Ilmu Marketing Paling Hebat Adalah Mampu Menjual Diri

ilmu marketing paling hebat

ilustrasi ilmu marketing | marketingjoss.com

Hai Frends marketingjoss, kali ini kita akan belajar sedikit tentang marketing. Yaah… ada kaitanya langsung dengan nama website saya ini marketingjoss.com Tentu akan lebih afdol kalau kita juga belajar marketing toh???

Bicara marketing pasti erat kaitanya dengan bisnis. Bisnis yang tidak ada marketingnya, biasanya akan sulit bahkan SANGAT sulit berkembang pesat. Marketing itu seperti BBM pada kendaraan. Kendaraan secanggih apapun, kalau tidak ada BBM nya, maka kendaraan tersebut tidak akan bisa berjalan.

Atau mungkin seperti PULSA dalam Handphone. Kalau teman-teman punya handphone yang sangat canggih dan berlapis emas bahkan Intan sekalipun, tapi pulsanya NOL, maka percuma saja menggunakan handphone tersebut. Oleh karena itu, kita juga harus belajar tentang Ilmu Marketing. Marketing itu intinya MENJUAL. Bagaimana caranya, tentu itu kita sebut dengan seni marketing. Pada akhirnya, tujuan dari marketing adalah “SALES” atau penjualan yang menghasilkan keuntungan.

Seorang pakar ilmu marketing yaitu Pak Tung Desem Waringin pernah berkata “bukan hanya usaha yang harus di jual, diri anda juga harus di jual“. Dalam artian, kita harus mampu mempromosikan diri kita, apa yang kita mampu, apa yang kita bisa, apa keunggulan kita, apa yang menjadi kekuatan kita. Mungkin tidak perlu mengutarakan kelemahan, tanpa harus juga terlalu sombong.

Nah, dengan hal yang seperti itu, maka orang akan mengenal siapa diri kita dan mengetahuinya. Samalah seperti Ilmu Marketing dimana kita belajar, supaya orang lain bisa mengerti apa yang kita jual dan tawarkan kepada mereka. Intinya hanya seperti itu saja.

Pentingkah Harus Belajar Ilmu Marketing?

Jika dikatakan PENTINGKAH? saya bisa mengatakan bahwa itu penting. Mungkin kamu bisa mendapatkanya dari pengalaman yang ada dan pernah kamu lakukan. Tapi itu akan menjadi sangat lama. Mengapa?? Karena kamu harus “meraba-raba” bagaimana teknik atau cara yang paling baik dalam menjual.

Berbeda ketika kita sudah belajar. Pembelajaran yang kita terima akan membuat kita LEBIH CEPAT memahami serta melaukan Praktiknya. Dengan demikian, hasil yang kita capai juga bisa lebih maksimal dan JAUH lebih cepat. Inilah kekuatan dari pembelajaran ilmu marketing.

Pada dasarnya ilmu marketing itu ada di jalanan dan semua orang bisa melihat dan melakukanya. Hanya saja, belum tentu semua orang MAU melakukanya. Ini yang membedakan antara orang yang berhasil menjual dan orang yang tidak berhasil.

Apa Guna Marketing?

Kegunaan marketing adalah sebagai Ujung Tombak dari sebuah usaha. Jika kita memiliki sebuah barang yang paling bagus dan paling hebat, tapi kita tidak me-marketingkannya, maka bisa dikatakan akan gagal. Jadi kegunaan ilmu marketing adalah sebagai ajang pembelajalan bagaimana kita bisa MEMBUAT orang lain atau calon konsumen benar-benar MEMAHAMI produk yang kita jual, apa benefitnya buat konsumen dan bagaimana penanganan setelah penjualan produk tersebut. Misal garansinya yang bisa dilakukan dimanapun.

Ini semua bagian dari marketing yang dikemas menjadi satu dan kita sebut dengan ilmu marketing.

Ada yang mengatakan bahwa markting itu mahal, kalau saya pribadi ada setujunya dengan hal tersebut. Tapi ada bagian tidak setujunya juga.

Marketing dikatakan mahal, JIKA kita melakukanya pada tempat yang mahal. Misal… kita membuat iklan di Radio, televisi atau surat kabar ternama. Tentu biaya marketingnya SANGAT mahal. Beda hal kalau kita membuat iklanya pada media-media yang tidak terlalu terkenal. Jadi marketing itu bisa mahal ataupun murah, tergantung kita sendiri.

Kita akan bahas sedikit tentang marketing yang murah. Marketing yang murah saat ini bisa kita lakukan secara digital. Sebut saja Adwords. Platform periklanan Google ini telah menjadi sebuah alternatif yang sangat baik untuk Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) dalam beberapa tahun belakangan ini. Tanpa biaya yang mahal untuk pemasangan iklan, UMKM sudah bisa tampil di Google dan menembak beberapa website ternama. Bisa dilihat salah satunya Partner Google “pasangiklanadwords” murah.

Selain itu ada juga Channel Youtube. Saat ini kalau kita lihat dari hari kehari, Youtube menunjukkan pemakaian yang sangat signifikan. Banyak orang sekarang melihat Youtube. Dengan demikian, kita akan dengan mudah memasang iklan di Youtube tanpa harus berbiaya mahal.

Digital Marketing Banyak Pesaing

Kalau kita fokus pada persaingan, bisa dikatakan kita akan kalah sebeum berjuang. oleh karena itu kita harus memiliki strategi dalam marketing atau menjual. Perlu diingat baik-baik bahwa PEMENANG bukan seberapa banyak uang yang digelontorkan dalam pemasaran, tapi pemenang adalah seberapa banyak kita mampu menjual.

Jadi bagi teman-teman yang fokusnya pada persaingan, sebaiknya lebih memikirkan strategi apa yang bisa kita lakukan, kemudian biayanya cukup murah.

Misalnya saja dengan menempatkan iklan kita pada website ternama dengan pola CPC (Cost per Click). Untuk teknik marketing ini bisa teman-teman cari di Internet atau langsung bertanya di www.pasangiklanadwords.net mereka akan menjelaskanya secara lengkap dan terperinci.

Oh iya, teman-teman juga perlu belajar ilmu marketing yang berkaitan dengan branding.

Branding itu maksudnya mengidentitaskan sesuatu kepada sesuatu. Halaaahh…. ribet yaah… gampangnya begini deh….teman-teman PASTI sering melihat si Tukul??? Dulunya dia itu kan tidak ada apa-apanya. tapi saat ini sangat terkenal bukan?? MENGAPA??? karena ada Brandingnya. Dia memiliki sesuatu yang membranding dirinya dan tidak ada pada orang lain, dan jika orang lain mengatakan yang sama seperti yang dikatakan si Tukul, maka orang akan tahu bahwa itu adalah Branding si Tukul. Apakkah itu “Ndeso”, “kembali ke Laptop”, “Eyaa…eya…eya…eyaa..” termasuk hal itu juga membranding dirinya.

Beberapa ilmu marketing yang sukses dengan cara branding adalah :

  1. Gogon dengan gaya khasnya dan rambut jambulnya
  2. Sule dengan prikitiwwww
  3. Djarum = identik dengan rokok
  4. Sabun Mandi = Lifebuoy
  5. Odol = Pepsodent (Padahal banyak yang lain)
  6. Penyedap = Aji no moto (padahal maksudnya mungkin sasa atau yang lainya)

Dan masih banyak lagi branding yang seperti di atas. Oleh karena itu, coba kita cari cara bagaimana kita bisa membuat sebuah branding untuk produk kita. Dengan demikian biaya marketing kita akan menjadi sangat murah.

Nah… Jadi media apa nih yang teman-teman akan pakai untuk marketing produk teman-teman, mungkin sudah ada atau juga belum ada, tapi saran saya Tes dan Ukur seberapa kemampuan keuangan atau finansial kita untuk marketing, kemudian apa medianya dan siapa targetnya. Dengan demikian biaya yang kita keluarkan akan sebanding dengan target yang akan kita capai.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda