Contoh Proposal Bisnis Lengkap | Langsung Download

contoh proposal bisnis lengkap

Halo Frends marketingjoss, apa kabar??? Pasti baik yah. SELAMAT… kamu sudah menemukan artikel yang saya rasa bisa membantu kamu dalam mewujudkan impian kamu untuk memulai sebuah usaha. Mengapa saya mengucapkan selamat?? Karena saya bisa memastikan, bahwa kamu yang mencari materi tentang Contoh Proposal Bisnis Lengkap berarti sedang membuat rencana bisnis.

Teman-teman yang mencari cara membuat proposal berarti sekarang sedang merancang sesuatu yang membuatuhkan modal tentunya. Tapi persoalanya adalah, modal tersebut tidak ada pada saudara. Tapi pada para investor. Siapakah investornya??? Itulah yang akan dicari melalui Poposal ini.

Baca : Bisnis travel tanpa modal

Bagi teman-teman yang belum paham, saya jelaskan sedikit bahwa tujuan utama dari sebuah proposal adalah untuk menawarkan sebuah konsep atau ide kepada Inveswtor (yang punya duit) agar mau membiayai. Biasanya dibutuhkan proposal yang benar-benar lengkap. Jika dengan proposal yang kita buat tersebut para investor yakin dan percaya, maka biasanya mereka akan dengan mudah menggeglontorkan dana untuk memulai usaha atau bisnis yang akan kita buat.

Nah… sebenarnya tanpa membuat proposalpun kita bisa mendapatkan para investor dan mampu meyakinkan mereka dengan PASTI. Caranya bagaimana?? Tentu dengan sebuah pekerjaan yang sudah kita jalankan, atau sudah menunjukkan keberhasilan walapun belum maksimal. MAKSUDNYA BAGAIMANA om Jos???

Begini…. teman-teman tau dan pernah dengan Go-Jek kan??? Itu salah satu contoh usaha yang sudah dibangun, dan sudah menunjukkan PREDIKAT nya sebagai layanan Ojek nomor satu di Indonesia. Setelah mereka berhasil (ada hasilnya), maka banyak investor yang mau loooh menggelontorkan dananya untuk mengembangkan usaha tersebut.

Baca : Belajar membuat contoh teks berita lengkap (Voice)

Intinya seperti ini, kamu bisa mencari modal melalui proposal, tapi kamu juga bisa “DILIRIK” para pengusaha dan investor ketika sebuah usaha atau kinerja perusahaan mu berjalan baik. Atau bahkan baru membuat eksperimen saja, kamu bisa mendapatkan pendanaan loooh, tapi kali ini kita fokusnya PROPOSAL.

Contoh Proposal Bisnis yang baik seperti apa??

Pada intinya kan Proposal itu hanya untuk menjelaskan program kerja, tujuan, visi misi, keuangan, strategi dan langkah awal yang akan diambil. Nah…jadi dari sisi penulisan sebenarnya tidak ada yang baku. YANG PENTING kamu melalui prosposal tersebut mampu meyakinkan para investor. Jadi tidak ada yang benar-benar baik selain proposal tersebut diterima. Bagai mana format proposalnya??? saat ini sudah tidak baku lagi, yang penting mudah dipahami dan terlihat elegan.

Lalu apakah ada Contoh Proposal Bisnis ?

Saya akan memberikan contoh proposal bisnis yang sangat lengkap dan sederhana serta mudah dipahami. Teman-teman bisa langsung MENDOWNLOAD nya nanti. Tapi saya ingin menjelaskan beberapa bagian proposal secara umum. Sistimatika penulisan proposal sbb :

contoh proposal bisnis

Hal Judul (lihat contoh)

Hal Pengesahan (lihat contoh)

Hal daftar isi (lihat contoh)

BAB I. PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Pemilihan Usaha
  2. Visi-Misi

BAB II. PEMASARAN

  1. Gambaran Umum Pasar
  2. Gambaran Pasar
  3. Segmen Pasar
  4. Target Pasar
  5. Posisioning
  6. Perkiraan Permintaan Pasar
  7. Penawaran Produk
  8. Rencana Penjualan
  9. Srategi Pemasaran
  10. Produk
  11. Price/harga
  12. People/pemakai produk
  13. Promotion/Promosi
  14. Place/ Lokasi usaha
  15. Proses
  16. Desain Kemasan/Tampilan Produk

BAB III. ORGANISASI DAN MANAJEMEN

  1. Data Perusahaan
  2. Biodata Pengurus
  3. Struktur Organisasi
  4. Rancangan Kegiatan (Time Shcedule)

BAB IV. PRODUKSI/JASA/PENJUALAN

  1. Macam/Jenis Produk Usaha/Jasa/Penjualan
  2. Proses Produksi (Bagan flow chart)
  3. Kapasitas produksi
  4. Asset dan Investasi

BAB V. ANALISA KEUANGAN

  1. Sumber Pendanaan
  2. Modal Investasi (Barang)
  3. Modal Kerja (uang)
  4. Pembiayaan
  5. Perhitungan Laba Rugi
  6. Perhitungan Kembali Modal (BEP/Break Event Point)
  7. Analisis/prediksi keuangan 3 tahun kedepan

LAMPIRAN

  • Foto lokasi Usaha
  • Foto Produk
  • Foto Copy SIUP, NPWP (kalau ada) dsb.

Jadi dari struktur tersebut, kita bisa mempelajari secara menyeluruh dari isi sebuah proposal. Apakah HARUS seperti itu??? tidak juga. Teman-teman juga bisa melihat ada proposal bisnis travel yang saya lampirkan. Teman-teman bisa mempelajarinya.

INGAT satu hal yang paling penting, Contoh Proposal Bisnis yang saya buat adalah untuk pembelajaran bagi teman-teman, agar teman-teman bisa membuat proposal, kemudian teman-teman semua dapat Investor yang bisa membantu dari segi PENDANAAN untuk bisnis teman-teman semua.

Untuk lebih jelas melihat Contoh Proposal Bisnis yang sudah saya buat, teman-teman bisa langsung mengambilnya pada link download Contoh Proposal Bisnis.

Link Download : | Contoh Proposal Bisnis I | Contoh Proposal Bisnis II |

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda