Contoh Teks Iklan Yang Paling Ampuh Menarik Pelanggan

Struktur teks iklan

Ilustrasi hispanic-marketing| marketingjoss.com

Hai Frends, kali ini marketingjoss akan mengajarkan kepada teman-teman semua tentang struktur teks iklan nih. Mengapa kita penting mempalajari struktur teks iklan?? Seperti yang selalu saya bahas di marketingjoss.com ini, jika kita memiliki produk, maka itu tidak lepas dari marketing. Marketing adalah ujung tombak sebuah keberhasilan dari sebuah produk yang kita produksi atau yang kita miliki.

Contoh Teks Iklan Yang Paling Ampuh Menarik Pelanggan biasanya tidak perlu panjang. Yang penting bisa mengajak pembacanya memakai atau menggunakan produk yang mereka iklankan. Nah bagaimana caranya?? Tentu ada caranya. Tidak semua kata-kata bisa dibua untuk membuat teks iklan yang baik. Struktur teks iklanya juga harus diperhatikan agar rapih dan menarik tentunya.

Selain itu juga penyusunan warna dan kombinasinya harus baik. Itulah yang sangat penting dipelajari dalam membuat teks iklan yang baik. Yuk.. kita mulai belajar yah… ?

Baca: 7 Contoh iklan layanan masyarakat yang tidak pernah mati

Pengertian Teks Iklan Dan Fungsinya

Pengertian teks iklan adalah sebuah media komunikasi yang kita buat untuk menyampaikan informasi, mengingatkan ataupun mengajak pembaca untuk memakai atau membeli produk yang kita tawarkan. Melalui media ini, apa yang disampaikan bisa langsung dimengerti oleh setiap pembaca, tanpa harus kita perjelas dengan kata-kata.

Fungsi teks iklan 

  • Sebagai persuasi = (Mengajak), Dalam hal mengajak, biasanya tidak harus langsung mengajak pembaca untuk langsung membeli. Tapi bisa dengan cara yang lebih sederhana. Istilahnya Soft Selling
  • Sebagai Informasi = (Penyampaian Infoermasi Produk), Apakah ada produk baru atau kualitas yang baru atau mungkin fitur yang baru dari produk yang kita jual
  • Sebagai Pengingat = (Mengingatkan konsumen untuk memakai produk yang ditawarkan)

Jadi kalau kita sudah mengerti apa tujuan iklan, maka kita dengan mudah sekali menuliskan iklan apa yang hendak kita buat.

Struktur Teks Iklan

Lalu bagaimana sebenarnya struktur teks iklan yang baik? Kalau dikatakan yang baik, muengkin bisa banyak yah maksudnya, dan ini tidak bisa di standardkan. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Tapi kita mau belajar tentang GARIS BESAR pembuatan teks iklan yang baik.

  1. Judul : Walaupun tidak semua iklan menggunakan judul, tapi banyak juga penggunaan iklan yang memakai judul. Semua tergantung teknik dan cara penyampaianya. Nanti akan kita lihat beberap contoh penggunaan teks iklan tanpa judul dan menggunakan judul
  2. Nama Produk :Bahkan beberapa iklan terkadang tidak langsung menampilkan nama produk mereka. Ada yang menampilkan nama produknya kecil saja, tapi PERSUASI dari gambar yang dibuat mampu mengarahkan kita untuk mencari nama produk pada iklan tersebut.
  3. Penjelasan Produk :untuk bagian penjelasan produk biasanya tidak terlalu panjang. Jika terlalu panjang maka pembaca akan bosan membaca iklan anda.
  4. Desain : Mungkin bagian ini tidak termasuk bagian strukturnya tapi termasuk kedalam elemen penting dalam sebuah struktur teks iklan yang baik.

Keempat struktur teks iklan di atas sangat penting keberadaanya dalam sebuah teks iklan yang baik. Tapi selain itu ada juga ciri yang penting ktia pahami dalam sebuah bahasa teks iklan. Jadi tidak semua kalimat bisa kita masukkan. Apa saja ciri teks kebahasaan iklan :

#1. Kalimat Persuasif

Maksudnya adalah meyakinkan pembaca dan membujuk agar menggunakan produk yang kita tawarkan melalui iklan tersebut. Biasanya kata-kata yang mengandung persuasif yaitu “Segera dapatkan”; “murah dan cepat”; “murah tapi kualitas terjadmin”

#2. menggunakan Slogan

Gampangnya ini sebuah gabungan kata atau frasa yang maknanya jelas dan mudah dimengerti orang banyakMaksudnya sebuah frasa yang langsung mudah menancap di otak orang. Misalnya seperti ini : “Buanglah sampah pada tempatnya”; “Kekayaan tak ada artinya jika tidak sehat”; “Jenius itu 1% inspirasi dan 99% keringat” dan masih banyak lagi.

Baca : Memulai Usaha Travel Tanpa Modal

Biasanya bahasa iklan diambil dari turunan slogan-slogan yang ada. Dengan demikian sangat mudah dipahami orang yang membaca teks iklan tersebut.

Contoh Teks Iklan Yang benar

berikut saya buatkan beberapa contoh teks iklan yang baik, agar teman-teman bisa mempelajarinya :

contoh teks iklan 1Contoh Teks Iklan Produk

contoh teks iklan kfcContoh Teks Iklan Produk KFC

contoh teks iklan penjualanContoh Teks Iklan Penjualan

contoh teks iklan jasaContoh Teks Iklan Jasa

contoh teks iklan pertanianContoh Teks Iklan Pertanian

contoh teks iklan perawatanContoh Teks Iklan Perawatan

Nah, semua contoh-contoh di atas bisa kalian pelajari, mana kelebihan masing-masing, termasuk juga warna yang bagus. Initinya pembuatan teks iklan adalah kombinasi bahasa dan seni. Dimana kita bisa mengajak dari bahasa atau kalimatnya tapi juga dari sisi desainya bagus dan menarik sehingga terliha profesional. Dengan biegitu IMAGE pembaca tidak menganggap iklan kita adalah iklan abal-abal. Sukses buat teman-etman semua 🙂

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda