8 Ciri Seorang Pemimpin

Kita sudah sering mendengar kata “Pemimpin” tapi apakah kita tahu bahwasanya kitapun bisa menjadi seorang pemimpin dan tahukan anda bahwa menjadi seorang pemimpin memiliki kriteria yang tidak mudah untuk dilakukan. Ini disebabkan karena adanya sifat egois dalam diri manusia. Siapapun orangnya tidak laki-laki ataupun perempuan, pada dasarnya memiliki sifat egois. Hanya saja kadar atau tingkat keegoisanya berbeda-beda. Ada yang memang sanggup bernegosiasi dengan prinsip dalam dirinya, sehingga dia mampu meredam keegoisan dalam dirinya. Tapi ada juga yang tidak mampu meredam atau mentolerir prinsip dalam dirinya, sehingga yang timbul adalah memaksakan prinsip tersebut.

Inilah yang membuat kata “Pemimpin” ataupaun kepemimpinan itu hilang dari benak kita, dan yagn terjadi kita tidak sanggup memimpin. Padahal setiap orang seharusnya mampu melakukanya, jika dia mau.

Oke sobat…kalau begitu mari kita belajar beberapa sifat kepemimpinan yang sering dan biasa kita lihat disekitar kita. Ciri seorang pemimpin yang dimiliki para pemimpin besar adalah :

  1. JUJUR
    Pernah dengar kata tersebut? Seorang pemimpin HARUS memiliki sifat jujur. Bagaimana mungkin seorang pemimpin mampu berkata bohong atau tidak jujur kepada setiap anggotanya atau bawahannya? Dia akan menjadi pemimpin pembohong, dan orang tidak akan suka yang mengakibatkan orang tersebut bukan menjadi pemimpin. Jika seorang pemimpin tersebut jujur, maka semua bawahanya akan mengikutinya.
  2. MAMPU BERKOMUNIKASI
    Terdengar biasa di telinga kita bukan? Yap…seorang pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan cara yang baik dan tepat kepada siapa dia berbicara dan bagaimana dia berbicara. Anda bisa bayangkan ketika seorang pemimpin pasukan khusus berbicara kepada anggotanya seperti berbicara kepada anak-anak. Anda bisa bayangkan…dimana kewibawaan seorang pemimpin pasukan tersebut? gak kebayang kaan…hehehehee….Jadi, belajarlah cara berkomunikasi dengan tepat, kepada siapa anda bicara, bagaimana kondisinya dan apa yang dibicarakan. Apakah hal penting atau hal yang biasa saja.
  3. MAMPU MENDELEGASIKAN
    Seorang pemimpin harus mampu mendelegasikan beberapa pekerjaanya. Dia tidak bisa menjadi “One Man Show” atau ingin menjadi yang terdepan. Pemimpin mau dan mampu mendelegasikan pekerjaan-pekerjaanya atau sebagian tanggungjawabnya kepada orang disekitarnya. Percayakan kepada tim yang anda bentuk dan beri mereka tanggungjawab seperti yang anda mau lakukan. Mampu mendelegasikan suatu tugas adalah suatu keahlian khusus yang tidak bisa dimiliki banyak orang.
  4. MEMILIKI RASA HUMOR
    Anda pasti pernah melihat seorang pemimpin yang tidak memiliki rasa humor. Ada bisa bayangkan ketika dalam kondisi yang penat, letih dan berat, pada saat itu juga tidak ada hiburan dan tidak ada dukungan dalam bentuk humor-humor yang mampu meregangkan otot dan pikiran. pasti terasa bete bukan? Untuk anda yang ingin menjadi seorang pemimpin…sepertinya anda harus mulai belajar tentang humor. Mungkin inilah ciri seorang pemimpin yang jarang kita temui bukan?
  5. KOMITMEN
    Jangankan seorang pemimpin, seorang bawahan atau follower saja harus harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap apa yang dia kerjakan. komitmenApalagi bagi seorang pemimpin. Itu adlah hal WAJIB yang harus dimiliki. Tujuan tanpa komitmen adalah sia-sia. Mungkinkah seorang pemimpin tersebut sukses jika dia tidak memiliki komitmen dalam dirinya untuk meraih kesuksesan tersebut? Jika anda memiliki komitmen yang kuat, dan anda berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkanya, maka anda akan mendapat respek dari anggota anda. Komitmen timbul dari hati yang paling dalam, sehingga sangat sulit menggoyahkan komitmen yang sudah sungguh-sungguh. Ini seharusnya sifat yang dimiliki para pemimpin bangsa Indonesia ini. Komitmen yang memberikan perubahan tanpa camput tangan orang lain.
  6. KREATIFITAS
    Biasanya keputusan yang diambil seorang pemimpin tidaklah mudah. Mereka harus memikirkan dampak positif dan dampak negatifnya. Itu sebabnya para pemimpin selalu punya pertimbangan yang matang untuk memutuskan sesuatu. Disinilah butuh kreatifitas dari seorang pemimpin. Cara belajar untuk memiliki kreatifitas ini adalah dengan berfikir out of the box. Artinya berfikir dengan cara yang berbeda. Atau istilah keren nyaaa….memiliki sud pandang yang lain dan berbeda tapi dengan tujuan yang tetap sama. Misal kita ingin melarang anak kita untuk tidak telepon sekarang. Kita tidak harus mengatakan “Jangan telepon sekarang”, tapi kita bisa katakan dengan lebih lembut dan kreatif yaitu “Nak…teleponya lain waktu saja, mungkin bisa lebih santai dan lebih lama ngobrolnya” Tentu si Anak akan berbeda cara berfikirnya.
  7. MENJADI INSPIRASI ORANG LAIN
    Anda bisa bayangkan ketika anda seorang pemimpin yang memiliki sifat kurang bagus. Anda akan menjadi inspirasi yang buruk bagi orang disekitar anda. winnerOleh karenanya milikilah sifat baik, dewasa, berwibawa dan mengayomi agar anda menjadi Inspirasi bagi banyak orang. Fokuslah kepada masa depan dan bekerjalah sekuat tenaga untuk mencapai tujuan yang sudah anda komitmenkan dari awal. jangan terpengaruh hal-hal yang fana atau sementara, walaupun kelihatan menyenangkan dan menggiurkan tapi ciri seorang pemimpin besar adalah “Selalu ada bagian yang lebih baik di depan sana“.
  8. Memiliki Intuisi
    Persoalan dan permasalahan tidaklah selalu mudah diselesaikan. Selalu ada jalan terjal yang paling sulit untuk dilalui. Bagi seorang pemimpin sejati, mereka pasti memiliki intuisi yang peka. Mereka mampu melihat resiko-resiko apa yang terberat ketika mereka mengambil suatu keputusan. Milikilah intuisi yang baik dalam mengambil keputusan penting.

Itulah 8 ciri seorang pemimpin yang bisa anda pelajari dan muai terapkan dalam diri anda, agar anda menjadi pemimpin yang arif dan bijaksana. Tetap belajar dan mejadi lebih baik bagin orang lain.

 

Salam Dahsyat dan Sukses

 

 

 

 

 

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda