Ini Dia Cara Jitu agar Toko Online Anda Banyak Pengunjung

 

6 Cara Jitu agar Toko Online Anda Banyak Pengunjung

6 Cara Jitu agar Toko Online Anda Banyak Pengunjung

Bagaimana agar  toko online Anda banyak pengunjung? Bukan hal yang mudah memang, mengingat ada begitu banyak kompetitor. Namun, bukan hal mustahil untuk mewujudkannya.

6 Cara Jitu agar Toko Online Anda Banyak Pengunjung

Berikut ini  6 langkah jitu untuk membuat  toko online Anda banyak pengunjung:

1# Judul yang Eye Catching

Laman online para seller di marketplace selalu diawali dengan judul. Judul tersebut akan menjadi perhatian utama calon pelanggan. Apakah judul tersebut sudah menarik perhatian dan mampu membuat para pengunjung tergoda untuk mengklik bahkan ingin membeli?  Sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Judul mengandung nama produk secara spesifik

Contoh: Dijual, Nokia 3110, produk klasik, masih berfungsi.

  • Judul menawarkan sesuatu yang disukai

Contoh: Beli 2 gratis 1 untuk pembelian casing Samsung Galaxy Note.

  • Judul mengandung keyword yang mudah ditemukan di Google

Contoh: Femila, Obat Jerawat tanpa efek samping.

2#  Tampil Beda

Online marketplace dibanjiri puluhan ribu bahkan ratusan ribu seller. Semua menjual produk yang punya banyak kesamaan dengan harga bersaing. Bagaimana agar orang melirik lamanmu? Cobalah dengan cara tampil beda. Dalam dunia bisnis upaya ini disebut diferensiasi. Diferensiasi dapat dilakukan pada beberapa hal:

  • Produk

Tampilkan ciri khas produk Anda lain dari yang ditampilkan para kompetitor. Meskipun sama-sama menjual aksesori gadget, milikilah beberapa aksesori yang tidak dimiliki para seller lain. Anda juga bisa menawarkan sistem pre order untuk aksesori tertentu yang memiliki sifat eksklusif.

  • Servis

Apabila kompetitor hanya menawarkan servis yang biasa, Anda dapat berupaya tampil beda dengan servis yang luar biasa. Misalnya, layanan pesanan yang sampai lebih cepat, bersedia mengganti jika pesanan sampai terlambat dan fast respon untuk setiap keluhan pelanggan.

  • Harga

Tawarkan diskon jika pembeli memesan barang dalam jumlah yang lebih banyak. Anda bisa juga memberikan bonus jika pembelian mencapai jumlah tertentu.

3# Buat Feedback Positif

“Banyak yang mengeklik laman saya, tapi belum satu pun yang melakukan transaksi,’’ adalah keluhan umum yang paling sering dilontarkan oleha para seller di online marketplace. Oranng mengeklik suatu laman gerai online, sekedar melihat-lihat lalu segera beralih ke laman lain karena kurang tertarik. Terkadang mereka hanya bertanya atau berkomentar, kemudian berlalu. Responlah semua pertanyaan atau komentar mereka, sepositif mungkin.

Saat ada yang menanyakan suatu produk yang tak tersedia, hindarilah menjawab denga penolakan atau feedback negatif. Upayakan membuat mereka kembali mengeklik laman Anda dengan jawaban seperti, “Saat ini kami belum menyediakan produk itu tapi akan coba kami usahakan/ Bisa minta email Anda, agar bisankami hubungi saat produk sudh tersedia?

Bahkan, ketika hanya terjadi suatu transaksi dalam tempo berbulan-bulan, berikan positif ke pelanggan pertama itu. Kirimlah SMS atau email ucapan terima kasih, dan ajakan untun mengunjungi lamanmu kembali. Atau tanyakan apakah dia punya kebutuhan lain yang dapat Anda bantu.

Baca Juga: 15 Peluang Usaha Bisnis Online Modal Koneksi Internet yang Menguntungkan

4# Relasi yang Baik dengan Manajer Akun

Manajer akun adalah perwakilan dari pengelola web online marketplace atau populer juga disebut administrator web. Bangunlah relasi yang baik dengan mereka. Ini sangat menguntungkan karena mereka memiliki informasi terkini tentang fitur atau fasilitas seputar meningkatkan jumlah pengunjung. Ketika Anda menemukan masalah teknis atau non teknis mereka akan membantu dengan senang hati.

5# Optimalkan Fitur

Setiap online marketplace menyediakan sejumlah fitur untuk meningkatkan traffic, seperti buka lapak dengan fitur widget yang bisa dipasang di blog atau akun media sosial. Adapula fitur push yang memungkinkan laman seller selalu muncul di urutan terdepan homepageweb. Manfaatkan fitur-fitur tersebut untuk menegaskan eksistensi Anda sebagai pebisnis online.

6# Manfaatkan Iklan

Ada banyak servis iklan online yang dapat membantu meningkatkan kunjungan ke lamanmu. Salah satu yang terpopuler adalah Pay Per Click (PPC) dari adwords milik Google. Bila menggunakannya dengan tepat, bisa mendongkrak kunjungan laman Anda dengan cepat. Jika ragu-ragu, Anda bisa menggunakan penyedia jasa profesional yang dapat membantu Anda secara teknis.

Nah, demikianlah ulasan mengenai cara jitu agar toko online Anda banyak pengunjung. Semoga bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda