Hati-hati Pencari Lowongan Kerja Tertipu Karena Sumber Tidak Jelas

info lowongan kerja

Hai frends semua, sekarang saya ingin memberikan sedikit tips bagi teman-taman yang banyak mencari lowongan pekerjaan. Perhatikan jududl artikel saya di atas tentang “Hati-hati Pencari Lowongan Kerja Tertipu Karena Sumber Tidak Jelas”. Sebelum saya menjelaskan mengapa kita harus hati-hati, saya ingin menceritakan terlebih dahulu pengalaman yang terjadi.

Saya bernama Jos, dan saya memiliki usaha travel. Itulah sebabnya banyak artikel di website ini mengenai travel.

Baca : Alasan mengapa banyak artikel bisnis travel pada website ini

Beberapa minggu lalu ada seorang Customer saya, atau pelanggan yang ingin membeli tiket kepada saya, kemudian dia beli tiket pesawat dari bandung ke surabaya. Awalnya saya tidak tau apa tujuanya. Karena sebagai penjual tiket, tidak mungkin kita menanyakan apa tujuan konsumen kita.

Nah setelah beberapa hari, Pembeli tiket tersebut kembali menelepon saya untuk di batalkan tiket pesawatnya dan minta uangnya dikembalikan.

Sebagai penjual tiket, setiap ada yang membeli tiket pesawat, maka uang yang sudah dipakai untuk meng-Issued tiketnya sudah langsung masuk ke-Maskapai penerbangan. Tentu tidak bisa kami kembalikan.

Nah di situlah saya bertanya, mengapa sampai demikian?? kok minta uangnya dikembalikan. Kemudian bapak tersebut menjawab, bahwa Beliau KENA TIPU.

Beliau kena tipu bahwa ada sebuah perusahaan yang membuat lowongan kerja di internet, dan setelah ada balasan email, segera membeli tiket untuk interview. Kebetulan perusahaanya adalah Trakindo. Tapi sehari sebelum keberangkatanya, dia menelepon dulu ke Trakindo Pusat. Dan jawaban dari pihak Trakindo Pusat, mereka tidak sedang melakukan Recruitment. Artinya ada orang-orang tertentu yang meletakkan iklan lowongan kerja di internet dengan maksud-maksud yang tidak baik.

Dari laporan bapak itulah, akhirnya saya membuat artikel ini dengan tujuan agar teman-teman yang mencari lowongan kerja dari Internet, HARUS lebih berhati-hati.

Cara mencari lowongan kerja di internet agar tidak ditipu

Berikut tips sederhana yang bisa teman-teman terapkan agar tidak tertipu pada saat mencari lowongan kerja di internet :

1. Perhatikan syarat umum

Teman-teman harus tahu bahwa ada syarat umum yang biasanya diminta para pengiklan lowongan kerja. Misalnya adalah CV, Foto, KTP, Surat berkelakuan baik dan ada beberapa surat penting lainya. Artinya jika hal tersebut tidak diminta, anda sudah bisa mulai mempertanyakan. Itu tidak salah.

2. Kontak dan alamat yang jelas

Perhatikan kontak dan alamatnya yang jelas dari perusahaan tersebut. Jika teman teman mengetahui alamat tersebut, alangkah baiknya. Tapi jika teman-teman tidak mengetahui alamat tersebut atau alamat perusahaan yang memberikan lowongan kerja, maka kamu bisa juga mencarinya dari Google Map. Jika tidak ditemukan, kamu harus bertanya, ada apa gerangan?? Mulailah waspada

3. Telepon konfirmasi

Saat ini jaman sudah berbeda. Kita bisa mengkonfirmasi apakah sebuah perusahaan memang sedang membuka lowongan kerja atau tidak. Hal tersebut bisa kita ketahui dengan cara mengontak perusahaan pemberi lowongan kerja tersebut.

Perhatikan juga, bahwa website penyedia lowongan kerja biasanya pakai .COM bukan dalam bentuk BLOG seperti .blogspot ataupun .wordpress

** Jika teman-teman menemukan hal ini, saya berharap teman-teman tidak mempercayainya, dan langsung tinggalkan saja website atau blog tersebut. Mereka adalah publisher yang hanya menginginkan iklan dalam blog mereka di KLIK. Tanpa memperhatikan informasi yang mereka tuliskan benar atau tidak. Jadi berhati-hatilah.

4. Jangan mengirimkan yang asli

Jangan sekali-sekali memberikan atau mengirimkan surat-surat berharga anda yang asli. Misalnya Ijasah asli, atau Akte kelahiran asli ataupun surat berharga lainya. Kecuali anda sudah benar-benar mengetahui dan langsung datang ke kantornya. Jika diminta yang asli, ada baiknya kamu meminta tanda bukti bahwa mereka menyimpan atau menahan berkas anda yang asli. Tujuanya agar anda bisa memintanya dilain waktu.

5. Jangan mudah tergiur

Untuk pon terakhir ini, saya katakan sangat penting. Banyak juga iklan lowongan kerja di Internet yang menawarkan iming-iming Gaji besar. Saran saya “Jangan mudah tergiur”. Biasanya ada sesuatu yang mereka sembunyikan. Kecuali kamu benar-benar sudah mengetahui Rate gaje mereka. Misal perusahaan sekelas perusahaan perminyakan atau perusahaan besar seperti Unilever, Tapi itupun biasanya memiliki jenjang karir.

Jadi intinya Frends semua harus hati-hati terhadap setiap lowongan kerja di internet. Jangan mudah tergiur agar tidak tertipu. INGAT yang penting adalah, Cek kembali kepada perusahaan yang bersangkutan agar lebih jelas informasi yang kamu dapatkan.

Beberapa website pencari kerja terpercaya adalah sebagai berikut :

  1. www.jobstreet.co.id
  2. www.karir.com
  3. www.jobsdb.com
  4. www.situskerja.com
  5. www.jobindo.com
  6. www.lowongan-pekerjaan.com
  7. www.jobs.id
  8. www.loker.web.id
  9. www.jobloker.co.id
  10. www.careerjet.co.id

dan masih banyak lagi. Teman-teman bisa mencarinya di Google.

Ada hal penting lainya yang PERLU sekali teman-teman ketahui. Saat ini banyak sekali orang yang memposting informasi tentang lowongan kerja. Padahal mereka hanya sekedar menuliskanya di BLOG mereka. Teman-teman perlu hati-hati untuk hal ini. Perhatikan dengan SEKSAMA poin nomor 3 di atas, agar kamu tidak tertipu.

Sekali lagi saya katakan, jika teman-teman melihat iklan lowongan kerja tapi websitenya adalah .blogpsot.com atau .wordpress.com tidak usah dipercayai informasi yang mereka buat. Cari saja website yang sudah saya berikan di atas.

Sukses untuk teman-teman yang cari kerja yah 😀 tolong share informasi yang berharga ini agar teman-teman kita tidak tertipu lagi.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda