Ini Contoh Teks Negosiasi Yang Paling Sederhana Tapi Ampuh

contoh teks negosiasi

Halo sobat marketingjoss.com apa kabar semua???

Setelah sekian lama saya tidak menulis tentang marketing, kali ini saya mau mencoba menulis JUGA bukan tentang marketing, tapi saya ingin membuat sebuah Contoh Teks Negosiasi yang ampuh, dan mungkin bisa berguna buat teman-teman marketingjoss yah??

Artikel tentang Contoh Teks Negosiasi ini tidak akan panjang saya jelaskan, karena kita akan lebih banyak praktiknya. Yaah…tentu saja, karena teman-teman PASTI akan sulit memahami ketika saya hanya menuliskanya dalam sebuah kalimat-kalimat. oleh karena itu saya akan membuat tulisan saya kali ini dalam 2 Versi bahkan mungkin akan ada Videonya juga suatu saat nanti. Tapi yang jelas PASTI ada tulisan atau Contoh Teks Negosiasi nya dan ada juga dalam bentuk VOICE atau suara, agar Frends semua bisa dengan mudah memahaminya.

Baik, tanpa panjang-panjang deh…. langsung saja yah… Bicara Marketing itu berarti menjual. Kalau kita menawarkan sesuatu dalam artian menjual sesuatu kepada orang lain, pada akhirnya bisa DIPASTIKAN ada tawar-menawar. Itu sudah wajib. Setinggi apapun level anda dalam berjualan, bahkan pada taraf bisnis besar seperti Minyak bumi, Batu bara dan lain-lain, PASTI ada yang namanya NEGOSIASI.

Mana sih yang benar NEGOSIASI atau NEGOISASI??

Hahaha…awalnya saya agak tergelitik dengan dua kata ini, tapi jangan salah Frends, ternyata banyak yang salah loooh…. yang benar itu adalah NEGOSIASI. Arti dari Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak – pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Itu pengertian yang saya ambil dari Wikipedia tentang Negosiasi.

Ribet yah pengertianya??? padahal kita sering mengatakan “negosiasi dulu lah”. Kalau saya artikan menggunakan bahasa saya sendiri dan bahasa sehari-hari, maka Negosiasi adalah Upaya tawar menawar sampai pada titik Saya OK anda juga OK. Itu ajah pengertianya. Sederhana Toh?? Gak usah ribet-ribet lah. Yang penting saya tau maksud dan tujuan teks negosiasi yang dibuat.

Bagaimana Bentuk Contoh Teks Negosiasi

Secara garis besar, saya mengelompokkan negosiasi ini kedalam dua bagian saja. Walaupun ini sekedar pandangan saya. Tapi dua bagian itu adalah Negosiasi langsung dan Negosiasi tidak langsung.

Negosiasi langsung adalah negosiasi yang dilakukan langsung berhadapan orang per orang, atau menggunakan alat telekomunikasi telepon dan atau video call dalam waktu yang bersamaan. Negosiasi seperti ini biasanya lebih mudah melakukan tawar menawar. Alasanya bisa langsung memberikan penawaran atau menolak penawaran yang diberikan. Sementara,

Negosiasi tidak langsung adalah negosiasi yang digunakan menggunakan surat. Baik itu proposal, Email, atau surat pos (menggunakan media perantara), dan tidak bisa langsung/diputuskan dengan waktu yang singkat.

Nah, dari kedua jenis negosiasi inilah kita bisa membuat dan memutuskan, apakah kita ingin bernegoisasi langsung atau tidak langsung. Dan kali ini kita akan membahas tentang negosiasi tidak langsung.

Bicara negosiasi tidak langsung, maka harus ada media perantaranya. Media perantara tersebut adalah Kertas atau surat atau proposal. Intinya dituangkan dalam bentuk tulisan. Mari kita bahas Contoh Teks Negosiasi yang sederhana tapi ampuh untuk menghasilkan keputusan yang luar biasa. INGAT tujuan utamanya adalah keputusan yang saling menguntungkan.

Baca: Contoh lengkap Teks Negosiasi

Sebelum kita bahas Contoh Teks Negosiasi, maka ada baiknya kita ketahui beberapa hal penting menyangkut ketrampilan yang harus dimiliki seorang Negosiator ulung :

  1. Sabar
  2. Konsentrasi dan Fokus
  3. Ketajaman menganalisa dan berfikir
  4. Kemampuan berbicara (termasuk bahasa asing)
  5. Mampu beradaptasi dengan cepat
  6. Humoris (untuk mencairkan suasana)
  7. Daya tahan

Nah, ketujuh poin di atas itu wajib dimiliki seorang negosiator ulung. Jika anda menganggap diri anda sanggup dan memiliki poin-poin di atas, maka saya yakin anda adalah negosiator yang pantas diperhitungkan.

Contoh Struktur Teks Negosiasi

  1. Pembuka
  2. Isi
  3. Penutup

Mirip seperti pidato, tapi tujuanya yang beda dan hasilnya juga pasti berbeda.

Selanjutnya untuk memahami secara singkat mengenai negosiasi ini, saya akan membuatnya dalam bentuk rekaman Audio, sehingga teman-teman bisa mendengarkanya lebih saksama. Dengan demikian teman-teman memahami maksudnya dengan jelas.

Jika tidak bisa di Play, gunakan browser Chrome

Jika ingin mendapatkan contohnya, silahkan download contoh teks negosiasi singkat berikut. (JIKA Link mati dan tidak bisa, tolong beri komentar 😀 )

Selain itu berikut contoh teks negosiasi singkat mengenai jual beli. Silahkan dibaca :

Pembeli : “Permisi pak, saya mau beli Televisi yang ini, berapa harganya?”
Penjual : “Oo.. kalau yang itu harga nya 1.500.000 Pak”.
Pembeli : “Kurang dong harganya pak ?”
Penjual : “Boleh, Bapak mau nawar berapa ?”
Pembeli : “Yaudah kalo gitu 1.200.000 ya pak”
Penjual : “wah tidak bisa pak, kalau segitu masih belum dapat pak”
Pembeli : “Kalau begitu 1.300.000, gimana pak ?”
Penjual : “Tidak bisa juga pak, bagimana kalau 1.350.000?”
Pembeli : “Baiklah pak saya mau, ini uangnya. Terimakasih pak”

Contoh teks negosiasi di atas sangat singkat dan sederhana. Perhatikanlah, ketika kita bernegosiasi tidak boleh menimbulkan konflik. Jika menimbulkan konflik (dalam artian pembeli marah atau tidak suka kalau daganganya ditawar) maka gunakan pendekatan minta maaf. Misal “maaf pak, masih terlalu mahal, uang saya tidak cukup. Mungkin lain kali pak”. Dengan demikian, kita tidak membuat konflik sosial terhadap penjual tersebut (walaupun ini sering terjadi di pasar-pasar)

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda