Bisnis Online di Facebook menggunakan fitur SELL

Masih tidak percaya bahwa bisnis online sedang dalam kecepatan penuh untuk melaju kencang di tahun-tahun yang akan datang? Masih belum NGEHH.. juga niiiih sobatt???…hehehehe….Okey…saya tambahin yah informasi tentang kemajuan bisnis online dimasa mendatang. Dan jika anda tidak segera mengikutinya…UPPSS….ba..baaaiiiii….by..by….anda akan tertinggal sangat jauh.

Kamu yang punya bisnis online sebagai bisnis sampingan, jangan berkecil hati SOB…paling tidak kamu sudah mengawalinya lebih dulu daripada mereka yang punya bisnis “mungkin lebih besar” tapi mereka tidak bermain di dunia maya atau yang sering disebut bisnis online dari kamu. Yaah…paling tidak mereka seharusnya melakukanya sebagian-sebagian. Artinya tidak sekaligus semuanya berpindah ke Online. Bay dewey…ketombey…basweyy…gini deh…saya kasih informasi penting nih…buat para sobat Marketing Joss.. beberapa waktu ke depan ini, expedisiFacebook akan mengeluarkan fitur terbaru dari aplikasi mereka. Fitur tersebut bernama Fitur Sell. Waaaww…dari namanya saja sudah terbaca sangat waaaww…artinya facebook akan mempermudah para penggunanya untuk melakukan aksi jual beli (pasar) online. Desas desus ini memang belum nyata…tapi kalau sampai menjadi kenyataan brooooo…..dan kita belum siap…maka yang terjadi sama seperti waktu-waktu yang lalu yang sudah banyak kita lewat bersama menggunakan aplikasi facebook, hanya bisa menulis status galau dan hanya bisa komentar tidak jelas dan bernada provokatif di berbagai situs berita dengan akun facebook. Hahaha…sayang sekali….

Okey…gini bro..mungkin pertanyaan sobat Marketing Joss di sini akan bertanya… “lalu….apa yang harus saya lakukan?”. Begini bro…mulailah persiapkan semua yang berkaitan dengan dunia online :

  1. Akun Media Sosial yang Bersih
    Maksudnya bersih itu begini bro…sist…bukan bronis. Jika kamu memiliki sebuah produk yang pantas dijual secara online, fokus pada jualan andamaka buatlah akun khusus untuk jualan kamu itu. Jangan pernah menggunakan akun pribadi untuk berjualan. Itu tidak profesional dan terkesan terlalu termehek-mehek. Anda akan kalah bersaing seiring dengan berjalanya waktu. Ini sudah dibuktikan banyak orang. Mereka berjualan di akun pribadinya, awalnya bagus…tapi lama kelamaan mereka ditinggalkan. Membuat akun profesional tidaklah sulit. Jangan pernah menulis status galau atau status percintaan pada akun bisnis online anda. Ini terlihat sepele, tapi memiliki efek yang besar dikemudian hari. Banyak orang berjualan di facebook atau akun media sosial, ketika mereka mulai membuat status-status yang tidak relevan dengan produknya, maka mereka akan ditinggal para pembelinya. Ajaklah pelanggan anda berkomunikasi secara interaktif mengenai produk yang anda jual, dan jangan menjelek-jelekkan produk orang lain. Cukup ceritakan keunggulan produk anda.
  2. Belajar Cara memFollowUp dengan Baik dan Benar.
    Dalam dunia bisnis…Follow up itu sudah pasti sangat penting bro…erat kaitanya dengan dunia marketing. Ya iyalah…coba bayangkan anda sudah punya konsumen kemudian dia order barang ke anda, kemudian anda tidak follow Up…yah…sfollowup pentingalah anda dooong…heheeh…..Belajar cara follow Up yang baik, sopan dan tetap benar bro, sist. Contoh…”Orderannya sudah kami siapkan dan sudah kami packing yah bro, sist…hari ini juga kami kirimkan. Jangan lupa untuk selalu update informasi dengan melihat-lihat facebook kami”. Nah…looh…lebih enak dan menarik kan??? belajar yah broo..
  3. Persiapkan Infrastrukturnya.
    Bisnis harus ada infrastruktur dong bro, sist. Misalnya anda harus punya rekening bank yang cukup. Usahakan jangan hanya memiliki satu bank saja. Anda bisa buka rekening minimal 5 bank besar di Indonesia yaitu MANDIRI, BNI, BCA, BRI, DANAMON, CIMB Niaga. Buat juga website anda bro, sist. membuat website tidak sulit kok, dan harganya juga tidak mahal. Anda bisa membuat website dengan harga murah. Untuk Domain sama hostingnya beli saja yang kisaran Rp 250.000,- hingga Rp 750.000,- Itu sudah sangat bagus dan terkadang mereka sudah kasih jadi, kitanya tinggal pakai saja.
  4. Promosi
    Promosikan usaha anda di dunia nyata juga yah…jangan hanya di dunia online. Misalnya sedang bekerja di kantor anda, anda bisa cerita-ccara promosierita tentang usaha anda…dan mereka bisa mengunjungi anda di website anda serta akun media sosial anda. Seperti poin nomor sati diatas, jangan lupa…berinteraksilah dengan orang-orang yang memberikan komentar pada akun media sosial anda. Kalau anda punya cukup uang, anda juga bisa memakai jasa iklan berbayar seperti google, detik dan masih banyak lagi…cek di internet ajah yah
  5. Selalu Update Produk Anda
    Ingat…upupdate produkdatelah selalu produk anda agar pelanggan anda dan calon pelanggan anda melihat perkembangan produk yang anda jual. Kalau barangnya terlalu lama tidak di update, maka pelanggan dan calon pelanggan akan males untuk berkunjung lagi ke bisnis online anda.

Nah….Jika sudah memastikan 5 hal tersebut berjalan baik…maka ketika suatu saat Fitur Sell pada facebook muncul…anda salah seorang yang sudah siap untuk menggunakanya dan tidak perlu belajar lagi. Ingat baik-baik dalam dunia bisnis siapa yang cepat dia yang dapat lebih dulu. Kalau kita terlambat, maka kita tidak dapat apa-apa. So…Mulai lah dari sekarang dan selalu bergerak maju mengikuti jaman…

Pasti Bermanfaat, Salam Dahsyat dan Sukses

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda