Ingin Belajar SEO? Ini Jurus Baru Belajar SEO Bagi Pemula

seo

Belajar SEO

Seperti yang telah kita ketahui Blogger jaman sekarang sangat jarang peduli dengan yang namanya SEO Dasar, mereka hanya peduli dengan SEO tinggkat tinggi. Padahal, dalam hal belajar SEO itu sendiri, Menguasai dasar saja sudah lebih dari cukup. Dan anehnya, mereka bukan lupa akan SEO dasar dan malahan sibuk dengan SEO kelas kakap.

Perlu juga untuk dimengerti, dengan mengetahui beberapa SEO kecil seperti yang saya tuliskan ini di www.marketingjoss.com maka anda baru boleh beranjak ke tingkatan selanjutnya. Karena pada dasarnya, kemungkinan besar SEO tingkat tinggi tidak akan berfungsi sedikitpun.

Berikut ini beberapa SEO dasar yang bisa Anda terapkan dan yang perlu Anda perhatikan.

1. Template Yang Resposive

Sebelum saya memulai pembahasan ini, sebenarnya saya ingin membahas tentang cara memilih Nama dan Domain yang baik untuk blog atau website anda. Namun saya pikir lebih baik jika saya membahas di lain waktu saja.

Ok kita lanjutkan pembahasan mengenai Template. Jadi, cara memilih Template yang baik adalah dengan memperhatikan kualitas/kekuatan SEO, Kecepatan Loading, dan juga harus Responsiv. Namun jika Anda puas dengan template yang memang sudah disediakan mungkin akan jadi opsi yang lebih baik.

Syarat memilih Template yang memenuhi kriteria ada baiknya jika anda tidak memasang Witget yang tidak penting. Misalnnya Witget MP3, ingat jika terlalu banyak Witget maka kecepatan Loading Blog akan sangat lambat. Hal ini akan membuat para pengunjung tidak akan betah lama-lama di blog kita. Saya sarankan untuk memilih seperti Populer Post, Archive, Category, dan Follow.

Artikel Lain : 4 Teknik Membuat Website Friendly

2. Buat Meta Keyword, Meta Description, Dsb

Sekarang kita masuk dalam cara mengedit Template dan yang pertama kali yang harus anda edit adalah Meta Keyword (kata kunci) dan juga Meta Description (deskripsi Blog anda). Hal ini dilakukan semata-mata untuk menerapkan#SEO blog yang baik, jadi hal ini sangat penting.

3. Daftarkan Blog ke Google Webmaster

Agar blog yang Anda buat di index oleh Google, maka anda wajib mendaftarkan blog ke Webmaster tool. Namun jika anda ingin blog anda lambat di index oleh Google sebaiknnya anda tidak perlu mendaftarkannya.

Dan hal ini sudah bisa Anda lakukan ketika anda baru saja mendaftarkan blog baru yang telah anda buat. Namun jangan lupa untuk memasukkan sitemap blog anda, agar setiap artikel yang baru anda buat langsung di index oleh Google.

4. Daftaran Blog ke Google Analityc

Jangan pernah di anggap remeh hal yang satu ini. Logika dasar yang bisa saya berikan kepada anda adalah jika anda berteman dengan Google, maka Google akan berteman dengan anda. Jadi silahkan anda mendaftarkan blog anda kesemua situs pendukung di bawah naungan Google ya. Ini saran saya.

5. Submit Blog Anda ke Mesin Pencarian di Google url

Supaya artikel anda berada di dalam mesin pencarian, tentu saja anda harus melakukan submit blog anda terlebih Dahulu. Misalnya submit ke Google, Bing, Baidu dsb.

6. Buat Artikel Yang Bersifat Membangun/Bermanfaat

Secara teori, Google memang menharapkan artikel yang bermanfaat untuk si pembaca. Namun secara detailnya, arti dari pada artikel yang bermanfaat itu adalah artikel yang dimana ketika orang membacanya, maka orang tersebut akan menghabiskn waktu membaca sampai kalimat akhir. Jadi, buatlah tulisan yang bersifat membangun dan bermanfaat sesuai dengan judul. Kemudian jelaskan dengan cara yang menurut anda mudah untuk di mengerti. Logikanya, jika orang singgah ke blog anda kemudian langsung menutup tab-nya, maka itu akan merusak reputasi blog anda. Hal ini sangat di perhitungkan bukan.

7. Buat Artikel Secara Rutin

Selain membuat artikel yang bermanfaat, anda juga harus membuat artikel secara rutin atau teratur. Hal ini sangat wajib anda terapkan untuk membantu Traffik blog baru anda yang dimana semakin bagus traffik artinya semakin bagus pula SEO blog anda.

8. Jangan Pikirkan Backlink Dulu

Backlink berfungsi untuk menguatkan keberadaan Blog anda. Backlink dari situs terbaik adalah backlink yang banyak dicari-cari. Namun sangat sulit untuk mendapatkan secara gratis. Backlink yang baik adalah Backlink yang memang secara sengaja di letakkan oleh sebuah Blog tersebut. Saya menyebutnya sebagai Backlink natural.

Baca : Tanpa SEO Berada Dihalaman 1 Google

Untuk mendapatkan Backlink Natural tersebut, Anda hanya memerlukan  cara di bawah ini, yaitu :

Yang pertama, mulailah menulis sesuatu yang berguna untuk bahan refrensi bagi orang lain. Buatlah Blog anda se-terkenal mungkin dan se-membahana mungkin. Silahkan memohon pada orang lain agar mencantumkan link anda di dalam artikelnya.

Yang kedua, cari saja teman yang sudah mahir dalam hal ini untuk melakukan review artikel. Link yang saling mengutkan tersebut sangat saya referensikan. ingat!!! kualitas blog adalah kunci utama untuk masalah Backlink

Baik sampai disini dulu pembahasan SEO dasar saya. Terimakasih sudah membacanya, dan dalam kata lain silahkan di share apabila bermanfaat untuk teman-teman. Semoga ada manfaat yang Anda petik dalam tulisan sederhana ini, dan jika ada yang kurang di mengerti silahkan di tanyakan.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda