Inilah Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

ilustrasi~usaha rumahan

Ketika kita ingin membangun #peluang usaha di rumah, biasanya modal adalah salah satu faktor penting, baik itu modal material maupun modal non material. Kebanyakan orang beranggapan bahwa kita membutuhkan modal yang besar agar usaha tersebut bisa berjalan dengan baik.

Memang untuk beberapa modal usaha membutuhkan modal material yang cukup besar agar bisa berjalan dengan baik, namun ada cukup banyak usaha rumahan yang dapat dijalankan dengan modal kecil.

Modal uang yang besar bukanlah sebuah jaminan usaha rumahan yang akan dijalankan akan berhasil, tetapi dengan keseriusan, ketekunan, dan kerja keraslah yang menjadi modal utama dalam menjalankan usaha rumahan tersebut.

Nah jika kita sudah memiliki modal utama tersebut, maka kita bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang ada di sekitar kita.

Berikut ini ada beberapa peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa kita pertimbangkan:

1. Usaha Berjualan Pulsa

Berkomunikasi dengan handphone sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari, tidak perduli profesinya apa. Tentunya para pengguna telepon genggam ini akan membutuhkan pulsa agar dapat menggunakan gadget mereka itu.

Nah dengan hal ini peluang usaha rumahan yang akan bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya karena memiliki keuntungan yang lumayan besar.

Ketika menjalankan bisnis berjualan pulsa, kita tidaklah membutuhkan modal yang besar. Yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan usaha ini adalah sebuah etalase kecil untuk display dan juga HP untuk melakukan pengiriman pulsa ketika pelanggan membeli pulsa elektrik.

Modal yang di keluarkan juga tidak terlalu besar, bahkan bisa kurang dari satu juta. Untuk membuat etalase kaca bisa dengan biaya sekitar Rp 500.000, sedangkan untuk membeli voucher pulsa/pulsa elektrik dan peralatan lainnya membutuhkan biaya sekitar Rp 400.000, namun bila kita memiliki banyak teman, tetangga, keluarga, dan komunikasi yang cukup luas dengan modal Rp 100.000 sebenarnya sudah cukup untuk menjalankan bisnis ini.

Baca : Sejuta Ide Usaha Sampingan Bidang Pertanian

2. Usaha Berjualan Makanan

Membuka usaha makanan merupakan bisnis yang sangat bagus untuk dijalankan pasalnya makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang selalu dibutuhkan.

Namun, kita juga perlu mempelajari usaha makanan apa yang cocok untuk dijadikan sebuah bisnis yang bisa dikerjakan di rumah dengan modal kecil. Nah dibawah ini ada beberapa usaha makanan yang cocok dijalankan di rumah :

  • Berbisnis jualan aneka kue ~ Rata-rata masyarakat Indonesia menyukai kue-kue seperti brownies, kukus, kue bolu, kue lapis, donat, risols, dan kue-kue yang lain. Jika rumah Anda berada cukup strategis, Anda bisa berjualan kue di depan rumah dengan memasang display Anda. Jangan lupa juga untuk mempromosikan kue Anda ke teman-teman, tetangga dan keluarga.
  • Berbisnis jualan Gorengan ~ Di Indonesia hampir semua orang menyukai gorengan. seperti pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, mendoan, bakwan, dan gorengan-gorengan lainnya. Jika Anda mampu membuat variasi gorengan yang banyak dan unik dari gorengan biasanya, kemungkinan besar untuk sukses dalam usaha gorengan ini akan semakin besar.
  • Membuka usaha warung makan ~ Jika Anda memiliki kemampuan dalam memasak makanan enak dapat dimanfaatkan menjadi peluang usaha rumahan, tentu saja modal yang diperlukan juga kecil. Biasanya orng yang makan di warung makan lebih menyukai masakan-masakan rumahan, dan bilsa Anda memiliki resep keluarga yang unik dan enak tentu saja ini sebuah nilai tambah yang membuat warung makan Anda unik.

3. Membuka Jasa Pengetikan

Biasanya bisnis pengetikan akan berjalan baik apabila dekat dengan kampus. Ada cukup banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mengetik dan mem-print naskah yang sudah mereka buat, nah mereka inilah calon pelanggan potensial Anda.

Yang perlu dipersiapkan dalam memulai bisnis ini adalah perangkat komputer, printer, dan juga scanner, tentunya Anda harus memiliki waktu banyak untuk menjalankan bisnis ini.

4. Bisnis Online Dari Rumah

Bisnis online adalah salah satu bisnis yang sangat potensial saat ini. Selain cukup mudah, biaya menjalankan bisnis online ini juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Beberapa jenis bisnis online yang saat ini sedang banyak dikerjakan oleh masyarakat Indonesia adalah bisnis dropshipping, bisnis MLM online, menjadi blogger dan publisher, membuka toko online, menjual jasa, dan yang lainnya.

Banyaknya pilihan dalam bisnis online memang tidak otomatis membuat kita lebih mudah untuk menjalankannya karena tidak semua jenis bisnis online bisa cocok dengan masing-masing orang.

Sebagian orang mungkin cocok menjalankan bisnis MLM, tapi sebagian lainnya lebih nyaman menjalankan bisnis dropshipping. Tergantung minat dan kemampuan masing-masing orang dalam menjalankannya.

Baca : Peluang Usaha Wisata Pantai Yang Menjanjikan Saat Ini

5. Usaha Loundry Pakaian

Bisnis pakaian sangat cocok dijalankan di dekat kampus dan juga kost-kost mahasiswa dan pekerja kantoran. Biasanya mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci pakaian mereka sendiri.

Nah ini adalah kesempatan Anda untuk menjadikan usaha loundry sebagai usaha rumahan Anda. Saat ini sangat banyak yang menggunakan jasa loundry pakaian, selain karena harganya yang sangat terjangkau juga karena hasil cucian dan setrikaan yang diberikan oleh penyedia jasa loundry lebih rapi dibandingkan bila dikerjakan sendiri.

Apapun peluang usaha rumahan yang kita kerjakan, baik itu dengan modal kecil maupun dengan modal besar, kita harus fokus, tekun dan kerja keras dalam menjalankannya. Ada banyak usaha rumahan dengan modal kecil yang awalnya dimulai daro nol namun akhirnya menjadi sebuah usaha yang besar.

Ok semoga artikel ini memberikan inspirasi tentang peluang usaha di sekitar kita, terimakasih sudah membaca artikel saya.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda