekaligus, lalu kamu jadwalkan untuk postingnya.

Cara mendaftar di Google Adsense

Cara menghasilkan uang dari Blog

Related Posts

About The Author

3 Comments

Add Comment

Pesan Anda