Harbolnas Ternoda Akibat Diskon Fiktif – Berhati-hatilah

bonus penipuan di harbolnas

Harbolnas ternoda

Harbolnas – Mungkin kata tersebut muncul dan lebih sering kita dengar akhir-akhir ini. Apalagi ketika HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) diselenggarakan tepatnya tanggal 11-11 dan 12-12 kemarin. Pasalnya ada oknum-oknum yang saya rasa ingin mengambil keuntungan dengan adanya HARBOLNAS ini. Memang sudah ditetapkan bahwa tangga 11-11 dan 12-12 sebagai Hari Belanja Online Nasional. Tapi seharusnya semua pihak menunjukkan respon yang baik atas adanya event ini.

Keinginan mendapatkan keuntungan yang besar secara singkat, ternyata malah membuat “NODA” pada Harbolnas yang digelar secara serentak tersebut. Banyak pelanggan atau masyarakat yang kecewa atas diskon – diskon yang diberikan. Dan ini seolah membodohi serta menipu para pembeli.

Dalam dunia marketing atau pemasaran, hal ini memang biasa terjadi. Misalkan contohnya seperti ini : Ada sebuah barang yang kita beli dengan harga Rp 100.000,- kemudian kita menjualnya Rp 120.000,- otomatis kita mendapatkan untung Rp 20.000,- (anggaplah ini untung bersih). Jika kita menjualnya menggunakan cara biasa, maka bisa jadi tidak ada daya tarik terhadap cara marketing atau pemasaran yang kita lakukan. Sehingga kemungkinan orang untuk beli menjadi kecil. Muncullah cara menjual dengan memberikan diskon. Dan ini sebenarnya bisa saja dilakukan.

Baca : 7 Strategi bisnis online yang terbukti berhasil meningkatkan penjualan

Contoh : 

Misal barang tadi kita beli dengan harga Rp 100.000,- kemudian kita naikkan terlebih dahulu menjadi Rp 150.000,- Berikutnya kita diskon sebesar 20%, maka harga penjualan kita adalah Rp 120.000,- Dalam dunia marketing hal seperti ini biasa saja. Bahkan sekalipun diberikan diskon hingga 25%, maka harganya akan menjadi  Rp 112.500,- masih TETAP untung dikaernakan modalnya hanya Rp 100.000,-

Sekarang mari kita kembali kepada Hari Belanja Nasional. Kita ketahui bahwa belanja online ini bisa dilakukan oleh semua kalangan. bahkan lintas waktu dan daerah. yang perlu kita cermati adalah jangan sampai ada pemikiran negatif kepada masyarakat Indoensia bahwa mereka ditipu dengan diskon besar, tetapi sebenarnya mereka dapat diskon kecil. Saya sangat berharap sekali kepada penggiat bisnis online, e-commerce, toko online dan yang lainnya membuat citra belanja online di Indonesia ini benar-benar baik

Saya menghimbau kepada para penggiat bisnis online untuk tidak membodohi masyarakat kita atau menutupi diskon sebenarnya demi mendapatkan keuntungan besar.

Saya sangat ingat sekali bagaimana citra transaksi online di Indonesia ini menjadi buruk ketika marak penipuan dari transaksi online. Dan untuk mengembalikan citra tersebut menjadi lebih baik tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak sekali effort dan kerjasama dari berbagai pihak termasuk pihak penegak hukum dan perbankan.

Berikut saya lampirkan video tentang diskon palsu yang ada di bukalapak.com serta permintaan maaf mereka kepada pelangganya.

Saya berharap hal seperti ini tidak akan terulang lagi dimasa yang akan datang. Mari kita sebagai penggiat bisnis online bekerja dan melayani secara profesional. Dengan demikian semua akan mendapat berkah masing-masing tanpa perlu membuat diskon-diskon palsu.

Saran untuk para pembeli online : 

Agar anda tidak tertipu dengan diskon besar, kamu bisa melihat harga dasar yagn mereka tampilkan terlebih dahulu, kemudian kamu bisa membandingkan harga tersebut (Setelah didiskon) dengan beberapa website lainya. Bisa juga kamu bandingkan dengan harga dipasaran. Dengan demikian kamu bisa menilai apakah harga tersebut memang benar-benar layak untuk kamu beli.

Saya juga berharap bahwa kita bisa menjadi agen kemajuan bagi orang lain. Dengan begitu bangsa kita yang besar ini bisa segera lebih maju dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Paling tidak dimulai dari bisnis online yang bisa kita percaya.

PERMOHONAN : mohon tulisan ini disebarkan agar semua penggian online maupun bisnsi online tidak melakukan hal yang sama seperti ini dilain waktu.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda