Invalid Activity Ini Pernyataan Resmi Google

mengapa invalid activity terjadiHai Frends, apa kabar… kali ini saya mau memberikan informasi penting seputar adsense dimana informasi ini adalah pernyataan resmi dari pihak Google Adsense mengenai invalid activity.

Sebelumnya saya juga agak terkejut dengan pernyataan John Brown, sebagai Head of Publisher Policy Communications Google Adsense. Tapi saya akhirnya memahami apa yang ditulisnya adalah benar dan ini akan menguntungkan semua pihak baik Google – Advertiser – Publisher.

Dalam laman yang saya kutip pertanggal 14 Juli 2015, beliau menuliskan bagaimana pentingnya aktifitas invalid activity ini bagi pihak google. Ya… tentu saja, Google sebagai peyedia jasa layanan periklanan Adwords perlu memikirkan pihak Advertiser benar-benar membayar apa yang sesuai dengan yang diinginkan oleh advertiser. Pengalaman para pengiklan harus memuaskan agar mereka bisa nyaman menggunakan google sebagai partner mereka.

Misal begini, Saya sebagai si PENGIKLAN di Google. Tentu saya membayar Google untuk setiap klik yang dilakukan orang. Saya akan merasa rugi kalau ada orang yang meng-klik iklan saya, dimana mereka yang mengklik ternyata tidak sesuai dengan yang mereka inginkan. BINGUNG YAAHH…. saya berharap frends semua mengerti yah…. 😀

Nah aktifitas ini bisa disebut sebagai invalid activity. Mengapa?? Karena tidak sesuai.

Saya beri Contoh… misal Saya sebagai pengiklan di Google membuat iklan tentang jual sepatu bola. Kemudian ada orang mengklik iklan saya padahal yang mengklik tersebut bukan mau cari sepatu bola, tapi berita bola. Ini tentu tidak relevan. Hal seperti ini akan menurunkan tingkat kepercayaan saya (Sebagai Pengiklan) terhadap Google karena iklan saya tidak maksimal dalam penargetannya. Hal seperti inilah yang bisa dikatakan invalid activity.

invalid activity tidak relevan

Invalid activity tidak relevan antara kata kunci dan hasil

Perhatikan gambar di atas, saya mencari dengan kata kunci “Bisnis Travel” tapi ada iklan yang muncul “Gunakan SAP”. Kalau Teman-teman buka, maka tidak ada hubunganya dengan kata kunci yang saya cari. Inilah yang mengakibatkan invalid activity. Masak iya…kita mencari tentang bisnis travel yang keluar tidak sesuai.

Jadi… agar hubungan yang baik tetap terjaga antara Google <-> Pengiklan <-> Penayang, Maka Google akan melihat setiap isi atau konten dari setiap publisher dan pengiklanya.

Baca : Hati-hati publisher yang menggunakan drop down menu

So… buat teman-teman yang suka meletakkan iklan sembarangan, termasuk yang tidak sesuai dengan tema blog (utama) atau website nya, berhati-hatilah dan mulai memperbaikinya dari sekarang. Jika tidak, bukan tidak mungkin google aan menindak setiap publisher yang melanggar kebijakan mereka, dan berakhir pada BANNED.

Beberapa pertanyaan seputar invalid activity

1. Berapa banyak uang yang telah dikembalikan Google kepada pengiklan

Frends, saya sempat terkejut ketika Google menulis bahwa mereka telah mengembalikan uang para pengiklan per tahun 2014 sebesar US$ 200.000.000 LUAR BIASA BUKAN?? dan ternyata ada 160.000 Website yang mereka BANNED akibat aktifitas Invalid Activity ini. Apakan anda termasuk diantaranya pada tahun 2014 kemarin??

Ataukah anda akan menyusul yang lainya dan mengikuti jejak 160.000 yang lainya ???

SO…. jadilah publisher yang baik dan sesuai dengan kebijakan Google. JANGAN TAMAK dan SERAKAH ingin mendapatkan untung besar dari google sehingga menggunakan segala macam cara.

2. Apakah Google melindungi penerbit atau publishernya??

Benar sekali, Google menjaga hubungan baik antara Google dan Pengiklan. Dengan demikian Google juga menjaga hubungan baik dengan para publishernya yang sungguh – sungguh menjadi publisher sejati.

Berbeda dengan publisher gadungan dan sering menyebar kode iklan di sembarang tempat, seklaipun hal tersebut tidak relevan dengan tema website mereka.

3. Bagaimana Google menegakkan kebijakanya??

Untuk teman – teman ketahui bahwa sampai hari ini google tidak berdiam diri. Mereka tetap memantau setiap aktifitas yang terjadi atas setiap aktifitas invalid ini. Hanya saja mereka akan bergerak secara perlahan dan pasti agar setiap kebijakan yang mereka ambil tetap sesuai dengan rule atau peraturan mereka.

Jadi saran saya buat teman-teman, silahkan secepatnya melakukan hal yang benar untuk setiap postingan dan pemasangan iklan yang benar dan sesuai. INGAT… JANGAN TAMAK karena google ingin hubungan baik terjadi antara Google – Pengiklan – Publisher (kita semua)

4. Apakah Google akan merubah kebijakanya dikemudian hari???

Benar, ternyata google akan melakukan dan meningkatkan policy mereka terkait dengan invalid activity ini. Hal ini bertujuan supaya semua pihak bisa merasa nyaman dengan hubungan kerja yang menguntungkan ini.

Pihak Google juga mengatakan bahwa mereka bekerja terus menerus dengan para Teknisinya mengenai invalid activity ini agar lebih sehat hubungan bisnis yang dibangun antara google, advertiser dan publishernya.

Kesimpulan tentang invalid Activity

  • Buatlah konten website atau blog sebaik mungkin
  • Jangan mengklik iklan sendiri
  • Jangan menyuruh orang mengklik iklan anda
  • Lakukan pemantauan berkala terhadap tayangan iklan anda
  • Berkomunikasi dengan pihak Googel Adsense jika ada yang kurang jelas
  • Jadilah Blogger yang baik 😀

Baca Juga : Teknik sederhana ini berhasil disetujui google adsense

NOTE:
Saya selalu ingin berbagi dengan orang banyak mengenai apa yang saya ketahui. Dan saya harap dengan saya membuat artikel ini, sudilah kiranya teman-teman juga mensharing informasi ini kepada teman-teman kita yang lain agar mereka tidak terjebak. Besar harapan saya bagi Frends semua yang sudah mengetahui hal ini, semoga kita bisa saling belajar. “Ilmu bukan untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain”

Terimakasih untuk yang sudah dan mau men-Share artikel ini.

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda