Desa Tanah Kuning Tempat Peluang Untuk Berbisnis

tanah kuning

Dermaga Muddani Tanah Kuning

Tanah Kuning adalah ibu kota kecamatan Tanjung Palas Timur yang berada di wilayah bagian timur Kabupaten Bulungan. Tanah Kuning terdiri dari daratan dan lautan dengan luas wilayah ± 299.002 Ha.

Letak geografis Desa Tanah Kuning, di bagian barat berbatasan langsung dengan Desa  Binai, bagian selatan dengan Desa Mangkupadi, bagian timur dengan Laut Sulawesi, dan bagian utara dengan Desa Kuala 1.

Desa Tanah Kuning merupakan ibu kota kecamatan Tanjung Palas Timur yang memiliki objek wisata pantai yang indah dan memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat berlimpah.

Penduduk Desa Tanah Kuning sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani tradisional yang berpenghasilan rendah. Sehingga penduduk Desa Tanah Kuning masih tergolong miskin.

Desa Tanah Kuning juga memiliki akses keluar daerah seperti menuju Ibu Kota Provinsi yang terletak di Tanjung Selor dengan menggunakan kendaraan darat, serta ke Kota Tarakan dan Kabupaten Berau dengan menggunakan kendaraan laut. Untuk lebih lengkap tentang desa Tanah Kuning kunjungi website resminya www.tanahkuning.id

Semakin berkembangnya perekonomian di daerah Ibu Kota Provinsi menjadikan penyebab utama Desa Tanah Kuning sebagai tempat berlangsungnya perdagangan Internasional.

Hal ini di karnakan Ibu Kota Kalimantan Utara adalah Ibu Kota Baru yang banyak memiliki potensi untuk menjadikan #peluang usaha bagi mereka yang ingin menginvestasikan modalnya.

Dibawah ini adalah beberapa peluang yang akan bagus untuk usaha Anda :

peninjauan

peninjauan lokasi bandara internasyonal desa tanah kuning

Baca : Jurus Jitu Untuk Menjadi Orang Sukses Tahun Ini

Rencana pembangunan Bandara Internasional

Hal ini dibuktikan dengan masuknya rencana pembangunan bandara ini ke dalam rancangan peraturan daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kaltara.

Ini adalah peluang bagi anda untuk ikut serta menjadikan peluang usaha yang akan menarik para wisatawan ataupun mereka yang singgah di wilayah tersebut.

Salah satu di antaranya adalah :

  • Membuka usaha kuliner bagi para pengunjung yang singgah di bandara tersebut.
  • Membuka usaha trasportasi darat seperti Taksi.
  • Membuka usaha pemancingan bagi para wisatawan, dan
  • Membuka usaha rekreasi di mana Desa Tanah Kuning memiliki pantai yang masih murni atau belum di eksploitasi.
perkebunan kelapa sawit

perkebunan kelapa sawit

Masuknya Perusahaan-perusahaan Besar

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa bisnis kelapa sawit memberi peluang sangat besar karena sebagai kunci perekonomian di Desa Tanah Kuning.

Beberapa perusahaan seperti PT. BCAP dan PT. Prima adalah contoh besar yang telah menunjukkan suatu pertumbuhan yang sangat pesat sebagai tempat menghasilkan uang.

Kebanyakan mereka yang memiliki lahan telah menggarap lahan mereka untuk di jadikan sebagai perkebunan kelapa sawit.

Baca : Jurus Sukses Memulai Bisnis Tahun Ini

Hal ini mengakibatkan banyak para pengusaha kecil membeli lahan-lahan masyarakat untuk di jadikan sebagai tempat berkebun kelapa sawit.

Adapun mereka yang tidak memiliki lahan dapat menjadikan perusahaan yang telah masuk sebagai tempat bekerja. Ini adalah peluang yang sangat bagus untuk anda yang tidak memiliki pendidikan ataupun lahan garapan.

para nelayan Desa Tanah Kuning

para nelayan Desa Tanah Kuning

Tempat Pemancingan (Nelayan)

Salah satu peluang usaha di bidang perikanan yang sangat menjanjikan adalah menangkap ikan di Tanah Kuning. Karena permintaan masyarakat akan kebutuhan ikan yang sangat besar, dapat di jadikan sebagai bisnis yang baik untuk Anda.

Di Desa Tanah Kuning memiliki 6 jenis penangkapan ikan yaitu Tambak, Pemancingan ikan, usaha bagang ( liat gambar di atas), Belle, memukat ikan (penangkapan ikan menggunakan jaring-jaring lunak), dan menangkap ikan menggunakan Terrol.

Adapun jenis ikan yang mereka tangkap sangat beraneka ragam. Harga dari hasil tangkapan mereka sangat bervariasi. Tergantung jenis ikan apa yang telah tertangkap.

Kesimpulan

Jadi peluang itu sangat lah banyak dan sebenarnya sudah ada di depan mata kita, tinggal kembali kepada diri kita masing-masing mau memanfaatkannya atau tidak.

Berdasarkan uraian di atas hanya beberapa saja yang dapat saya sampaikan, tetapi masih banyak lagi peluang usaha untuk wilayah di sekitar Desa Tanah Kuning ini baik itu berupa jasa maupun berupa barang.

Jika peluang tersebut benar-benar Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya maka bisa meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarga dan masyarakat di sekitar daerah tersebut.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan untuk anda yang ingin memulai usaha di Desa Tanah Kuning ini, semoga ada sedikit yang terlintas di benak Anda kedepannya, karena ini adalah tempat usaha jangka panjang bagi anda yang ingin berbisnis.

Baca juga : Peluang Bisnis Usaha Modal Kecil di Perdesaan

NOTE : Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, silahkan di share ya agar teman kita yang lain bisa merasakan manfaatnya juga. Terimakasih

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda