Inilah Pentingnya Anotasi untuk Meningkatkan Subscriber YouTube

pentingnya-anotation-untuk-meningkatkan-subscriber-youtube

Ilustrasi | Membuat Anotation untuk meningkatkan subscriber youtube

Memiliki banyak subscriber atau pelanggan di YouTube adalah sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, dengan memiliki banyak pelanggan video di YouTube, maka kita dengan mudah mempromosikan sesuatu kepada pelanggan kita. Apalagi saat ini YouTube menjadi satu-satunya Platform video ternama di Indonesia.

Mungkin kalau di luar negeri sudah cukup banyak website yang membuat konten atau isi websitenya dengan video. Tapi di Indonesia sendiri ini adalah hal baru yang sangat menguntungkan tentunya. Bagaimanapun dengan kemajuan teknologi dan kemajuan jaman yang sangat pesat, maka mau tidak mau dunia pembelajaran juga akan berubah.

Dulu mungkin kita menulis masih menggunakan pensil, setelah itu muncul banyak pena, lalu sekarang smartphone sudah dilengkapi Stylus. Semakin hari semakin menunjukkan banyak kemudahan. Yah PARAH adalah, ketika kita tidak bisa mengikuti jaman tersebut. Oleh karen itu, kita harus bisa mengejar ketertinggalan kita dengan sangat cepat.

Youtube sejatinya bisa menjadi tempat untuk berpromosi. Tapi tahukah Anda bahwa sampai hari ini masih sangat banyak orang yang tidak mengetahuinya. Mereka yang mengetahui akan mendapatkan manfaat yang sangat berguna untuk kelangsungan usaha dan bisnisnya.

Ada banyak pembelajaran mengenai YouTube yang sudah saya bahas. Jika belum pernah melihatnya silahkan pelajari dari link berikut ini:

  1. Mendapatkan uang dari YouTube 1
  2. Mendapatkan uang dari YouTube 2
  3. Mendapatkan uang dari YouTube 3
  4. Mendapatkan uang dari YouTube 4

Bagaimana cara meningkatkan subscriber

Ada banyak cara meningkatkan subscriber atau pelanggan YouTube. Tapi kali ini saya akan membahas khusus membuat anotation. Anotation itu adalah interupsi di video dalam bentuk “card” yang dapat ditulis atau diisi pesan dengan tujuan “Mengajak”. Bentuknya biasanya seperti pada gambar di bawah ini:

cara-membuat-anotation-pada-video-youtube

Cara membuat anotation youtube

Untuk lebih lengkapnya bagaimana cara-membuat anotation pada video youtube, silahkan ikuti cara berikut ini:

Pertama buka akun Anda, lalu klik foto profilenya, dan klik menu “Creator Studio“.

cara-membuat-anotation-pada-video-youtube-profile

Ilustrasi | Creator studio

Langkah berikutnya langsung klik menu “Video Manager

cara-membuat-anotation-pada-video-youtube-video-manager

Ilustrasi | Edit video manager

Klik menu EDIT selanjutnya akan muncul menu-menu tambahan seperti pada gambar berikut, dan Anda pilih saja settingan untuk “Anotation“.

cara-membuat-anotation-pada-video-youtube-create

Ilustrasi | Membuat anotation

Silahkan pilih menu Anotation, lalu pilih apakah Speech Buble, Note, Title, Spotlight ataupun Label. Semuanya memiliki manfaat masing-masing. Secara garis besarnya, berikut adalah penjelasan kelima anotasi tersebut:

  • Balon ucapan: untuk membuat balon ucapan munculan dengan teks.
  • Sorotan: untuk menyorot area dalam video; bila pengguna menggerakkan mouse di area ini, teks yang Anda masukkan akan muncul.
  • Catatan: untuk membuat kotak munculan yang berisi teks.
  • Judul: guna membuat hamparan teks untuk memberi judul pada video Anda.
  • Label: guna membuat label untuk memanggil dan memberi nama bagian tertentu dari video Anda.

5 jenis anotasi tersebut bisa Anda pakai untuk meningkatkan subscriber. Caranya adalah dengan mengajak penonton Anda men-Subscribe video Anda pada menit-menit tertentu. Misalnya Anda dapat melihat video saya berikut ini:

Pelajarilah video Anda, dimana kira-kira Anotasi ini dapat kamu letakkan secara tepat. Kalau bisa jangan sepanjang video, karena akan mengganggu penonton video Anda. Letakkan secukupnya saja dan pada waktu tertentu saja.

Semoga pelajaran di atas bisa meningkatkan pengunjung dan penonton Channel Youtube Anda. Ada baiknya juga beberapa Anotasi bisa Anda link-kan dengan video lainnya. Caranya adalah seperti berikut:

1. Letakkan Anotasi pertama misalnya Speech Bubble

cara-membuat-anotation-pada-video-youtube-teks

Ilustrasi | Penempatan Anotasi

Ikuti langkah-langkah di atas  mulai dari pemilihan Anotasinya, kemudian tulisan yang ada di dalam anotasi tersebut, ukuran tulisan, warna tulisan termasuk link video lainnya.

Untuk link video lainnya ini tujuannya adalah agar orang yang menonton video kita bisa langsung menonton video lain yang kita buat. Dengan membuat anotasi link di video tersebut, maka penonton sangat di mudahkan untuk menonton video kita. Ini sangat sering dilupakan, padahal sangat-sangat berguna.

Misalkan kita memiliki jumlah video mencapai ratusan video, pertanyaannya adalah “Bagaimana penonton dapat mengetahui dan melihat video yang mereka inginkan?”. Maka dengan adanya link referensi seperti ini akan memudahkan penonton mendapatkan video lainnya. Otomatis penonton akan betah berlama-lama menonton video Anda.

Demikianlah pembelajaran mengenai cara membuat anotation youtube, semoga dapat membantu teman-teman semua.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda