Content Publisher dan Affiliate Marketing: Kelebihan Vs Kekurangan

Ilustrasi-Content Publisher dan Affiliate Marketing: Kelebihan Vs Kekurangan

Ilustrasi-Content Publisher dan Affiliate Marketing: Kelebihan Vs Kekurangan

Untuk menghasilkan uang secara online, banyak cara yang dapat kita tempuh. Content Publisher dan Affliate marketing adalah jenis bisnis online yang terkenal di dunia blogging. Ide kreatif dan fleksibilitas waktu dalam bekerja adalah faktor utama orang-orang menyukai jenis bisnis ini.

Untuk mengenal lebih dekat tentang Content publisher dan Affiliate Marketing, berikut ini kami ulas kelebihan dan kekurangan kedua jenis bisnis tersebut.

1 # Content Publisher

Content publisher adalah seseorang yang membuat dan menyebar luaskan konten berupa artikel, audio maupun video. Seorang conten publisher biasanya mendapatkan penghasilan dengan memasang Google Adsense di dalam blog atau webnya. Apabila ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut maka pemilik blog akan mendapatkan komisi dari pihak google.

Seorang Content Publisher juga bisa mendapatkan uang dengan cara menyewakan atau memberikan ruang iklan (banner) di bagian blog atau webya. Apabila ada pihak lain yang berminat untuk memasang iklan di bagian tersebut, seorang content publisher akan mematok harga sesuai dengan kesepakatan.

Berikut ini beberapa kelebihan keuntungan menjadi seorang content publisher:

  • Internet interpreneurship yang sangat simpel. Hanya perlu membuat web atau blog dan konten.
  • Tidak perlu direpotkan untuk membuat suatu produk.
  • Tidak membutuhkan layanan pelanggan (costumer service)
  • Peluang penghasilan yang sangat besar jika menggunakan cara scalling.

Kekurangan jenis bisnis content publisher:

  • Senantiasa mendapat tekanan untuk selalu membuat konten yang baik dan berkualitas.
  • Apabila tidak membuat basis data akan mengalami kesulitasn melakukan back-end untuk menjual suatu produk.
  • Sangat tergantung pada Google Adsense meskipun sudah banyak penyedia yang sama.

2 # Affiliate Marketing

Affiliat marketing merupakan seseorang yang membantu pembeli untuk menemukan penjual. Di sini seorang affiliate marketing bertugas sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Seorang affiliate marketing dikenal  pula sebagai makelar.

Seorang Affiliat Marketing bisa membantu menjual barang yang berwujud seperti televisi, kamera, telepon seluler dan lain-lain. Kita bisa mendapatkan barang-barang tersebut melalui situs web retail seperti amazon.com, zalora.co.id dan lazada.co.id.

Selain barang berwujud, seorang affiliate marketing juga bisa menjual barang tidak berwujud. Barang tidak berwujud ini bisa berupa e-book, au

Ilustrasi-Content Publisher dan Affiliate Marketing: Kelebihan Vs Kekurangan

Ilustrasi-Content Publisher dan Affiliate Marketing: Kelebihan Vs Kekurangan

Hal lain yang dilakukan oleh  seorang affiliate marketing adalah menjual produk. Saat ini seorang pembuat info produk mendapatkan komisi 75% atau bahkan 100%. Hal ini dikarenakan pemilik produk memiliki banyak sekali produk back-end yang dijual.

Bahkan menjual info produk dapat memiliki komisi melebihi menjual barang berwujud. Saat ini, komisi menjual barang berwujud sekitar 2,5% hingga 10% saja. Bandingkan dengan menjual info. Menjual info merupakan pekerjaan yang sangat mudah. Kita cukup membuat sebuah info yang akurat dan dapat menarik pengunjung untuk datang ke situs web pemilik produk.

Sebagai seorang penjual info produk, kita akan mendapatkan kode khusus dari pemilik, dengan kode tersebut yang merupakan tiket masuk yang harus diambil oleh pengunjung sebagai bukti bahwa mereka adalah pengunjung yang kita dapatkan.

Apabila pengunjung sudah masuk ke situs web dan membeli barang, kita akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan sebelumnya. Selain itu, seorang penjual info produk akan mendapatkan komisi setiap satu hingga dua minggu sekli apabila kita menjual info melalui clickbank.com

Jika kita berminat untuk mendapatkan komisi seperti ini, pertama-tama kita harus menggunakan jasa pengiriman uang Paypal terlebih dahulu.

Kekurangan  jenis bisnis affiliate marketing:

  • Sangat membutuhkan fasilitas basis data karena banyaknya penjualan yang kita perlukan.
  • Sangat membutukan pengetahuan tentang pasar, selling skill (kemampuan untuk menjual) dan copywriting (menulis)

Berikut ini beberapa kelebihan/ keuntungan menjadi seorang affiliate marketing:

  • Tidak perlu memiliki produk sendiri karena sudah banyak produk siap beli dari situs web retail.
  • Tidak harus memiliki layanan pelanggan (customer service).
  • Komisi yang besar membuka kesempatan penghasilan yang besar pula.
  • Adanya kesempatan untuk passive income.

 

 

 

 

About The Author

Reply

Pesan Anda