Google Adwords vs Facebook Ads, Manakah yang Lebih Efektif?

Strategi promosi adalah faktor penting dalam keberlangsungan suatu kegiatan bisnis. Apabila proses promosi tidak dilakukan maka calon konsumenpun tidak akan mengenal produk yang dijual. Para calon konsumen tidak akan mengetahui berbagai informasi yang detail mengenai produk yang dijual.

Jika tidak mengetahui produk yang dijual, tentunya mereka tidak akan tertarik untuk membeli produk tersebut bukan? Untuk menarik minat para calon konsumen, banyak penjual mencoba beragam ide kreatif dalam pembuatan iklan.

Tidak hanya media cetak maupun elektronik saja, kini aktivitas promosi produk juga gencar dilakukan di dunia maya. Promosi melalui dunia maya dapat dilakukan dengan media berbayar agar cepat mendatangkan pembeli. Terdapat 2 jenis iklan berbayar yang telah terbukti mampu mendatangkan pembeli dalam waktu yang relatif singkat yaitu Google Adwords dan Facebook Ads

Google Adwords Vs Facebook Ads, Manakah yang Lebih Efektif?

Merupakan sebuah layanan iklan berbayar yang bertujuan mengarahkan para pengunjung untuk melihat iklan yang kita pasang, keduanya mempunya target pasar yang luas. Sebagai mesin pencari, Google Adwords menggunakan hasil pencarian untuk menampilkan iklan sedangkan facebook merupakan media sosial sebagai tempat untuk menempatkan iklan. Bagaimana jika kita harus memilih salah satu diantara keduanya? Keduanya memiliki target pasar yang sangat luas. Dampak keduanya dalam aktivitas bisnis juga cukup besar. Manakah yang lebih efektif? Google Adwords atau Facebook Ads? Berikut ini ulasannya:

1 # Google Adwords

Merupakan sebuah program pengiklanan yang dibuat oleh Google, Google Adwords memanfaatkan mesin pencari untuk menempatkan iklan produk.

Kelebihan dari Google Adwords adalah:

  • Google mempunyai pangsa pasar yang cukup besar karena merupakan mesin pencari yang terbesar saat ini
  • Kita dapat mengatur letak penempatan iklan sehingga mudah dilihat oleh pengunjung.
  • Dengan Google Adwords, kita dapat mudah memilih kategori iklan. Saat pengunjung mencari sebuah kata kunci yang mengacu pada promosi produk kita maka iklan akan dengan mudah muncul.
  • Iklan menjadi tepat sasaran karena sesuai target yang kita rencanakan. Dengan menggunakan kata kunci yang dicari, maka iklan yang muncul akan sesuai dengan target yang kita
  • Pengunjung tidak perlu login ke Google terlebih dahulu untuk bisa melihat iklan produk Anda. Google Adwords mampu menjangkau banyak orang yang melakukan browsing pada mesin pencari.

Kekurangan Google Adwords:

  • Google Adword dapat mudah terkena banned. Apabila terdapat link yang mencurigakan pada iklan yang kita tayangkan atau Google menemukan pelanggaran pada iklan yang ditayangkan maka iklan tersebut akan di-banned. Berhatilah-hatilah dalam menempatkan iklan di Google Adwords! Sebaiknya pahami dan perhatikan TOS yang dimiliki Google Adwords agar tidak mudah terkena banned.
  • Proses pembayaran iklan yang kita tayangkan hanya dapat dilakukan dengan kartu kredit saja.

2 # Facebook Ads

  • Merupakan salah satu layanan periklanan dari Facebook, Facebook Ads menempatkan iklan promosi produk di sisi kanan dalam tampilan media sosial.
  • Kelebihan Facebook :Facebook memiliki pengguna terbanyak dibandingkan sosial media yang lain. Menjadi tempat banyak orang saling berbagi setiap hari, Facebook Ads memudahkan para pebisnis untuk menempatkan iklan sesuai target iklan yang dipasang. Penempatan iklan dapat disesuaikan dengan status, jenis kelamin, usia dan asal Negara. Dengan Facebook Ads, promosi akan tepat sasaran.
  • Kekurangan dari layanan Facebook ialah iklan hanya dapat dilihat oleh para pengguna facebook saja. Walaupun telah menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia, kenyatannya tidak semua orang mempunyai akun Facebook. Hal tersebut menyebabkan target iklan hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu saja yakni para pengguna Facebook.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan Google Adwords dan Facebook, manakah diantara keduanya yang paling efektif?  Jawabannya kembali pada Anda sebagai calon pengiklan. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan mendukung bisnis Anda.

Berdasarkan ulasan di atas, kita tentu sudah memiliki gambaran akan memilih layanan mana bukan? Tentunya pemilihan layanan periklanan tersebut didasarkan pada kebutuhan bisnis kita. Salam sukses.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda