Fungsi Google Webmaster Tools (Lengkap)

fungsi google webmaster tools1Beberapa lalu banyak teman-teman bloger yang bertanya tentang peranan dan fungsi google Webmaster tools dan bagaimana cara penggunaanya. Sebenarnya sudah banyak orang yang membahas tentang hal ini, dan sudah lengkap bahkan lengkap sekali. Akan tetapi, dikarenakan banyaknya pertanyaan yang itu-itu terus, dan akhirnya saya letih juga menjelaskan menggunakan chatt dan coment, akhirnya dengan senang hati saya akan menjelaskan tentang google webmaster tools. Nanti kalau ada yang kurang…tolong ditambahin di kolom komentar yah….supaya setiap orang yang membacanya menjadi lebih paham. Saya akan menjelaskanya dengan kata-kata saya sendiri, dan saya usahakan menjelaskanya dengan SANGAT SEDERHANA.

Ingat…Motto saya “Ilmu bukan untuk diri sendiri tapi untuk orang lain” jadi jangan pelit ilmu yah….heheheeh. Yuk kita bahas bersama.

PERTAMA

Google Webmaster Tools adalah sebuah alat gratis yang dibuat oleh google, tentunya berbasis web (Web Base dan bukan Software) untuk melihat hal-hal seperti Verification Details, Website yang didaftarkan di mesin pencari google, Search Appearance, Search Traffik, Google Index, Crawl, Security Issues dan Other Resources.

KEDUA

Google Webmaster tools berfungsi sebagai jembatan kita untuk mengatur Optimasi pada search engine google, agar website atau blog yang kita miliki selalu ter-index dengan baik oleh mesin pencari google.

Berikut saya ulas mengenai fungsi webmaster tools secara lengkap :

1. Search Appearance

Ada beberapa hal yang bisa kita gunakan melalui menu ini. Yang pertama Struktur Data. Struktur data ini terdiri dari : Hentry (author, entry-title, updated), Review, WebSite, Person,  AggregateRating, hcard. Untuk melihat lebih jelasnya silahkan masuk ke google webmaster tools. Jika ada kesalahan, cepat memperbaikinya agar web/blog anda tetap dalam keadaan sehat dan baik.

2. Search Traffick

Pada menu ini terdapat beberapa subMenu yaitu : Search Queries, Links to Your Site, Internal Links, Manual Actions, International Targeting, Mobile Usability. Dari menu ini kita bisa mengetahui Traffik yang datang ke website kita melalui link yang mana. Kemudian Link mana saja yang mengarah ke website kita atau artikel kita, baik itu internal link ataupun dari luar. Selain itu kita juga bisa melihat performance website kita ketika dibuka dari Smartphone. Apakah ada bagian yang erorr.

3. GOOGLE INDEX

Dari judulnya saja pasti anda sudah bisa menebak yah….pada menu google Index ini ada beberapa menu yaitu : Index Status, Content Keywords, Blocked Resources dan Remove URLs. Menu-menu ini sangat penting perananya untuk mengatur link yang ada di direktory google. Sehingga jika ada yang hendak kita delet atau kita hapus link nya dari google, kita menggunakan menu ini. Terdapat menu Remuve URLs. Untuk cara mengetahuinya silahkan baca

Baca juga : Menghapus Link Erorr pada Google Webmaster Tools

Selain itu masih pada menu Google Index ini ada menu Content Keywords. Jika kita mengklik menu ini, maka kita akan melihat kata apa yang paling banyak anda gunakan dalam web/blog anda. oleh karena itu saran saya, pastikan kata yang paling banyak anda gunakan sesuai dengan tema yang anda pilih. Misal tentang bisnis online, maka pastikan anda lebih banyak menulis kata bisnis onlie pada setiap artikel anda tentang bisnis Online. Tapi INGAT, tidak boleh terjadi pengulangan yang sangat banyak sehingga artikel anda terlihat seperti Sampah atau SPAM.

3. Crawl

Ini juga sangat penting menu di dalamnya adalah : Crawl Errors, Crawl Stats, Fetch as Google, robots.txt, Tester, Sitemaps, URL Parameters. Dari Menu Crawl Erorr kita bisa menghapus link-link erorr yang sudah pernah kita masukkan di google. Patikan semua menu tersebut anda cek dan tidak ada erorr nya. Jika ada erorr, maka segeralah memperbaikinya agar web/blog anda mudah terindex google kembali. Pastikan juga bahwa anda men-Submit Sitemap.XML anda.

Untuk dua menu lagi Security Issues dan Other Resources, silahkan anda lihat dan pastikan juga tidak ada yang erorr. Jika terjadi kesalahan, segeralah memperbaikinya.

Other resources

Structured Data Testing Tool Use the Structured Data Testing Tool to check that Google can correctly parse your structured data markup and display it in search results.
Structured Data Markup Helper Not sure how to start with adding structured data markup to your HTML? Try this point-and-click tool.
Email Markup Tester Validate the structured data contents of an HTML email using Email Markup Tester.
Google My Business Make sure your business looks great on Google Search, Maps and Google+ for free.
Google Merchant Center The place to upload your product data to Google and make it available to Google Product Search and other Google services.
PageSpeed Insights Use PageSpeed Insights to find out how to make your web pages fast on all devices.
Custom Search Harness the power of Google to create a customized search experience for your own website.
Google Domains Find a domain name and build a website with Google Domains.
* Untuk lebih Detail cara-cara penggunaanya, silahkan beri komentar di bawah ini.

KESIMPULAN

Bagi anda yang ingin melakukan aktifitas SEO untuk blog atau website anda, maka pastikan anda menggunakan Google webmaster tools agar lebih maksimal.

Related Posts

About The Author

19 Comments

Add Comment

Pesan Anda