Inilah Strategi Marketing Bisnis Online Agar Berhasil

belajar internet marketing lengkap dan jelas

Bicara tentang dunia bisnis pasti tidak lepas dari yang namanya marketing. Marketing adalah ujung tombak dari sebuah usaha “mungkin itu sebuah ungkapan” tapi memang tidak bisa dipungkiri kenyataanya berkata demikian. Oleh karena itu banyak pebisnis atau pengusaha yang berani bayar mahal untuk sebuah teknik cara menjual sebuah produk yang mereka sebut dengan strategi marketing.

Martketing adalah sebuah seni. Ya…. itu adalah seni dalam menjual. Itulah sebabnya banyak orang menggunakan cara-cara yang berbeda dalam menjual, tetapi bisa menghasilkan penjualan yang berbeda-beda. Semua tergantung seni menjual dalam menghadapi calon konsumen.

Secara garis besar, bisa kita pahami bahwa ada beberapa hal yang penting dimengerti para konsumen sebelum mereka membeli sebuah produk baik barang ataupun jasa. Nah seni menawarkan inilah yang perlu kita pelajari, agar calon konsumen kita paham. Ketika mereka sudah paham, maka calon konsumen tersebut akan dengan mudah mengeluarkan uangnya untuk membeli produk kita.

Beberapa hal penting harus kita pahami dalam strategi marketing

  • Buatlah informasi penyampaian kepada konsumen dengan jelas
  • miliki kemampuan penguasaan materi dengan baik
  • Beri mereka ruang untuk bertanya
  • Jelaskan produk dengan sederhana dan bahasa yang mudah dimengerti
  • Jangan bersifat menyerang produk orang lain
  • Lakukan FollowUp dilain waktu
  • Berikan beberapa bonus dan harga menarik
  • Minta kontak yang bisa dihubungi baik nomor telepon ataupun email dan pin bb
  • Jelaskan keuntungan apa yang didapat konsumen
  • Garansi
  • Support after sales ( Support setelah meeka beli barang)
  • Berikan Pembelajaran (jika barang yang dibeli butuh cara-cara mengoperasikan)
  • Servis lebih utama daripada uang

Dengan kita terapkan hal-hal penting di atas, maka biasanya konsumen akan dengan senang mengeluarkan uang mereka untuk mendapatkan apa yang kita tawarkan.

Baca Juga : 3 Rahasia Menjual Dari Internet

Cerita berikut bisa anda contoh, bagaimana seseorang akhirnya mau menerima produk yang saya tawarkan, padahal sebelumnya mereka menolaknya dari orang lain.

Saya memiliki sistem keagenan bisnis travel yang bisa dijual kepada siapapun. Pada suatu waktu, ada teman saya sudah menawarkan sistem keagenan ini dengan harga yang murah kepada seseorang (kita anggap si Andi). Anggaplah harganya 1jt. Tetapi si Andi ini masih merasa tidak percaya, ragu dengan sistemnya, dan lain-lain. Saya berfikir bahwa hal tersebut adalah wajar, karena mereka akan mengeluarkan sejumlah uang yang dianggap mereka besar.

Sampai akhirnya teman saya ini mengarahkan agar saya jelaskan.

pada akhirnya saya menjelaskanya dengan strategi marketing seperti yang saya sebutkan di atas. terutama dalam menjelaskan produk-produk yang ada di dalam sistem keagenan kami. Pada akhirnya dia tetap tidak mau. Lalu saya katakan “Baik…jika belum berminat tidak apa-apa. Tetapi jika ada perubahan pikiran, mohon untuk emngabari kami secepatnya, karena promonya habis tanggal sekian” (saya menunjuk tanggal tertentu yang tidak terlalu jauh dari tanggal saya menjelaskan kepada mereka.

Setelah beberapa hari kemudian, dihari terakhir promosi itu akan berakhir, mereka memutuskan untuk membeli sistem keagenan yang saya tawarkan. Saya mengatakan bahwa “Servis” adalah yang terutama bagi kami. dan akhirnya mereka jadi agen travel.

Dari cerita singkat di atas sebenarnya sangat mudah menerapkan strategi marketing dalam cara kita menjual. Dan saya tidak mengatakan bahwa cara di atas adalah cara yang paling baik serta paling benar.

Ada banyak cara lainya yang bisa kita buat, tapi akhirnya membuat konsumen dan calon konsumen membeli dengan mudah dan senang hati. Jadi buat Frends semua yang ingin bisa melakukanya, pelajari terlebih dahulu, kemudian praktikkan. Intinya anda harus benar-benar praktik.

Bagian terakhirnya adalah strategi marketing online. SEBENARNYA tidak ada yang berbeda antara strategi marketing online dengan offline. Pada dasarnya sama saja. Yang membedakanya adalah media penghubungnya dan jangkauanya. Jika strategi marketing online membutuhkan Internet, maka strategi marketing offilne membutuhkan pertemuan atau face to face.

Beberapa strategi online menggunakan sosial media. Alasanya kita HARUS menggunakan sosial media karena saat ini Orang Indonesia banyak menggunakan Facebook, Twitter, Path dan Google+. Jadi… jika kita tidak mengikutinya, maka kita akan kesulitan dalam dunia online. Tapi perhatikan juga, jangan sampai kita salah menjual dari internet. Berikut contoh yang salah dalam menjual dari facebook :

Baca Juga : Salah menjual dari facebook

Buatlah interaksi yang sehat dan natural (seperti percakaapan sehari-hari) menggunakan media sosial. Tujuanya sangat sederhana, agar setiap konsumen anda terjaga kepercayaanya. Dengan demikian anda bukan hanya sebaai penjual, tapi bisa menjadi teman sharing bagi setiap konsumen frends semua 🙂

Okey… itulah dia beberapa teknik dan cara-cara strategi marketing baik online maupun offline. Semoga dagangan frends semua laku dan berhasil yah frends… selamat belajar dan menjual.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda