Gelombang PHK Massal Sampai Kepada Perusahaan Farmasi – BERSIAP!

PHK massal perusahaan farmasi

Ilustrasi | trump

PHK, tampaknya sudah menjadi momok menakutkan untuk setiap pekerja atau karyawan. Mungkin ini akan sedikit berbeda bagi anda yang menduduki jabatan tertentu di sebuah perusahaan. Misalkan Anda adalah seorang Manager atau mungkin kepala bagian.

Gelombang PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) biasanya sangat dekat dirasakan oleh buruh-buruh dibandingkan dengan Anda yang bekerja mendapatkan posisi tertentu di sebuah perusahaan.

Terjadinya pelemahan ekonomi di seluruh penjuru dunia telah menghantarkan banyak perusahaan bangkrut alias gulung tikar. Baru saja beberapa minggu lalu diberitakan bahwa perusahaan mobil ternama Amerika yaitu Ford mengundurkan dirinya untuk kembali ke negaranya, muncul pernyataan yang menyebutkan bahwa salah satu raksasa perusahaan elektronik Jepang SHARP juga mulai terdengar gonjang-ganjing terancam bangkrut.

Tak sampai di situ, beberapa perusahaan besar di Indoensia juga semakin santer terdengar berita bahwa mereak akan melakukan PHK untuk sejumlah besar karyawannya. Apa jadinya jika terjadi PHK besar-besaran? Yang pasti akan banyak pengangguran dan tingkat kriminalitas bertumbuh dengan cepat. Ini menjadi PR semua orang terutama pemerintah.

Dilansir dari beberapa sumber informasi berita, bahwa Konfederesi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) telah meminta kepada pemeritnah untuk melakukan penanganan untuk masalah PHK besar-besaran ini. Tak terkecuali, ternyata saat ini PHK sudah mengancam perusahaan farmasi.

Presiden KSPI mengatakan bahwa “Perusahaan farmasi kembali melakukan PHK besar-besaran pada bulan februari 2016 ini”. Dia mengatakan bahwa ada ratusan buruh yang akan di PHK selama bulan Februari ini (7/2/2016).

Berikut adalah beberapa perusahaan farmasi terbesar di Indoensia yang akan melakukan PHK antara lain:

  1. PT Novartis ±100 Orang (Kuningan)
  2. PT Sandoz ±200 Orang di Pasar Rebo, Jakarta Timur
  3.  PT Sanopi Aventis 5 orang yang kemungkinan menjadi 100 orang di Jakarta Timur.

Belum ada konfirmasi yang PASTI untuk berita yang beredar ini, tapi beberapa alasan yang muncul atas PHK ini adalah ingin memangkas kapasitas produksi. Bahkan dikatakan bisa saja gelombang PHK massal perusahaan farmasi ini bisa saja sampai kepada beberapa perusahaan farmasi lainnya seperti  PT Jhonson and Jhonson, PT Merck dan PT Glaxo.

“Sungguh, ini benar-benar ada PHK, bukan main-main dan mengada-ada. Perusahaan farmasi yang sudah melakukan PHK merupakan perusahaan multinasional dari Perancis dan Swiss, dan mereka sudah puluhan tahun di Indonesia,” kata Said.

Kabar buruk Vs Kabar Baik

Apakah ini kabar buruk? atau mungkin ini adalah kabar baik?

Baca : BOOMING: Kerja online dari rumah dapat bayaran mahal

Saya akan memberikan sedikit penjelasan kepada Anda semua, bahwa mungkin itu adalah kabar baik buat para karyawan secara umum. Meangapa? Karena dengan tekanan seperti itulah (Ancaman PHK) barulah kita berfikir lebih jauh dan lebih panjang. Ternyata selama kita bekerja kepada perusahaan orang, maka ada ancaman PHK yang selalu membayangi kita.

Apakah itu kabar baik? Ya! saya katakan itu adalah kabar baik buat Anda yang sudah lama menghabiskan waktu dan tenaga Anda untuk perusahaan dan memperkaya orang lain (perusahaan). Sekarang saatnya Anda memperkaya diri Anda.

Bagaimana caranya?

INGAT… saya selalu mengatakan kepada banyak orang, bahwa orang sukses adalah orang yang sering bertanya “Bagaimana Caranya”. Jadi, ketika anda bertanya bagaimana caranya, maka sebenarnya Anda ingin sukses dan akan sukes.

Lalu bagaimana caranya? Sukses tidak dibangaun dalam satu malam. Sukses dibangun dari kerja keras, keringat dan doa Anda. Jadi kalau anda ingin sukses, mulai hari ini anda harus melakukan ketiga hal tersebut.

Tapi saya tidak punya modal

Orang yang menganggap bahwa kesuksesan munculnya dari modal (terutama uang) adalah kesalahan besar. Modal tidak selalu harus uang. Modal bisa hubungan baik anda dengan orang lain, relasi, pengetahuan, informasi dan masih banyak lagi. Inilah modal sesungguhnya.

Baca  : 6 Cara kaya dari hobi

Juallah apa yang kamu punya

Orang yang sukses dalam kehidupan finansial adalah orang yang menjual. Jadi, apapun yang bisa kamu jual, juallah itu, kemaslah sebaik-baiknya. Perhatikan bahwa mereka-mereka yang sukses besar adlah orang yang menjual. Sekalipun mungkin bukan mereka yang menjualnya secara langsung.

perhatikan Bill Gates, Jeb Bezos, Mark Zukerberg, Jack Ma dan masih banyak yang lainnya. Mereka adalah penjual-penjual sejati. Apa yang mereka jual? pasti kamu sudah tau. Apakah mereka menjualnya secara langsung? Mungkin saat ini tidak! Tapi mereka mencari orang untuk menjual produk mereka.

Jadi, apa yang bisa kamu jual? Bisa kemampuan, Skill, Pengetahuan, Informasi, produk dan masih banyak yang lainnya. Dengan begitu, kamu bekerja untuk dirimu sendiri, bukan untuk orang lain. Sehingga ancaman PECAT atau PHK tidak akan pernah menghantui Anda.

“You are the bos in your bussiness” mungkin kata-kata itu paling tepat untuk anda yang berusaha sendiri, dan tidak mungkin bos memecat dirinya sendiri  🙂 

Kesimpulannya, maukah anda menjadi bos? Atau mungkin anda masih berharap menjadi buruh atau suruhan orang lain, yang akan memperkaya mereka tapi anda diperhadapakan pada situasi tidak tentu. Jadilah bos pada usaha anda sendiri, seberapapun kecilnya usaha yang kamu miliki.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda