Facebook Lite akan ‘Membunuh’ Aplikasi Facebook Sesungguhnya

facebook lite lebih ringanSudah mendengar kabar baru dari pihak Facebook? Kali ini ada kabar mengejutkan sekaligus menggembirakan bagi anda pengguna smartphone. Itulah keharidan aplikasi facebook lite.

Facebook lite sebenarnya sama saja dengan aplikasi facebook yang ada di Google store atau apple store. Hanya saja pihak facebook melihat sesuatu yang masih perlu untuk dikembangkan dari aplikasi tersebut.

Aplikasi facebook yang saat ini ada di Googel Play sebenarnya sudah baik dan dengan update terakhir yang mereka lakukan, terlihat aplikasi ini sangat ringan dan sederhana serta mudah dinaigasi atau dioperasikan. Tetapi permasalahanya adalah aplikasi yang satu ini tidak berjalan mulus pada handphone yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi dan koneksi jaringan yang kurang bagus.

Dengan tujuan yang dimiliki Facebook, bahwa mereka ingin mewujudkan seluruh dunia dapat terkonesi dengan media sosial, maka mereka mengembangkan aplikasi yang lebih ringan, sehingga pengguna smartphone dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi dengan jaringan yang tidak terlalu bagus misalnya 2G atau Edge TETAP bisa menikmati fasilitas dari Facebook ini.

Secara tampilan facebook dan facebook Lite adalah mirip. Hanya ada beberapa perbedaan saja. Yang terlihat jelas adalah antar muka Facebook lite lebih Simple dan Flat, Tidak terlalu banyak animasi, mnggunakan konsep FLAT.

facebook liteDari sisi tampilan aplikasi Facebook lite ini lebih mirip tampilan facebook pada komputer atau browser. Dengan demikian akan meringankan kerja dari smartphone anda. Tampilan sederhana ini tentu akan membuatnya loading lebih cepat.

Dari segi besaran aplikasi, facebook lite hanya sekitar 872KB saja, berbeda jauh dengan aplikasi facebook yang Biasa kita lihat di Google play mencapai puluhan Mega Byte.

Dari tampilan Feeds, maka kita melihat tampilan facebook lite lebih besar/Full sreen (tergantung sebesar apa screen nya. Sementara kalau aplikasi facebook awal terlihat lebih rapi agak ketengah dan dinamis.

Dari sisi tampilan notifikasi terlihat sangat berbeda antara Facebook Lite dengan Facebok biasa. Pada facebook lite notifikasinya berbentuk kotak FLAT dan agak besar (seolah ingin menunjukkan eksistensinya dan kekuatan dari kotak yang diberikan), sementara pada notifikasi Facebook biasa terlihat bulat tapi agak kecil (mencirikan kelembutan dan kehalusan).

facebook lite notification

facebook apps notificationNah…perbedaan-perbedaan mendasar inilah yang membuat Facebook Lite akan lebih ringan dari pendahulunya.

Apakah Facebook Lite Akan menjadi pembunuh Facebook Apps??

Saya rasa masih terlalu dini mengatakanya seperti itu. Tapi bukan tidak mungkin para pengguna facebook beralih ke facebook lite. Alasanya JELAS, bahwa mereka ingin kecepatan, Ringan loading dan HEMAT bandwith. Kita tunggu saja apakah yang akan terjadi. Tapi bagi Facebook, itu tidak akan masalah selama pengguna mereka masih menggunakan Facebook, tidak peduli dari laptop, PC, smartphone Canggih atau smartphone jadul… yang penting tetap menggunakan media sosial buatan Mark Zuckerberg.

Untuk Download Facebook Lite silahkan langsung ke Google Play

Baca Juga : Media sosial yang paling baik digunakan untuk bisnis online

Note
Himbauan : Jika artikel ini memang berguna untuk teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih 😀

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda