Menggunakan Google Trend untuk Membuat Artikel Menarik

Hai Friends, setelah beberapa hari hanya bisa menulis beberapa artikel dikarena kan mentok gak tau mau nulis apa, akhirnya saya menemukan cara untuk menulis artikel dengan cepat dan topik yang sedang hangat. Ceritanya begini, jika kita menuliskan topik yang sedang hangat terjadi, maka kecenderungan artikel kita untuk dibaca orang akan sangat besar. Memang kalau ditinjau dari relevansinya mungkin tidak akan terlalu relevan dengan artikel anda. Tapi tenang, kita juga bisa memisahkan kategori sesuai yang kita mau. Intinya…jika teman semua ingin artikelnya banyak dibaca orang, dan banyak pengunjung…maka gunakan trik sederhana ini yaitu Google Trend untuk Membuat Artikel Menarik.

Mari kita buat langsung yah…ini akan lebih banyak praktiknya daripada teori, jadi siapkan kopi anda supaya anda tidak ngantuk dan pastikan koneksi jaringan anda benar-benar baik dan satu lagi, jangan lupa Cemilan. Pertama untuk menggunakan google trend, ketikkan di address barr anda https://www.google.com/trends Jika anda males untuk menulis, cukup klik google trends akan muncul tampilan seperti gambar. pastikan anda tidak salah yah

google trends

Klik Untuk Memperbesar

Jangan salah menggunakan, karena jika anda salah menggunakan dan seenaknya maka anda tidak akan menemukan trend yang anda inginkan.

Selanjutny klik menu TRENDS dan dan pilih Explore

menggunakan google trends untuk membuat artikel4

Klik Untuk Memperbesar

Ingat sekali lagi yang saya katakan, fokuslah melakukan pencarian trends yang anda inginkan

Berikutnya pada menu WorldWide, klik dan pilihlah negara Indonesia. Tujuanya agar pencarian trends kita lebih tertarget di Indonesia. Jika teman semua ingin menarget negara lain juga bisa, siapa tahu anda main di bahasa inggris, maka pasarnya lebih besar.

menggunakan google trends untuk membuat artikel4

Klik Untuk Memperbesar

Untuk menu Date pastikan anda memilih waktu yang tidak terlalu panjang. Saran saya hanya 30 Hari hingga 90 Hari saja. Tujuanya supaya kita bisa melihat perkembanganya dalam waktu dekat ini saja. Tapi jika anda ingin melihat hingga beberapa tahun lalu juga tidak apa-apa. Silahkan saja. Yang penting anda mudah menganalisanya.

menggunakan google trends untuk membuat artikel4

Klik Untuk Memperbesar

dalam Hal ini saya memilih 30 hari terakhir saja bagi saya itu cukup. Berarti saya akan melihat perkembanganya dalam 30 Hari terakhir saja. Selanjutnya pada menu All Categories pilih kategori apa yang hendak anda ingin tuliskan dalam artikel anda, saya mengambil kategori pekerjaan. Karena saya anggap banyak orang yang membutuhkan pekerjaan.

menggunakan google trends untuk membuat artikel4

Klik Untuk Memperbesar

untuk teman-teman yang ingin menggunakan kategori lain silahkan yah…saya hanya memberikan contohnya saja supaya teman-teman bisa dengan mudah memahaminya. Saran saya pilihlah kategori yang sering dicari orang misalnya tentang peluang usaha, pekerjaan, bisnis, Travel, Entertainment dan Sport

Langkah selanjutnya adalah pada menu Web Search. Pada menu Websearch ini tidak perlu diganti, karena kita akan mencarinya berdasarkan Web Search.

menggunakan google trends untuk membuat artikel4

Klik Untuk Memperbesar

Setelah semuanya dikerjakan, selanjutnya ketiklah kata yang ingin kita cari trend nya. Misalnya saya mengetik kata “Lowongan Kerja”

menggunakan google trends untuk membuat artikel4

Klik Untuk Memperbesar

Perhatikan gambar di atas, pada bulan April 2015 terlihat peningkatan yang sangat jelas. Ini menunjukkan bahwa untuk kata “Lowongan Kerja” pada bulan april banyak dicari orang sehingga terjadi kenaikan. Oleh karena itu kita bisa memastikan kalau kita membuat sebuah artikel tetnang lowongan kerja, maka orang-orang yang melihatnya cenderung langsung mengklik dan ingin mendapatkan infomasinya. Yang terjadi adalah artikel kita banyak diminati orang dan trafik terhadap website kita akan meningkat drastis. Mantab bukan?? Yang ingin mengetahui teknik ini, mari ktia lanjutkan jangan senang dulu soalnya itu belum selesai karena itu baru sebagian.

Berikutnya adalah Lihat hasil grafik di bawahnya ada Regional Interest. Maksudnya adalah dengan grafik tersebut kita bisa mengetahui darimana saja orang-orang yang mencari dengan jata “Lowongan Kerja”. Dari grafik kita bisa melihat kebanyakan mencari dari East Java atau Jawa Timur, kemudian West Java dan seterusnya.

menggunakan google trends untuk membuat artikel4

Klik Untuk Memperbesar

Nah, ini langkah terakhirnya, tentu ini juga sangat penting agar kita bisa mendapatkan kata kunci yang relevan dengan pencarian sebagian besar orang.

menggunakan google trends untuk membuat artikel4

Klik Untuk Memperbesar

Terlihat jelas, ada tulisan RISING sebesar +40% dengan hasil “Lowongan Kerja Lampung”. Artinya ada peningkatan sampai dengan kita mencari kata “Lowongan Kerja” sebesar 40% untuk kata “Lowongan Kerja Lampung” Berarti jika kita membuat artikel dengan kata kunci tersebut, maka kemungkinan lebih besar artikel kita akan dibaca orang. Selain itu ada juga keyword lainya “Lowongan Kerja 2015, Lowongan Kerja terbaru dan masih banyak lagi.

Begitulah cara menggunakan google trend agar kita mendapatkan inspirasi yang jelas dan mudah kita selaraskan dengan apa yang sedang dicari orang. Tujuanya hanya satu, agar website atau blog kita mendapatkan traffik yang baik dan berkualitas.

Selamat mencoba semoga berhasil.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda