Hati-hati Terhadap Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA) – Perhatikan Hal ini

Pinjaman Tanpa Jaminan atau KTA sangat berbahaya

Ilustrasi | Pinjaman Tanpa Jaminan

Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA) Apa sih sebenarnya?

Pinjaman Tanpa Jaminan (Sering disebut sebagai :-> KTA), atau bahasa inggrisnya disebut Personal Loan (PL), yaitu suatu produk keuangan yang membantu Anda untuk meminjam sejumlah uang/dana tunai tanpa harus menjaminkan/mengagunkan apapun (WAW…enak sekali yah??).

Berapa bunga Pinjaman Tanpa Jaminan kita?

Untuk bunganya sendiri tidak akan sama dari setiap bank yang mengeluarkan Pinjaman Tanpa Jaminan tersebut. Namun data yang bisa kita lihat dari perbankan, biasanya kisarannya berada di 0,99% hingga 1,99% dan merupakan bunga flat (tetap). Untuk keterangan lebih lanjut, silakan kunjungi halaman informasi produk Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA) bank masing-masing yang mengeluarkan Pinjaman Tanpa Jaminan tersebut.

LALU, Apa manfaat KTA?

Secara garis besar, tentu manfaatnya kita yang membutuhkan modal sangat terbantu dalam hal pembiayaan. Calon pemohon bebas menggunakan dana pinjaman dari KTA ini untuk berbagai keperluan. Misalnya saja seperti biaya pendidikan, pernikahan, pengobatan, darurat, liburan keluarga, renovasi rumah, pembelian barang elektronik dll.

Walaupun demikian, saya pribadi tidak menyarankan Anda untuk melaukan Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA) ini untuk hal-hal yang tidak produktif. Misal, meminjam hannya untuk pendidikan atau pernikahan atau bahkan liburan. Kita sangat tidak bijak jika menggunakan uang pinjaman untuk hal-hal kesenangan pribadi kita.

Berapa tenor (jangka waktu) KTA ?

Normalnya, Tenor Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA) biasanya 12 bulan, 24 bulan dan 36 bulan

Syaratnya apa saja jika seorang karyawan?

  • Fotokopi KTP 1 (satu) lembar (tergantung bank)
  • Fotokopi NPWP 1 (satu) lembar (tergantung bank)
  • Fotokopi cover buku tabungan (sisi dalam, yang menyatakan nama, cabang, dan nomor rekening) 1 (satu) lembar
  • Beberapa bank mewajibkan Anda sudah memiliki Kartu Kredit minimal 1 (satu) tahun. Tanpa kartu kredit yang berumur 1 (satu) tahun, wajib menyertakan Slip Gaji carbonized yang ASLI.
  • Fotokopi kartu kredit (jika punya) 1 (satu) lembar (tergantung bank)
  • Beberapa bank meminta materai Rp 6.000 1 (satu) lembar (tergantung bank)

Syaratnya apa saja jika seorang pengusaha?

Jika Anda seorang pengusaha atau pemilik usaha, syarat mengajukan aplikasi Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA) adalah:

  • Fotokopi KTP 1 (satu) lembar (tergantung bank)
  • Fotokopi NPWP 1 (satu) lembar (tergantung bank)
  • Fotokopi cover buku tabungan (sisi dalam, yang menyatakan nama, cabang, dan nomor rekening) 1 (satu) lembar
  • Beberapa bank mewajibkan Anda sudah memiliki Kartu Kredit minimal 1 (satu) tahun. Tanpa kartu kredit yang berumur 1 (satu) tahun, wajib menyertakan Slip Gaji carbonized yang ASLI.
  • Fotokopi kartu kredit (jika punya) 1 (satu) lembar (tergantung bank)
  • Beberapa bank meminta materai Rp 6.000 1 (satu) lembar (tergantung bank)

Berapa limit pinjaman KTA?

Walaupun tidak ada batasan yang pasti, tapi secara umum, Anda dapat meminjam uang/dana tunai maksimal sebesar Rp 250 – 300 juta. Hannya saja setiap bank memiliki ketentuan sendiri-sendiri. Ada baiknya Anda langsung menghubungi bank bersangkutan yang menyediakan produk Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA), biasanya ada juga layanan telepon atau email yang disediakan.

Apakah penghasilan berpengaruh terhadap limit pengajuan aplikasi KTA tersebut?

Tentu saja! Setiap bank pasti memiliki kajian dan perhitungan sendiri, bagaimana mereka dapat mengabulkan sebuah aplikasi Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA). Apakah si peminjam tersebut nantinya dapat mengembalikan uang pinjaman beserta bunganya atau tidak.

Oleh karena itu, biasanya bank menyetujui aplikasi KTA yang jumlah pinjamannya maksimal 4 – 5 kali lipat dari penghasilan per bulan atau dari limit/pagu kartu kredit yang Anda miliki. Di sisi lain, bank juga biasanya hanya menyetujui aplikasi KTA jika total cicilan per bulannya maksimal 60% dari penghasilan.

Jika karyawan, apakah ada syarat minimum penghasilan?

Biasanya, minimum penghasilan yaitu Rp 3 juta rupiah sudah bisa mengajukan KTA. Namun beberapa bank memiliki syarat minimum penghasilan Rp 2,1 juta jika memiliki Slip Gaji Carbonized ASLI sesuai persyaratan di atas.

Jika pemilik usaha, apakah ada syarat minimum penghasilan?

Namanya peminjaman uang, maka biasanya persyaratannya cukup selektif. Setiap bank memiliki syarat minimum penghasilan masing-masing. Agar lebih jelas, ada baiknya Anda langsung menghubungi pihak bank terkait.

Jika saya ingin menggunakan kartu kredit, apakah ada syarat minimum limit kartu kredit?

Biasanya bank mewajibkan limit kartu kredit minimal Rp 5 juta.

Apakah ada batas umur atau maksimal untuk mengajukan aplikasi KTA?

Minimal 21 tahun untuk karyawan dan pemilik usaha. Maksimal 55 tahun (saat pelunasan) untuk karyawan dan maksimal 60 tahun (saat pelunasan) untuk pemilik usaha. Walaupun semuanya ini tetap tergantung kebijakan dari perusahaan perbankan tersebut.

Berapa lama proses pengajuan KTA sampai dananya keluar?

Biasanya minimal 5 hari kerja (tidak termasuk hari libur dan hari sabtu dan minggu) dan maksimal 14 hari kerja (Jika semua persyaratan dipenuhi dan verifikasi data tak mendapat hambatan)

Apakah pemohon KTA akan atau perlu disurvey?

Biasnaya khusus untuk pemilik usaha (wirausaha atau profesional), bank perlu mensurvey tempat usaha Anda. Hal ini tidak berlaku jika Anda adalah seorang karyawan, karena karyawan adalah pekerja dan cukup melihat slip gajinya saja.

Selain biaya bunga, apakah ada biaya lain yang dibutuhkan dalam aplikasi KTA?

Secara umum biaya lain-lain yang termasuk kedalam biaya provisi, biaya transfer, biaya materai, dan biaya administrasi pasti ada. Untuk keterangan lebih lanjut, ada baiknya kunjungi halaman informasi produk KTA bank masing-masing atau hubungi tim Layanan Pelanggan melalui email atau telepon.

Apakah warga negara asing (WNA) dapat mengajukan aplikasi KTA?

Beberapa perbankan menerima aplikasi dari warga negara asing (WNA) hannya saja tidak semuanya. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan kunjungi halaman informasi produk KTA bank masing-masing atau hubungi tim Layanan Pelanggan setiap bank atau melalui email dan telepon.

Kredit Tanpa Agunan BNI (KTA BNI)

Secara garis besarnya, yang namanya Kredit tanpa Agunan sudah saya bahas di atas. Hannya saja sebagian dari tulisan saya tersebut mengatakan tergantung dari bank-nya masing-masing. berikut adalah Kredit tanpa Agunan BNI atau sering disebut KTA BNI:

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan langsung mengunjungi layanan RESMI dari pihak bank BNI dinomor call center KTA BNI : 1500046

Baca: Kredit Tanpa Agunan BNI atau KTA BNI

BNI sendiri memiliki beberapa produk KTA diataranya:

  1. BNI Griya
  2. BNI Griya Multiguna
  3. BNI Flexi
  4. BNI Otto
  5. BNI Cerdas
  6. BNI Instan
  7. BNI Wirausaha
  8. BNI Kartu Tunai
[blockquote author=”-Admin-“]Untuk mencegah informasi yang saling simpang siur, kami tetap menyarankan Anda untuk selalu melihat referensi langsung kepada website yang bersangkutan yaitu BNI.[/blockquote]

Kredit tanpa Agunan BRI (KTA BRI)

kredit tanpa agunan atau kta bri

Selain contoh kredit tanpa agunan BNI atau KTA BNI, ada juga kredit tanpa agunan BRI atau KTA BRI. secara gambaran umum sama saja. Hannya saja ada beberapa hal yang agak berbeda.

Untuk kredit tanpa agunan BRI misalnya lebih spesifik kepada pembukaan usaha. Pinjaman mereka lebih kepada pinjaman mikro, pinjaman ritel, pinjaman menengah, pinjaman program dan pinjaman Kredit Usaha Rakyat atau yang sering disebut KUR.

Untuk melihat lebih jelas masing-masing produk tersebut, silahkan langsung mengunjungi website resmi milik BRI di bawah ini:

Baca: Kredit tanpa agunan BRI

Anda dapat melihat semua syarat, keuntungan, dan bagaimana keunggulan dari setiap masing-masing pinjaman tersebut. Termasuk bunga dan tenornya. Pelajari sebaik-baiknya sebelum memutuskan kredit tanpa agunan mana yang ingin Anda ambil.

Dari beberapa contoh Pinjaman Tanpa Jaminan di atas, intinya Anda harus benar-benar cermat melihat mulai dari bunga, tenor, syarat-syarat dan ketentuan lainnya. Jangan sampai ada hal-hal dikemudian hari yang dapat merugikan Anda. Jadi, pastiken semuanya sudah dilengkapi sesuai dengan persyaratan yang berlaku pada setiap bank pemberi Pinjaman Tanpa Jaminan atau KTA.

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda